5 Langkah Cara Membuat Stiker Telegram Paling Gampang

By | September 19, 2021
Cara Membuat Stiker Telegram

Selain emoji, kini memakai stiker ketika chatting ternyata dapat membuat pengguna lebih ekspresif dalam menyampaikan pesan. Tidak hanya dari bawaan aplikasi saja, pengguna pun dapat mengkreasikan sendiri menggunakan gambar yang diinginkan. Cara membuat stiker Telegram juga sangat cepat dan gampang dilakukan dengan bantuan bot khusus.

Telegram memiliki bot khusus membuat stiker sehingga pengguna tidak perlu mengunduh dan menginstall aplikasi lain. Pengguna hanya perlu mengunggah gambar sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan. Pastikan format dan resolusi gambarnya sudah benar karena bot biasanya akan menolak jika gambar tidak sesuai. Setelah itu, tinggal publish sticker pack untuk bisa dipakai chatting.

Penasaran bagaimana tahapan pembuatannya? Berikut ini ulasan mengenai cara membuat stiker Telegram menggunakan bot paling mudah yang wajib disimak.

1. Menyiapkan Gambar Pilihan

Langkah pertama yaitu siapkan gambar yang akan dibuat stiker terlebih dahulu. Pastikan gambarnya sesuai dengan kriteria Telegram. Resolusi foto yang dipotong sekitar 512 x 512 piksel. Sedangkan, untuk stiker yang dipublish memerlukan 100 x 100 piksel. Format yang digunakan biasanya berupa .webp dan .png dengan ukuran maksimal 512 kb.

Apabila ingin membuat stiker dalam jumlah banyak, pastikan untuk memisahkan gambar yang sudah memenuhi syarat tersebut agar tidak tertukar. Selain itu, gunakan gambar yang bebas hak cipta maupun desain sendiri.

2. Memakai Bot Telegram

Cara membuat stiker Telegram selanjutnya dengan memakai bot yang tersedia. Pengguna bisa langsung membuka aplikasi Telegram kemudian ketik Stiker di kolom pencarian. Nantinya pengguna akan menemukan perintah yang berisi langkah pembuatannya. Perintah tersebut bisa dioperasikan sesuai dengan kebutuhan ketika membuat pack baru.

Perintah yang bisa dijumpai antara lain opsi untuk membuat paket maupun menambahkan stiker baru, mengubah koordinat atau emoji, menghapus paket, membatalkan operasi, dan lain sebagainya. Pengguna pun dapat mengoperasikannya dengan mudah tanpa perlu aplikasi lain. Selain itu, proses pembuatannya juga tidak membutuhkan waktu lama karena menggunakan bot.

3. Gunakan Opsi/ newpack pada Bot

Cobalah ketik perintah/ new pack untuk membuat paket stiker baru lalu tekan enter. Kemudian, beri judul paket stiker yang diinginkan dan kirimkan pada bot. Setelah itu, unggah stiker yang sudah disiapkan sebelumnya dengan menekan ikon file. Pastikan mengunggah pack dalam file karena bot tidak menerima format gambar.

Bot akan menolak foto jika mengunggahnya lewat ikon kamera. Sebagai gantinya, bot akan meminta pengguna memakai emoji yang sudah ada. Cukup pilih emoji yang cocok untuk dijadikan stiker kemudian tekan enter agar mengirim perintah untuk mengunggah. Jika berhasil, biasanya emoji sudah dapat dipakai saat mengirim dan menerima pesan kepada sesama pengguna Telegram.

4. Membuat Stiker Emoji

Pengguna akan diarahkan secara otomatis untuk menggunakan emoji jika format fotonya ditolak oleh bot. Pilihlah emoji yang akan dijadikan stiker dan tekan enter agar segera diproses. Setelah itu, pengguna menerima pesan yang berisi jika stiker sudah dapat diunggah. Pengguna bisa mengupload gambar yang memiliki format PNG dalam jumlah banyak.

5. Publish Stiker

Selanjutnya, pengguna bisa mengunggahnya dengan mengirim perintah /publish pada bot. Tentunya, pengguna harus mengikuti tahapan cara membuat stiker Telegram dengan benar. Pilih nama pack yang singkat dan unik sebelum dipublish lalu enter jika sudah selesai. Dengan begitu, pengguna bisa lebih gampang dalam mengingat nama pack ketika akan menggunakannya di percakapan pribadi.

Memilih nama yang pendek dan tanpa spasi pada sticker pack ini bertujuan untuk URL, sehingga jadi lebih mudah ketika di share. Setelah itu, pack sudah bisa disebarkan dan digunakan ketika melakukan chatting. Kini chat pribadi bersama teman dan keluarga menjadi lebih seru dengan stiker buatan sendiri yang kreatif serta lucu di Telegram.

Demikian ulasan tentang cara membuat stiker Telegram paling mudah dan cepat. Pengguna cukup mengikuti tahapan di atas untuk membuat stiker keren dari smartphone tanpa perlu aplikasi lain. Pastikan gambarnya sudah melewati proses pengeditan agar resolusi dan formatnya sesuai. Dengan begitu, gambar bisa dengan mudah diterima oleh bot untuk segera diubah menjadi stiker secara otomatis.

 

BACA JUGA :  Daftar Aplikasi untuk Screenshot Panjang Terlengkap!