Berbagai Cara Mengatasi Jaringan Lemot Indosat secara Cepat

By | September 15, 2021
Cara Mengatasi Jaringan Lemot Indosat

Sedang berselancar di dunia maya menggunakan layanan provider Indosat, namun tiba-tiba koneksinya ngadat atau lambat? Bingung dan tidak tahu langkah penanganan apa yang harus dilakukan? Sebaiknya, baca ulasan di bawah ini dengan cermat! Lantaran, di sini telah disajikan berbagai alternatif cara mengatasi jaringan lemot Indosat yang bisa dimanfaatkan, sebagai berikut:

1. Jalankan Airplane Mode

Alternatif pertama yang cukup efektif dipakai sebagai cara mengatasi jaringan lemot Indosat secara cepat ialah menjalankan airplane mode. Yaitu dengan cara menekan tombol ikon pesawat yang biasanya terdapat pada bagian atas perangkat ponsel. Setelah itu, biarkan beberapa saat, dan tekan kembali untuk mematikan, lalu nyalakan data dan cobalah akses internet.

Meski terbilang sangat sederhana, cara ini terbukti efektif untuk memperbaiki arus data pada banyak provider termasuk Indosat. Alasannya, karena pada saat airplane mode diaktifkan, maka jaringan yang tersambung akan otomatis hilang. Sehingga saat kembali dinyalakan, maka perangkat akan meminta IP baru yang bermanfaat untuk mendapatkan jaringan internet yang lebih stabil.

2. Lakukan Pengaturan APN

Selanjutnya, memperbaiki koneksi Indosat secara cepat juga bisa dilakukan dengan cara menyetel ulang APN yang ada pada ponsel. Bila langkah ini yang ingin dijalankan, maka ada beberapa instruksi yang harus diikuti, antara lain:

  • Pertama, masuklah ke menu Pengaturan lalu cari dan pilih secara berturut-turut opsi Network dan Mobile Network;
  • Lalu cari pilihan APN atau Access Point Name, dan klik pada tombol titik tiga pada sebelah kanan, kemudian pilihlah opsi Tambahkan APN;
  • Isikan sejumlah pengaturan standar yang diperlukan yakni name: internet, APN: Internet, dan lainnya kosongkan saja;
  • Setelahnya cukup tekan simpan; dan
  • Uji coba koneksi internet Indosat setelah perubahan tersebut.

3. Atur Ulang Mode Jaringan

Berikutnya yang ketiga, cara mengatasi jaringan lemot Indosat secara cepat yang bisa dijalankan adalah menyetel ulang mode jaringannya. Tindakan ini bisa dijalankan dengan mengikuti sejumlah instruksi kerja, di antaranya:

  • Buka perangkat ponsel masing-masing, lalu masuklah ke menu Pengaturan Perangkat;
  • Perhatikan pada barisan menu yang tersedia, kemudian cari dan pilihlah pada opsi Koneksi;
  • Bila sudah, maka klik pada menu Jaringan Seluler, lalu perhatikan jenis jaringan yang tersedia;
  • Tinggal ubah jaringan semula ke versi lainnya, misalkan dari LTE ke jaringan 2G saja;
  • Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai ponsel menyiapkan jaringan baru;
  • Kemudian ubah kembali ke mode LTE; dam
  • Cobalah efektifitas dari langkah ini dengan mencoba koneksi pada browser internet yang tersedia pada perangkat.

4. Restart Perangkat

Keempat, masalah lambatnya koneksi bisa juga diakibatkan oleh pemakaian perangkat tanpa jeda dalam waktu yang lama. Jika indikasi ini yang terjadi, baiknya segera mulai ulang perangkat ponsel yang dipergunakan. Tujuannya, agar ponsel bisa merecovery kinerja, dan saat kembali nyala, koneksi akan kembali normal atau paling tidak lebih stabil dari sebelumnya.

Namun, apabila restart sudah dilakukan dan koneksi tidak menunjukan perubahan signifikan, maka yang harus dilakukan adalah mematikan ponsel selama beberapa saat. Bisa juga dengan melepas baterai dan mengeluarkan kartu sim sesaat, kemudian memasang dan menghidupkan ponsel kembali. Umumnya, setelah ini dilakukan ponsel akan memiliki arus data yang cenderung lebih baik.

5. Cari Lokasi dan Waktu Terbaik Akses Data

Terakhir, perlu untuk dipahami bahwa lokasi dan waktu pemakaian juga bisa menjadi pemicu lemotnya jaringan pada sebuah provider. Sehingga cara mengatasi jaringan lemot Indosat paling tepat untuk mengatasi indikasi ini ialah:

  • Mencoba beberapa titik lokasi yang ada di sekitar, dengan berbagai tingkat ketinggian untuk menentukan posisi daya tangkap sinyal terbaik, untuk mengoptimasi kecepatan arus datanya;
  • Mencoba pemakaian akses internet pada waktu yang jarang dipergunakan oleh pengguna lainnya, semisal saat dini hari, karena saat tersebut biasanya tidak banyak orang yang memakai internet sehingga cenderung lancer; dan
  • Berbagai macam tindakan lain yang dapat dilakukan untuk mengoptimasi waktu dan lokasi penangkapan sinyal Indosat secara lebih baik.

Itulah tadi beberapa alternatif cara mengatasi jaringan lemot Indosat secara cepat yang bisa dijalankan dengan segera. Bagaimana? Berbagai rekomendasi cara yang telah dijelaskan pada uraian di atas cukup sederhana dan mudah untuk dimengerti, bukan? Jadi, tunggu apa lagi, langsung jalankan saja instruksinya, agar masalah koneksi lekas dapat terselesaikan dengan baik!

 

BACA JUGA :  Pilihan Cara Memperbaiki Wifi Laptop yang Tidak Bisa Connect untuk Pemula