8 Aplikasi Untuk Menggambar Komik Level Pemula Hingga Mahir

By | September 16, 2021
aplikasi untuk menggambar komik

Bagi para creator komik, manga, atau anime, memiliki aplikasi untuk menggambar komik di laptop pribadi merupakan sebuah keharusan. Selain untuk menunjang pekerjaan, aplikasi tersebut juga yang akan membantu mengusir kebosanan dengan goresan-goresan karya berharga. Di antara sekian banyak aplikasi yang ada, 8 aplikasi di bawah ini bisa menjadi rekomendasi:

1. Systemax SAI Paint Tool

Bagi para penggemar dan creator komik Jepang atau manga, aplikasi yang satu ini tentu tidak asing. Dikembangkan oleh Systemax, aplikasi untuk menggambar komik ini sangat populer dan bahkan recommended bagi yang ingin memulai karir sebagai mangaka. Bukan hanya itu, beberapa anime pun banyak lahir dari aplikasi ini.

Aplikasi ini cenderung mudah digunakan. Selain itu, banyak sekali fitur-fitur utama seperti kuas yang tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran. Hal ini tentu akan menjadi surga bagi para kreator komik. Apalagi, ukuran file aplikasi ini tidak terlalu besar memakan memori. Modifikasi marker dan cat air juga bisa dilakukan dengan leluasa lewat unduhan internet.

2. Comic Strip It

Jika ingin menunjang karya dengan aplikasi untuk menggambar komik, maka Comic Strip It bisa menjadi pilihan untuk kreativitas tanpa batas. Aplikasi ini memang ditujukan bagi kreator pemula, karena tidak ada pilihan untuk menggoreskan gambar secara langsung seperti yang selalu dilakukan oleh komikus mahir.

Menggunakannya pun sangat mudah untuk tingkat pemula, karena terlihat banyak panel yang mudah dikenal dan dimodifikasi. Selain itu, aplikasi ini juga membantu dengan adanya pilihan mengambil gambar atau foto dari galeri, maupun melalui jepretan kamera. Dengan begitu, membuat karya komik menjadi mudah dan menyenangkan.

3. Clip Studio

Satu lagi besutan Jepang yang melekat sebagai aplikasi andal penghasil karya besar. Perangkat lunak ini banyak digunakan untuk membuat manga, bahkan digunakan oleh para profesional. Jika diperhatikan, fitur-fitur yang ada memang sangat menunjang untuk membuat gambar-gambar level mahir.

Beberapa mode pewarnaan tersedia di aplikasi ini. Selain itu, ada juga tools seperti kuas atau pensil yang sangat mudah dimodifikasi. Tidak hanya itu, ada juga efek airbrush yang membuat gambar semakin spektakuler. Inilah kenapa aplikasi ini tak hanya berhenti di Jepang, tetapi juga menjadi andalan para komikus barat.

Akan ada banyak toolkit yang sangat membantu menciptakan karya dalam waktu singkat. Gambar manual yang dipindai pun dapat segera disulap menjadi fantastis secara digital menggunakan aplikasi ini.

4. Pixton Comic Maker

Aplikasi apik ini bernama Pixton dan juga cukup populer di kalangan creator pemula maupun mahir. Banyak sekali panel yang bisa digunakan dalam satu halaman. Dengan demikian, komikus bisa menyajikan cerita yang lebih kreatif dan variatif.

Bukan hanya itu, ada juga objek-objek menarik lainnya yang bisa dieksplor. Tentu saja, mengatur objek dan karakter tersebut menjadi sebuah cerita akan menjadi lebih menyenangkan, karena mudahnya menggunakan aplikasi Comic Maker ini.

5. Anitales

Jenis aplikasi ini biasanya digunakan bagi komikus yang menginginkan sedikit animasi atau objek yang bergerak. Jika creator pemula ingin lebih berkreasi dengan menciptakan komik yang bergerak, maka aplikasi Anitales bisa menjadi rekomendasi yang bagus.

Menggunakan aplikasi ini, komikus bisa berkreasi dengan banyak bentuk grafis untuk menambah karakter, adegan, dan juga tambahan efek seperti musik latar. Selain itu, bisa juga menerapkan kreativitas karya dengan adegan berpindah dari cuaca salju, hujan, dan kembali cerah. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah.

6. Comic & Meme Creator

Tepat sesuai dengan nama yang digunakan, perangkat ini dibuat khusus bagi yang ingin berkreasi membuat komik atau meme dari ratusan karakter yang tersedia. Ada juga latar cerita, berbagai jenis font untuk membuat tulisan pendukung, dan masih banyak lagi kreativitas yang juga tidak akan terlalu berat disimpan di ponsel.

7. Adobe Photoshop

Banyak yang mengira bahwa perangkat ini hanya digunakan untuk modifikasi foto. Namun ternyata, adobe photoshop bisa juga digunakan untuk mendukung pekerjaan para komikus. Tak sedikit manga yang juga lahir dari sini. Mulai dari sketsa sampai gambar mahir yang sangat rapi, semua bisa diulik menggunakan aplikasi ini.

8. SmitchMicro

Para kreator manga pasti juga familiar dengan perangkat ini. Bahkan, aplikasi ini memang diklaim sebagai studio khusus manga. Maka wajar kalau aplikasi ini banyak melahirkan karya-karya seru dalam karakter komik khas Jepang.

Banyak sekali aplikasi untuk menggambar komik yang bisa dimanfaatkan oleh para kreator, baik pemula maupun mahir. Bukan hanya untuk mendukung hobi, namun gambar yang dihasilkan juga bisa mendatangkan cuan.

 

BACA JUGA :  Cara Menggandakan Aplikasi di HP Vivo dengan Sistem dan Third Party App