5 Cara Memindahkan Aplikasi dari Penyimpanan Internal ke Kartu SD Dengan Mudah

By | September 20, 2021
Cara Memindahkan Aplikasi dari Penyimpanan Internal ke Kartu SD

Ruang penyimpanan yang penuh kerap kali menimbulkan banyak masalah pada smartphone, salah satunya banyak aplikasi yang terpaksa berhenti dan tidak dapat diakses. Upaya mengatasinya dapat dilakukan dengan cara memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal ke kartu SD secara cepat. Khususnya untuk aplikasi yang berukuran cukup besar, seperti Tik Tok, Instagram, Facebook, dan sebagainya.

Tidak semua smartphone dibekali dengan memori internal yang besar untuk menampung banyak aplikasi. Pemasangan micro SD akan sangat membantu dalam mengatasi masalah penyimpanan yang lekas penuh. Pengguna dapat mulai mencari micro SD dengan kapasitas memadai untuk dipasang pada smartphone. Berikut panduan cara untuk memindahkan sebagian aplikasi ke kartu SD:

1. Pasang Kartu SD Pada Ponsel

Sebelum menerapkan cara memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal ke kartu SD, pengguna perlu menyiapkan memori eksternal dahulu. Setiap smartphone pada dasarnya memiliki batasan tertentu mengenai besar kartu SD yang dapat dipasang. Bahkan terkadang juga ada smartphone yang tidak memiliki tempat untuk meletakkan kartu SD.

Periksa kembali perangkat smartphone yang dimiliki, terutama tempat untuk meletakkan memori eksternal. Sebagian besar smartphone mendukung kartu SD dengan ukuran maksimal 1 TB. Tetapi, ada juga yang membatasinya hingga 256 GB. Pastikan tidak memilih kartu SD lebih dari batasan yang telah ditentukan, sebab nantinya justru dapat mengurangi kinerja ponsel.

2. Tentukan Aplikasi yang Akan Dipindahkan ke Kartu SD

Untuk menerapkan cara memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal ke kartu SD, pengguna dapat membuka bagian Settings. Klik opsi Aplikasi untuk menampilkan daftar layanan yang terpasang pada ponsel. Tentukan mana saja yang nantinya akan dipindah ke penyimpanan eksternal. Sebaiknya pilih aplikasi dengan ukuran yang paling besar, supaya perangkat internal tidak penuh.

3. Ganti Lokasi Penyimpanan Aplikasi

Apabila tidak terlalu banyak aplikasi yang akan dipindahkan, pengguna dapat mengganti dengan cara manual. Klik salah satu aplikasi yang akan dipindah, pilih bagian penyimpanan. Ubahlah lokasi penyimpanan dari memori internal menjadi eksternal, secara otomatis aplikasi sudah masuk pada kartu SD. Semua berkas di dalamnya juga akan tersimpan dalam memori eksternal.

Sebaiknya jangan sering-sering melepas kartu SD yang digunakan, sebab hal ini justru membuat aplikasi mendadak terhenti. Tentunya pengguna tidak menginginkan terjadinya kehilangan data dalam waktu sekejap. Sebagai langkah pencegahan, sebaiknya salin terlebih dahulu data-data aplikasi yang tersimpan dalam memori eksternal sebelum kartu SD dilepas.

4. Ubah Kartu SD Menjadi Penyimpanan Internal

Bila aplikasi yang akan dipindah cukup banyak, sebaiknya pengguna mengatur kartu SD menjadi memori internal. Adapun proses pemindahan aplikasi dari ruang internal ke kartu SD akan berjalan lebih praktis dan cepat. Sebab, peran memori internal kini telah digantikan oleh kartu SD yang dipasang pada perangkat smartphone.

Pada bagian Settings, pilih menu Penyimpanan untuk melihat kapasitas yang tersedia. Klik pada opsi kartu SD yang ada di sebelah bawah, selanjutnya akan muncul rincian isi dari memori eksternal. Tekan ikon titik tiga yang letaknya di bagian atas, klik Setelan Penyimpanan. Pilih opsi ‘Format Sebagai Internal’ untuk memindahkan seluruh aplikasi ke kartu SD.

5. Gunakan Aplikasi Tambahan Bila Langkah Sebelumnya Belum Berhasil

Tidak semua perangkat smartphone dibekali kemampuan untuk mengubah kartu SD menjadi memori internal. Alternatif cara memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal ke kartu SD juga dapat dilakukan menggunakan aplikasi Link2SD. Pengguna dapat menemukan aplikasi tambahan ini di Play Store dan memasangnya terlebih dahulu pada ponsel.

Setelah terpasang, buka aplikasi Link2SD untuk melihat seluruh daftar aplikasi yang ada pada smartphone. Klik salah satu aplikasi yang akan dipindahkan untuk melihat rinciannya. Pada bagian Storage, pilih opsi ‘Move to SD Card’ guna mentransfer aplikasi ke penyimpanan eksternal. Lakukan cara yang sama untuk aplikasi lain yang akan dipindahkan.

Demikianlah panduan cara memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal ke kartu SD yang dapat dicoba. Perlu diperhatikan bahwa pemilihan kartu SD juga dapat mempengaruhi kinerja ponsel ketika menjalankan aplikasi yang tersimpan di dalamnya. Pastikan memilih kartu SD dengan kualitas baik agar proses loading dan kecepatan dalam menjalankan aplikasi tersebut tidak terganggu.

 

BACA JUGA :  Cara Memindahkan Data dari Android ke iPhone dengan Manual & Aplikasi