7 Penyebab Hp Lemot dan Macet, Wajib Tahu!

By | October 7, 2021
Penyebab Hp Lemot dan Macet

Gohitzz.com – Berbagai fitur canggih yang ditawarkan oleh smartphone menjadi penunjang semakin bertambahnya pengguna barang digital ini setiap tahunnya. Namun, penggunaan yang berlebihan juga bisa membuat kinerja smartphone mengalami penurunan. Penurunan sistem ini adalah penyebab hp lemot dan macet.

Penurunan kinerja pada hp inilah yang seringkali menjadi kendala dalam penggunaan smartphone. Apalagi bila smartphone diperlukan dalam keadaan yang genting, tentunya penurunan kinerja hp akan sangat mengganggu. Lalu, apa penyebab hp lemot dan macet? Berikut ulasannya!

1. Cache

Cache adalah data sementara dari suatu aplikasi yang terinstal di memori handphone. Dimana semua aplikasi dipastikan memiliki file cache masing-masing dan terkadang hal inilah yang menyebabkan penumpukan cache. Dari penumpukan cache inilah yang bisa menjadi salah satu penyebab hp menjadi lemot.

Memastikan cache tetap dalam keadaan kosong adalah salah satu cara untuk membuat hp tidak lemot. Cara paling umum untuk menghapus cache adalah masuk ke pengaturan kemudian masuk ke manajemen aplikasi, lalu buka satu-persatu aplikasi dan terakhir hapus cache.

2. Aplikasi Terlalu Banyak

Aplikasi yang terlalu banyak memenuhi memori hp juga bisa menjadi salah satu penyebab hp lemot dan macet. Biasanya hal ini terjadi karena terlalu banyaknya aplikasi tidak terpakai yang masih terinstal di hp. Cukup pasang aplikasi yang sekiranya dibutuhkan di hp dan hapus aplikasi yang terlalu banyak memakan ruang memori dan tidak dibutuhkan.

3. Penggunaan Handphone Multitasking

Hal ini sering kali dilupakan oleh pengguna smartphone. Dimana pengguna sering kali membuka aplikasi secara bersamaan dan lupa untuk menutupnya kembali. Padahal kebiasaan ini bisa menjadi salah satu penyebab hp menjadi macet dan berhenti kinerjanya. Untuk mengatasi hal ini, cukup menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan. Dan usahakan membuka atau menggunakan aplikasi di handphone satu persatu.

BACA JUGA :  Anti Ribet! Ternyata Begini Cara Mengembalikan Data Backup Android

4. Update Aplikasi

Sering kali pengguna smartphone menghindari proses update aplikasi untuk menghindari pemenuhan memori internal. Padahal penggunaan aplikasi tanpa adanya update juga bisa membuat saat digunakan menjadi lambat. Karena itu pastikan setiap aplikasi yang digunakan selalu diupdate ke versi terbaru untuk menghindari terjadinya lemot dan error pada sistem aplikasi dan handphone.

5. Memori internal penuh

Memori internal pada handphone yang penuh adalah penyebab hp lemot dan macet yang seringkali ditemui. Memori internal merupakan penyimpanan utama yang dimiliki oleh handphone. Setiap aplikasi yang terpasang akan selalu tersimpan di memori internal. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan memori internal penuh dan akhirnya handphone mengalami error. Untuk menghindari hal ini, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah memindahkan aplikasi dan dokumen yang ada di memori internal ke memori eksternal.

6. RAM Ponsel

Memperhatikan kapasitas RAM yang dimiliki oleh handphone akhirnya adalah suatu hal yang perlu diperhatikan. Karena penggunaan aplikasi handphone lebih banyak dibandingkan kapasitas RAM yang dimiliki handphone tentu saja hal ini akan menurunkan kinerja handphone. Karena itu gunakanlah aplikasi sesuai dengan kapasitas RAM yang ada di handphone.

7. Penggunaan Live Wallpaper

Live wallpaper memang memiliki keunikan tersendiri untuk layar hp. Tapi hal ini sebenarnya bisa menyebabkan terjadinya error atau hang pada hp. Selain itu penggunaan live wallpaper sebenarnya juga bisa terlalu banyak memakan kapasitas memori. Karena itu usahakan untuk tidak menggunakan live wallpaper supaya hp tidak lemot dan macet.

Itulah tadi masalah umum yang seringkali terjadi dan menjadi penyebab hp lemot dan macet. Penggunaan smartphone sesuai kapasitas dan ada batasnya sebenarnya adalah salah satu solusi terbaik untuk menghindari ke tujuh hal di atas terjadi. Karena itulah selalu gunakan smartphone sesuai dengan kebutuhan saja.

Leave a Reply