Pilihan Cara Melihat Kecepatan Wifi Secara Mudah

By | September 19, 2021
cara melihat kecepatan wifi

Sudah tahukah bagaimana cara melihat kecepatan wifi secara mudah melalui berbagai macam perangkat, mulai dari ponsel hingga desktop? Jika belum tahu, maka ulasan di bawah ini sangat direkomendasikan untuk dibaca dengan seksama. Lantaran, di sini telah dirangkum sejumlah alternatif yang tidak hanya solutif tapi juga mudah untuk dijangkau, antara lain:

1. Jalankan Pencarian Google

Rekomendasi pertama cara melihat kecepatan wifi adalah dengan membuka pencarian Google. Alternatif ini terbilang sangat praktis, karena pengguna cukup memanfaatkan browser internet yang telah terpasang di android masing-masing, dengan langkah:

  • Bukalah mesin pencarian Google memakai browser apapun baik Opera, Chrome, Mozilla atau yang lainnya;
  • Kemudian ketikan perintah pengecekan kecepatan data semisal Speedtest atau lainnya yang lebih relevan;
  • Tunggulah beberapa saat, sampai pada layar muncul penyaranan berbunyi Uji Kecepatan Internet, scroll ke bawah;
  • Lalu tekan pada perintah Jalankan Uji Kecepatan; dan
  • Tinggal tunggu Google menyiapkan sejumlah informasi detail terkait kecepatan akses data baik seluler maupun wifi yang tersambung.

2. Pakai Fast.com

Berikutnya, yang kedua, cara melihat kecepatan wifi juga bisa dilakukan dengan mengunjungi situs Fast.com yang dikelola oleh Netflix. Pilihan ini cukup banyak dipergunakan oleh para penjelajah dunia maya, karena memiliki berbagai kelebihan, di antaranya:

  • Fleksibel dan dapat diakses menggunakan berbagai jenis perangkat, mulai dari telepon seluler, desktop, laptop, dan sejenisnya;
  • Pengecekan kecepatan tidak dibebani dengan biaya maupun kuota apapun;
  • Respon aplikasi yang sangat bagus dan langsung menghadirkan sajian data ketika pengguna baru saja memasuki situsnya; dan
  • Pembaruan informasi yang akurat dan real time, membuat pengguna bisa menguji seberapa stabil jaringan seluler maupun wifi yang tersambung pada perangkat yang sedang dipergunakannya.

3. Buka Situs Bandwidth Place

Selain situs Fast.com, Bandwidth Place juga menawarkan akses pengecekan kecepatan data mudah dengan hanya mengunjungi situsnya. Pengguna, tinggal memencet tombol Mulai, maka secara otomatis situs akan menyajikan tiga buah data, yakni:

  • Download yang memuat informasi kecepatan pengunduhan dalam Mbps, ketika pengguna mengambil internet untuk dimasukkan ke penyimpanan yang terdapat pada perangkat;
  • Upload yang berisikan keterangan kecepatan data ketika pengguna melakukan pengunggahan dari penyimpanan perangkat ke dunia maya, dalam hitungan Mbps; serta
  • Ping yang diartikan sebagai waktu respon yang diperlukan oleh koneksi wifi atau data ketika pengguna menginput perintah, dalam format Ms.

4. Akses Speedtest.net

Keempat, cara melihat kecepatan wifi juga bisa dijalankan dengan memanfaatkan aplikasi android populer bernama Speedtest. Yakni merupakan sebuah software yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi asal Amerika Serikat yang telah dirilis sejak 2006 silam. Aplikasi ini terdaftar di Google play store dengan jenis penyimpanan yang cukup ringan, sehingga tidak membebani perangkat.

Soal mekanisme pengecekan kecepatan akses wifinya pun terbilang sangat sederhana, sehingga tidak menyulitkan bagi para pengguna yang baru kali pertama mencoba. Karena pengguna tinggal membuka aplikasi saja, lalu menekan tombol Mulai, maka Speedtest akan segera bekerja. Pengguna pun tinggal menunggu hasil informasi kecepatan datanya, baik seluler maupun wifi yang dirinci.

5. Manfaatkan Layanan Speed Smart

Terakhir, namun tidak ketinggalan dalam daftar ini adalah situs pengecekan kecepatan akses internet instan yang diberi nama Speed Smart. Sebagai layanan cepat, situs ini banyak disukai oleh pengguna lantaran mempunyai sejumlah keistimewaan yang memudahkan, di antaranya:

  • Kemudahan akses yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi hanya dengan mengunjungi situsnya dan memencet tombol Start;
  • Kedetailan fitur yang memuat informasi kecepatan penting seperti waktu Upload, Download, Ping, keterangan provider, server, hingga IP;
  • Dukungan jenis pengujian fleksibel memungkinkan pengguna untuk melacak kecepatan yang bervariasi mulai dari seluler sampai wifi secara real time dan teruji akurasinya; serta
  • Pemakaian jenis HTML5 pada situs ini dianggap lebih mumpuni dan paten dibandingkan situs penguji kecepatan lain yang masih berbasis Java ataupun Flash.

Nah, demikianlah kiranya sajian informasi yang dapat dihadirkan terkait cara melihat kecepatan wifi secara mudah melalui berbagai macam layanan terbaru. Bagaimana? Alternatif yang disebutkan uraian di atas cukup lengkap dan solutif, bukan? Jadi, silakan pilih saja salah satu di antaranya! Agar pengecekan kecepatan data seluler maupun wifi dapat segera dijalankan.

 

BACA JUGA :  Begini Cara Mengatasi WiFi Indihome Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet