Pelajari 5 Cara Menggunakan PayPal Untuk Menerima Uang Pembayaran dari Luar Negeri

By | September 21, 2021
Cara Menggunakan PayPal Untuk Menerima Uang

PayPal merupakan salah satu jenis rekening yang dapat dimanfaatkan guna menerima berbagai pembayaran, termasuk dari luar negeri. Sehingga layanan ini tentu akan memudahkan bagi para pengguna untuk melakukan transaksi dengan cepat dan aman. Sebelum melakukan transaksi, tentunya patut dipelajari cara menggunakan PayPal untuk menerima uang pembayaran luar negeri.

Pendaftaran akun baru PayPal dapat dilakukan tanpa biaya apa pun, prosesnya juga cepat. Pengguna dapat mendaftar dimana pun dan kapan pun, sebab pendaftaran rekening dilakukan secara online. Jenis rekening ini memfasilitasi pengguna untuk menerima pembayaran dari mata uang asing. Berikut panduan cara untuk menerima kiriman uang menggunakan Paypal:

1. Buat Link Untuk Menerima Pembayaran

Sebelum mulai mempelajari cara menggunakan PayPal untuk menerima uang berupa pembayaran atau transfer. Sebaiknya pemilik rekening terlebih dahulu menyiapkan link yang dapat dibagikan ke orang lain agar dapat mengirim saldo PayPal. Link ini dapat disertakan pada website tempat berjualan online sebagai salah satu metode pembayaran yang dapat dipilih.

Buka akun PayPal yang dimiliki melalui smartphone, gulirkan ke bagian bawah hingga menemukan fitur PayPal.me untuk membuat tautan. Klik fitur tersebut, dan tunggu hingga layanan mengarahkan pengguna untuk membuat akun. PayPal akan meminta pengguna untuk mengunggah foto profil. Tetapi tahapan ini bisa dilewati bila ingin mengaturnya nanti.

Selanjutnya pengguna akan diminta untuk menentukan nama tautan yang akan digunakan. Sebaiknya buatlah nama link yang mudah untuk dihafal orang, bisa menggunakan nama pribadi maupun nama toko online shop. Klik pilihan Setujui untuk menyelesaikan proses pembuatan tautan akun PayPal.

Setelah selesai membuat tautan, silahkan kelola akun rekening yang dimiliki. Pada bagian Jenis Pembayaran, pilih opsi Pembayaran Pribadi untuk menerima uang dari akun PayPal lain. Lanjutkan dengan melengkapi data pribadi berupa lokasi, pesan, dan foto sampul. Salin tautan tersebut, kemudian bagikan pada pembeli yang akan mengirim uang.

2. Periksa Uang yang Diterima Pada Menu Aktivitas

Apabila sudah ada pembeli yang mentransfer dana melalui PayPal, pengguna akan memperoleh notifikasi melalui email. Silahkan buka akun PayPal yang dimiliki untuk melihat berapa jumlah dana yang diterima. Penerapan cara menggunakan PayPal untuk menerima uang pembayaran luar negeri cukup mudah, pengguna dapat mengecek dana pada bagian Aktivitas.

Dalam fitur ini terdapat rincian dana yang diterima dari pengguna akun PayPal lain, termasuk mata uang asing. Penerima dapat memastikan tanggal transaksi, jenis pembayaran, nama pengirim, dan informasi lainnya terkait dana tersebut. Pastikan memilih kategori ‘Semua’ untuk menampilkan seluruh daftar transaksi yang masuk ke akun.

3. Pilih Tindakan Untuk Terima atau Tolak

Penerapan cara menggunakan PayPal untuk menerima uang diperlukan tindakan lebih lanjut dari pemilik akun. Dengan demikian, tidak semua dana yang masuk bisa langsung diterima. Pengguna dapat menyaring mana sajakah uang pembayaran yang akan diterima dan masuk ke saldo PayPal dan menolak dana pembayaran yang tidak diinginkan.

Bila uang telah diterima, pengguna akan diarahkan pada halaman konfirmasi terima pembayaran. Pada bagian ini, pengguna dapat memilih jenis mata uang yang ingin diterima. Layanan PayPal pada dasarnya memfasilitasi pengguna untuk melakukan konversi mata uang asing, misalnya dari mata uang Yen menjadi Dollar.

4. Perhatikan Biaya Potongan Biaya Penerimaan

Setiap dana yang akan masuk ke saldo PayPal dibebankan biaya penerimaan. Pengguna nantinya mendapatkan notifikasi berapa jumlah uang yang akan diterima setelah dipotong biaya administrasi. Sisa dari uang tersebut yang kemudian akan masuk pada saldo PayPal. Bila pengguna menyetujui ketentuan yang dijelaskan, klik ‘Kirim’ untuk melanjutkan penerimaan uang.

5. Lihat Saldo Untuk Memastikan Uang yang Masuk

Tahapan terakhir pada proses penerimaan uang dilanjutkan dengan mengecek jumlah saldo pada akun PayPal. Apabila saldo telah bertambah, berarti proses penerimaan uang telah berhasil dilakukan. Umumnya, uang yang diterima akan langsung masuk ke saldo hanya dalam hitungan detik. Sehingga, rekening virtual ini sangat efektif untuk digunakan dalam pembayaran.

Penggunaan rekening virtual untuk bertransaksi online terbilang unggul bila dilihat dari segi kecepatan. Memahami cara menggunakan Paypal untuk menerima uang sebagaimana penjelasan di atas tentunya akan membuat pekerjaan lebih efisien. Terlebih akun Paypal yang dimiliki dapat dihubungkan ke berbagai jenis rekening di Indonesia seperti BCA, BNI, CIMB Niaga, dan lainnya.

 

BACA JUGA :  5 Aplikasi Untuk Menghitung Kalori Makanan Guna Merealisasikan Program Diet