Ketahui Cara Mereset WiFi IndiHome Termudah

By | September 11, 2021
cara mereset wifi indihome

Pemilik WiFi memang seringkali mengalami berbagai permasalahan, mulai dari jaringan yang dibobol atau bahkan koneksi yang lemot. Maka dari itu, pengecekan secara berkala untuk menghindarinya perlu dilakukan. Namun tampaknya tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara mereset WiFi IndiHome termudah dan bisa dilakukan di rumah loh.

Apabila tertarik mengetahui ulasan tentang cara mereset WiFi IndiHome dan informasi lainnya mengenai hal tersebut, maka simak penjelasan di bawah ini:

Mengapa Harus Reset WiFi?

Sebelum mereset WiFi IndiHome, tentunya ada beberapa alasan yang ada di baliknya. Salah satunya adalah karena jaringan internet yang lemot atau sering mengalami error. Sehingga koneksinya jadi terganggu dan kecepatan internet pun berkurang. Tentu sebagai pengguna tidak ingin mengalami hal satu ini bukan?

Maka dari itulah, proses reset ini perlu dilakukan sebagai alternatif maupun jalan keluar yang baik agar koneksi internet kembali lancar seperti semula. Namun pastikan memberikan jeda setidaknya 24 jam ketika mereset nya agar perangkat dapat beristirahat dengan baik. Apalagi jika sering dihidupkan, maka langkah ini tidak boleh terlewatkan.

Cara Mereset WiFi IndiHome

Pada saat jaringan WiFi IndiHome mengalami error, maka meresetnya ulang adalah sebuah solusi terbaik. Bagi pengguna yang belum pernah melakukannya sendiri, maka simak cara mudah nya berikut ini:

1. Melalui Modem IndiHome ZTE dan Fiberhome

Cara mereset WiFi IndiHome untuk modem ZTE dan Fiberhome yaitu bisa dilakukan dengan hanya menyiapkan ponsel pintar ataupun laptop. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pastikan menyalakan modem dengan menggunakan tombol power.
  • Apabila modem sudah hidup, pastikan mengklik reset. Pada modem ZTE dan Fiberhome, pengguna bisa menekannya di tombol reset yang ada di dalam lubang menggunakan jarum atau peniti kecil. Kemudian tunggu sampai lampu indikatornya mati.
  • Nyalakan modemnya kembali agar bisa terhubung ke koneksi internet dengan memasukkan password sesuai yang diberikan.
  • Apabila sudah terkoneksi, maka masuk ke browser di laptop dan mengetikkan alamat IP 192.168.1.1. Barulah masukkan username dan password untuk bisa diganti sesuka hati nantinya.

2. Melalui Modem IndiHome TP-Link

Tidak hanya pada modem IndiHome ZTE dan Fiberhome saja, namun perlu pula mengetahui bagaimana cara reset modem IndiHome TP-Link yang banyak digunakan. Tentunya langkah yang perlu dilakukan tidak begitu berbeda, yaitu sebagai berikut:

  • Hal pertama yaitu hidupkan modem terlebih dahulu dan kemudian tekan tombol reset. Sama seperti modem IndiHome ZTE, pada TP-Link satu ini pengguna dapat menjangkau lubang reset menggunakan jarum pentul. Tekan dan tahan selama beberapa detik hingga lampu indikator mati.
  • Kemudian nyalakan modem kembali dan koneksikan WiFi ke perangkat untuk login ke dashboard admin. Buka browser dan masuk ke IP 192.186.1.254, lalu ketikkan username dan password sesuai modem.
  • Setelah modem sudah di reset, maka pengguna bisa sekaligus mengganti atau mengatur setting WiFi agar tidak terjadi permasalahan seperti sebelumnya.

3. Melalui Modem IndiHome HUAWEI

Untuk mereset modem IndiHome HUAWEI, ada beberapa cara yang bisa ditempuh dan tidak jauh berbeda dari ketiga modem yang telah dibahas sebelumnya. Berikut inilah cara meresetnya, yaitu antara lain:

  • Untuk melakukan reset pada modem, langkah pertama perlu dilakukan adalah menyalakan modem IndiHome dan tekan tombol reset yang berada di dalam lubang. Pengguna bisa memanfaatkan jarum atau peniti kecil agar tombol bisa terpencet. Kemudian, tahan dan tunggu sampa lampu indikatornya mati.
  • Setelah itu, pastikan menyalakan modemnya kembali dan sambungkan laptop ke WiFi dengan memasukkan password sesuai modem. Dengan begitu, nantinya bisa melangkah ke proses selanjutnya.
  • Apabila sudah tersambung, maka masuklah ke alamat IP 192.168.100.1. Dalam hal ini, pengguna perlu memasukkan username dan password untuk melakukan penggantian. Barulah ganti password dan nama WiFi sesuai keinginan agar tidak terjadi permasalahan seperti sebelumnya.

Nah itulah informasi mengenai cara mereset WiFi IndiHome paling mudah yang bisa dicoba. Dijamin siapa pun bisa melakukannya di rumah, sehingga permasalahan maupun gangguan pada jaringan internet pun tidak akan terulang kembali. Koneksi jadi lebih stabil dan nyaman digunakan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

BACA JUGA :  Pahami 5 Cara Memperbaiki Sinyal AXIS yang Jelek Agar Kembali Lancar