Cara Mengetahui Pengguna WiFi IndiHome Paling Mudah

By | September 11, 2021
cara mengetahui pengguna WiFi IndiHome

WiFi memang sangat dibutuhkan oleh kaum milenial, entah itu digunakan pada hp ataupun laptop/ PC dalam berbagai kegiatan. Namun seringkali penggunaannya jadi di luar batas akibat banyaknya pengguna yang tersambung secara ilegal. Dengan alasan itulah, maka pastikan selalu mengeceknya dan mengetahui bagaimana cara mengetahui pengguna WiFi IndiHome paling mudah.

Tentu saja sebagai pemilik jaringan WiFi, cara ini sangat penting dimengerti untuk mengetahui perangkat mana saja yang tersambung. Apalagi jika beberapa orang berhasil membobol password yang dimilikinya. Berikut inilah informasi lengkap untuk mengetahui caranya yang perlu disimak, yaitu antara lain:

1. Membuka Halaman Admin IndiHome Fiberhome

Untuk mengetahui cara mengetahui pengguna WiFi IndiHome Fiberhome, hal perlu dilakukan adalah pastikan telah masuk ke halaman admin terlebih dahulu. Barulah mengikuti langkah-langkah berikut ini, yaitu:

  • Membuka IP Address modem Fiberhome 192.168.1.1 pada laptop. Kemudian isikan data login seperti Username dan Password.
  • Setelah itu, klik pada menu Status> Wireless Status> WiFi Clients List dan akan terlihat secara langsung jumlah pengguna sekaligus nama perangkat yang tersambung.
  • Segera lakukan pembatasan perangkat atau mengganti password apabila merasa terganggu atau jaringan internet yang diakses jadi lemot.

2. Memanfaatkan Menu User IndiHome Huawei

Tidak hanya IndiHome FiberHome, namun cara mengetahui siapa saja yang memakai IndiHome Huawei cukuplah mudah. Beberapa langkahnya adalah sebagai berikut, yaitu antara lain:

  • Buka browser pada smartphone atau laptop, kemudian ketikkan alamat IP 192.168.100.1. Apabila berhasil masuk, maka lakukan login menggunakan username dan password modem Huawei yang dimiliki.
  • Setelah masuk, maka pilih menu Status> User Device Information. Dari sinilah nantinya tertera daftar maupun detail perangkat mana saja yang menggunakan WiFi Indihome.

3. Masuk ke Administrator IndiHome TP-Link

Cara mengetahui pengguna WiFi IndiHome untuk TP-Link cukuplah mudah. Pengguna hanya perlu mengaksesnya melalui smartphone, namun pastikan telah menginstall aplikasinya terlebih dahulu. Kemudian lakukan beberapa langkah berikut ini untuk mengetahui device list, yaitu:

  • Pastikan kedua perangkat antara WiFi dengan smartphone tersambung dengan baik. Kemudian barulah install aplikasi TP-Link Tether di ponsel tersebut.
  • Setelah itu lakukan penyambungan antara aplikasi Tether dengan modem WiFi, serta barulah pilih router yang terdeteksi.
  • Lakukan login sesuai detail modem TP-Link, kemudian masuk ke halaman Administrator.
  • Apabila sudah berhasil, masuk ke menu Home dan klik tab Clients untuk mengetahui perangkat apa saja yang tersambung pada WiFi IndiHome.

4. Melalui IndiHome ZTE

Menjadi kesukaan banyak pengguna IndiHome, modem ZTE ini bisa dilakukan pengecekan penggunanya menggunakan beberapa cara. Berikut inilah diantaranya, yaitu:

  • Bukalah halaman login IndiHome ZTE melalui 168.1.1 dan masuk menggunakan username maupun password yang dimiliki.
  • Apabila telah berhasil masuk, maka klik tab Network> WLAN> Associated Devices. Dari halaman inilah akan ditampilkan berapa devices yang tersambung dan aktif menggunakan WiFi IndiHome.
  • Langkah-langkah tersebut bisa digunakan pada modem ZTE F660, ZTE ZXHN F620 dan lain sebagainya.

5. Menggunakan Software Advanced IP Scanner

Pemilik juga bisa mengecek siapa saja yang memakai jaringan internet menggunakan aplikasi bernama Advanced IP Scanner. Cara mengetahui pengguna WiFi Indihome ini pun terbilang cukup mudah karena dapat diinstall di komputer secara cepat, yaitu sebagai berikut:

  • Lakukan pengunduhan aplikasi dan install di komputer yang dimiliki. Barulah kemudian masukkan IP Prute dari modem IndiHome dan masukkan username beserta passwordnya.
  • Setelah login berhasil, maka klik pada menu ‘Scan’ atau ‘Pindai’. Dari halaman inilah akan ditampilkan daftar device atau pengguna yang tersambung dengan WiFi Indihome.
  • Pemilik juga bisa memblokir perangkat maupun pengguna yang dikenali dengan hanya sekali klik.

Nah itulah beberapa cara mengetahui pengguna WiFi IndiHome yang paling mudah. Tentunya cara satu ini bermanfaat untuk melihat perangkat siapa saja yang tersambung ke dalamnya. Pemilik jaringan WiFi bisa segera mengganti passwordnya atau meningkatkan fitur keamanan jauh lebih baik lagi agar tidak mudah dibobol. Selamat mencoba dan pastikan memblokir perangkat yang tidak dikenal agar jaringan tidak lemot lagi.

Semoga bermanfaat!

 

BACA JUGA :  Begini Cara Mengatasi WiFi Indihome Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet