Ketahui Cara Ganti Processor Laptop Paling Mudah

By | September 21, 2021
cara ganti processor laptop

Laptop menjadi salah satu benda yang paling berguna saat ini, mulai dari untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan dan hal lainnya. Maka dari itulah performa yang dimiliki haruslah mumpuni, yaitu terutama pada bagian processor. Apabila berkualitas buruk, processor akan mempengaruhi kecepatan laptop dan membuat pekerjaan terganggu. Untuk itu, mengetahui cara ganti processor laptop sangatlah penting bagi setiap orang.

Sebelum mengetahui bagaimana cara menggantinya, maka simak informasi lengkapnya berikut ini:

Mengapa Harus Mengganti Processor Laptop?

Terdapat banyak alasan mengapa pengguna perlu mengganti processor laptop yang dimilikinya. Hal ini dikarenakan oleh beberapa kemungkinan, misalnya saja apabila terjadi kerusakan pada processor atau umur barang yang sudah terlalu lama. Sehingga performanya jadi lambat dan perlu dilakukan penggantian dengan yang baru.

Untuk menggantinya, pengguna bisa menggunakan jasa servis profesional maupun melakukannya secara mandiri. Pengguna dapat membeli processor laptop secara online dengan harga murah ataupun yang dijual bekas namun masih berkualitas bagus. Barulah setelah menemukan mana yang tepat, kemudian melakukan beberapa cara ganti processor laptop mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Ganti Processor Laptop

Tidak hanya perlu mengetahui apa saja alasan mengapa harus mengganti processor laptop, namun harus mengerti bagaimana prosedur atau cara penggantiannya. Berikut inilah diantaranya, yaitu:

1. Menemukan Soket CPU

Langkah pertama sebagai cara ganti processor laptop yang mudah dan anti ribet adalah dengan mencari dimana letak soket CPU atau processor terlebih dahulu. Pada umumnya, soket berbentuk persegi besar dan memiliki tuas logam berukuran kecil disampingnya. Selain itu, letaknya berada di dekat bagian tengah CPU yang bisa secara mudah ditemukan oleh pengguna.

2. Bukalah Soket CPU

Setelah bagian soket CPU sudah ditemukan, langkah berikutnya adalah pengguna perlu membukanya. Untuk itu, pengguna harus mengerti bagaimana cara membongkar motherboard agar dapat membuka soket. Pastikan membukanya dengan mengunci lengan penahan dan menariknya ke kanan. Apabila sudah terbebas menjauhi soket, maka segera angkat.

Selanjutnya, angkat lengan dan buka penutup pada soket. Tarik lengan penahan ke sisi kanan dan angkat, barulah buka penutup soket dengan mudah. Nantinya, proses pemasangan soket bisa dilakukan dengan mengangkat tuas hingga 90 derajat agar bagian tengah soket terbuka. Sehingga hal ini akan memudahkan pengguna saat memasangnya.

3. Pasang CPU

Hal yang perlu diperhatikan pada saat memasang CPU atau processor yang baru pada laptop adalah pastikan telah menghindarkan diri dari menyentuh bagian logam yang ada. Selain itu, usahakan tidak menyentuh bagian atas CPU pula agar permukaannya tetap bersih dan tidak menimbulkan permasalahan lain nantinya.

Kemudian, lakukan pemasangan dengan menempatkan processor laptop sesuai dengan tanda yang berada pada kiri soket. Jangan sampai melakukan kesalahan dan perlu lebih teliti melihat bagian tanda panah sebelum memasangnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko pin jadi tertekuk ataupun rusak pada saat proses pemasangan berlangsung.

Pastikan melakukannya secara perlahan dan sangat hati-hati agar processor pun tidak jatuh saat diturunkan ke dalam soket. Hindari mendorongnya masuk atau memaksanya, cukup turunkan dengan arah yang benar hingga masuk ke tempatnya secara alami. Tunggu beberapa waktu hingga processor benar-benar terpasang di dalamnya untuk kemudian berlanjut ke proses berikutnya.  

4. Kuncilah CPU

Langkah terakhir setelah berhasil mengganti dan memasukkan processor baru ke dalam laptop, maka sekarang adalah waktunya untuk mengunci soket CPU. Caranya cukup mudah, pengguna hanya perlu menurunkan penutup soket dengan menggunakan lengan tuas kecil, barulah jepit kembali ke dalam kait. Dengan begitu, nantinya penutup soket processor akan terlepas secara alami dan otomatis.

Kini pun laptop bisa digunakan kembali dengan performa yang lebih baik. Dengan penggantian processor baru, maka segala pekerjaan menggunakan laptop jadi lebih mudah dan anti lemot. Jadi, apakah tertarik mencoba melakukannya sendiri di rumah?

Nah itulah ulasan mengenai bagaimana cara ganti processor laptop paling mudah dan bisa dilakukan oleh pengguna. Apabila bisa melakukannya sendiri di rumah, kini tidak perlu lagi menyewa jasa profesional bukan? Namun pastikan selalu mengikuti prosedur penggantian dengan baik agar tidak mengalami permasalahan nantinya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

BACA JUGA :  Penyebab dan Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Dijamin Efektif