Simak 5 Cara Scan di Printer Epson L360 Dengan Cepat dan Mudah

By | September 18, 2021
Cara Scan di Printer Epson

Sebagian besar pelajar atau mahasiswa tentu pernah memperoleh tugas yang mana memerlukan scan dokumen. Proses tersebut pada dasarnya dapat dilakukan dengan mudah menggunakan printer seperti Epson L360. Pembaca patut mempelajari cara scan di printer Epson jenis ini agar dapat menerapkannya dengan mudah, sehingga dapat mengumpulkan tugas tepat waktu.

Melalui scan foto dan dokumen, pembaca dapat memperoleh bentuk file dari berkas tersebut. Sehingga mudah mengirimkannya melalui e-mail atau disimpan untuk keperluan mendatang. Terlebih Epson L360 termasuk salah satu mesin printer yang multifungsi. Adapun cara melakukan scan dokumen dengan menggunakan perangkat printer tipe ini dijelaskan pada uraian berikut:

1. Hidupkan Printer Epson L360

Pengguna printer Epson dapat melihat tombol ON pada bagian samping untuk menyalakan mesin. Tekan tombol tersebut hingga tombol berubah warna menjadi putih atau hijau. Kemudian pasangkan kabel USB dari printer menuju laptop atau PC agar lebih mudah dalam menyimpan hasil scan dokumen nanti.

2. Letakkan Dokumen yang Akan di Scan

Bukalah penutup printer yang terletak pada bagian atas, bagian ini berfungsi untuk meletakkan lembar dokumen. Apabila berkas yang akan di scan cukup banyak, lakukan scanning satu per satu. Pilihlah satu lembar dokumen, misalnya sertifikat dan letakkan pada bagian berlapis kaca. Pastikan bagian yang akan di scan menghadap ke bawah.

Tata cara scan di printer Epson L360 secara keseluruhan sangatlah mudah, tetapi pengguna perlu lebih teliti dalam meletakkan dokumen. Pastikan bahwa posisi lembaran dokumen sudah lurus menyesuaikan printer. Tujuannya untuk menghasilkan file dokumen dengan rotasi yang baik. Setelah mengaturnya serapi mungkin, tutup printer sebelum mulai melakukan tahapan scanning dokumen.

3. Buka Bagian Control Panel

Pengguna dapat mulai mengoperasikan laptop yang terhubung dengan printer tersebut. Penerapan cara scan di printer Epson dapat dilakukan dengan membuka bagian Control Panel. Lanjutkan dengan klik menu Hardware and Sound, dan pilih Device and Printer untuk menghubungkan laptop ke mesin printer. Kemudian akan muncul semua perangkat yang sudah terhubung dengan laptop.

Temukan nama printer yang akan digunakan untuk melakukan scan dokumen, yaitu Epson L360. Klik kanan pada ikon printer tersebut, sehingga muncul berbagai opsi yang dapat dijalankan oleh pengguna. Pilih opsi Start Scan, dan tunggu sebentar sampai muncul kotak dialog konfirmasi untuk melakukan scanning dokumen.

4. Atur Tipe Berkas Scan yang Diharapkan

Pada bagian ini, pengguna dapat mengatur tipe berkas sesuai dengan dokumen yang sudah diletakkan dalam printer. Apabila akan melakukan scanning berupa sertifikat dan ijazah, silahkan pilih Documents pada bagian Profile. Selanjutnya tentukan warna yang diharapkan pada hasil file scan, pengguna dapat memilih Color, Grayscale, serta Black and White.

Selain mengatur warna, cara scan di printer Epson L360 dapat dilakukan dengan mengatur tipe file yang diinginkan. Pengguna dapat memilih berbagai format foto seperti JPG, PNG, BMP, dan zip. Sebaiknya pengguna mempertimbangkan ukuran berkas yang akan diperoleh saat memilihnya. Sesuaikan tipe berkas ini dengan hasil file yang diharapkan, mulai dari warna dan format.

5. Lakukan Scan Dokumen

Bila tahapan editing berkas telah selesai, klik bagian Scan yang terletak pada bagian paling bawah. Selanjutnya proses scanning akan tampil pada layar laptop, tunggulah beberapa saat hingga selesai. Tahapan ini mungkin akan memerlukan waktu beberapa menit, silahkan tunggu hingga proses scanning berhasil dan muncul perintah selanjutnya.

Bila muncul notifikasi pada layar laptop, silahkan klik Next untuk melanjutkan proses scanning. Setelah selesai, klik fitur Import Image untuk menyimpan hasil scan pada perangkat laptop. Pengguna akan diarahkan pada penyimpanan berkas dimana file scan tersimpan. Silahkan periksa hasil scan tersebut dan pastikan seluruh tulisan terbaca dengan jelas.

Buka file scan dengan cara klik dua kali pada berkas, tunggu beberapa saat hingga gambar dokumen terlihat. Pengguna juga dapat mengeditnya terlebih dahulu bila diperlukan. Lakukan cara yang sama untuk scan dokumen lain menggunakan printer Epson L360. Ambil dokumen yang telah berhasil di scan dan gantikan dengan dokumen baru selanjutnya.

Demikianlah penjelasan cara scan di printer Epson L360 yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Pada dasarnya printer ini dapat digunakan dalam berbagai keperluan, meliputi print, fotocopy, hingga scan. Pengguna dapat mengatur pilihan berkas hitam putih atau full warna. Lakukan langkah-langkah di atas ketika ingin scan sertifikat, ijazah, dan dokumen lainnya.

 

BACA JUGA :  3 Cara Mengecek IMEI VIVO Paling Mudah