Cara Memindahkan Lagu Dari File ke Pemutar Musik Dengan Mudah

By | September 15, 2021
cara memindahkan lagu dari file ke pemutar musik

Menyimpan file musik di smartphone atau gadget lainnya, tentu sudah biasa dilakukan. Namun, masih ada yang belum paham bagaimana cara memindahkan lagu dari file ke pemutar musik, supaya bisa segera dinikmati. Di tengah perjalanan atau ketika sedang fokus bekerja, alih-alih segera menikmati lagu, justru dibuat bingung dengan cara memutar lagunya.

Kendala semacam ini biasanya ditemukan ketika hendak memutar lagu, namun musik tidak terdeteksi. Padahal, sang pemilik smartphone sudah sangat yakin telah menyimpan file lagunya. Tentu saja, tidak semua lagu akan otomatis terbaca oleh music player di smartphone. Dengan demikian, harus dipindahkan dan bahkan dibuat folder secara khusus agar memudahkan pencariannya.

1. Perbarui Versi Pemutar Musik

Beberapa smartphone terkadang memberikan notifikasi kepada pemiliknya, untuk memperbarui beberapa aplikasi atau sistem yang ada. Hal ini juga akan berpengaruh kepada cara memindahkan lagu dari file ke pemutar musik.

Sebaiknya, segera lakukan pembaruan atau update sistem dan aplikasi di smartphone yang dimiliki. Sistem yang belum terbarui bisa menjadi kendala yang membuat file tidak terbaca. Lebih jauh lagi, tentu saja musik jadi tidak bisa terdeteksi dan diputar di player.

2. Unduh File Musik dengan Benar

Terkadang ketika melakukan pengunduhan, pemilik smartphone tidak memperhatikan dengan cermat file yang akan di-download. Banyak sekali sumber file di internet yang memang kosong atau tidak sempurna isinya. Hal ini tentu akan menyebabkan file corrupt, sehingga tidak bisa diputar di music player.

Maka, pastikan melakukan unduhan sampai selesai sempurna. Pastikan juga file lagu yang dipilih berasal dari sumber yang valid, karena hal ini akan mempengaruhi kualitas file. Dengan demikian, musik sudah hampir pasti akan bisa diputar dengan mudah dan masuk playlist.

3. Akses Manajer Berkas

Langkah selanjutnya adalah, pemilik gadget bisa segera mengakses ‘File Manager’ atau ‘Manajer Berkas’. Tentunya, setelah memastikan dua langkah di atas sudah tidak bermasalah. File musik umumnya tersimpan di berkas eksternal menggunakan SD, atau bisa juga di penyimpanan internal pada folder ‘musik’.

Jika tidak, pemilik gadget bisa mencari di folder mana file musik disimpan lalu akses file tersebut. Pastikan juga file musik yang ada di gadget tidak tercecer, karena hal ini nantinya akan menyulitkan ketika hendak mengubah atau menghapus playlist.

Jika sudah menemukan foldernya, pemilik gadget bisa memastikan bahwa musik tersebut tidak corrupt dan bisa dimainkan. Lakukan pengecekan ini sebelum memindahkan ke pemutar musik. Manakala terlihat ada ikon ‘play’ pada file, maka file lagu tersebut dapat dipastikan bisa diputar.

4. Cari dan Pilih Lagu yang Diinginkan

Berikutnya, silakan cari dan pilih file lagu yang diinginkan untuk diputar, atau dikategorikan dalam sebuah playlist baru. Cara untuk memilihnya bisa dengan menekan dan tahan file tersebut. Selanjutnya akan muncul banyak pilihan untuk perlakukan file tersebut, silakan  akses ikon ‘edit’ atau ‘salin’ pada file tersebut.

Pilih beberapa file lagu yang diinginkan, atau bisa juga memilih satu-persatu. Jika ingin lebih mudah, sebaiknya di folder tersebut sudah dikategorikan menurut jenis musiknya. Dengan demikian, jika ingin mencari lagu tidak harus menggeser terlalu banyak file dari atas ke bawah.

5. Klik ‘Potong’

Cara memindahkan lagu dari file ke pemutar musik ini sangat mudah dan hampir selesai jika sudah berada di step ini. Setelah memilih file mana yang dikehendaki, ketuk pilihan ‘potong’ atau ‘pindahkan’. Berikutnya, lakukan ‘salin’ atau ‘paste’ ke folder musik di pemutar lagu. Ketika memindahkan file ini, pastikan juga semua sudah 100% tersalin.

6. Putar Musik

Langkah terakhir adalah mengakses pemutar musik di smartphone. Silakan terlebih dahulu cek apakah file sudah berpindah semuanya dan selesai di salin. Jika belum selesai proses, tentu musik juga tidak akan terputar sempurna. Selanjutnya, musik sudah bisa langsung didengarkan melalui pemutar musik di gadget, di sela-sela beraktivitas.

Jika sudah mengetahui cara memindahkan lagu dari file ke pemutar musik, tentu aktivitas mendengarkan musik akan lebih nyaman. Sekarang, tidak ada lagi waktu terbuang hanya untuk mencari di mana file yang harus diputar. Apalagi, jika ada file yang tidak terbaca, pasti bisa menjadi pemicu bad mood.

 

BACA JUGA :  Intip Rekomendasi Aplikasi yang Lagi Booming dan Kekinian