Cara Membuat Subtitle di Youtube Untuk Menerjemahkan Bahasa Asing

By | September 9, 2021
cara membuat subtitle di Youtube

Penggunaan bahasa asing dalam sebuah video untuk diunggah ke Youtube memang sangat diperbolehkan. Akan tetapi, youtuber perlu tahu bahwa tidak semua penonton dapat memahami bahasa asing yang sedang diucapkan. Untuk itulah, diperlukan pemahaman tentang cara membuat subtitle di Youtube agar dapat memberikan terjemahan bahasa asing yang terdapat dalam video.

Kunci utama untuk memperoleh banyak viewers dalam sebuah unggahan video terletak pada ketertarikan penonton. Apabila penonton kurang memahami bahasa yang diucapkan, tentunya hal ini dapat menurunkan minat untuk menyaksikan lanjutan video. Youtuber dapat mengatasi masalah tersebut dengan menambahkan subtitle dalam video melalui panduan cara berikut ini:

1. Buka Channel Youtube yang Dimiliki

Sebelum membuat terjemah, pengguna terlebih dahulu perlu mengunggah video pada channel yang dimiliki. Lebih mudah apabila mengakses channel Youtube melalui laptop atau PC daripada menggunakan smartphone. Sebab, cara membuat subtitle di Youtube serta menempatkannya sesuai durasi video akan lebih mudah bila dilakukan menggunakan laptop.

2. Edit Salah Satu Video yang Akan Diterjemahkan

Pada bagian daftar video, silahkan klik salah satu thumbnail yang akan diterjemahkan. Klik bagian Edit Video agar dapat menampilkan pilihan opsi untuk pengeditan. Secara otomatis, halaman akan mengarahkan pengguna untuk mengunjungi bagian Creator Studio Klasik. Apabila muncul kotak dialog yang mengharuskan untuk mengisi survei, silahkan klik bagian Lewati.

Pada halaman editing, pengguna akan menemukan berbagai fitur untuk penyempurnaan video. Mulai dari setelan, audio, layar akhir, serta fitur untuk menambahkan terjemah. Klik pada bagian Subtitle/CC untuk mulai mengedit bagian terjemah pada video. Sebelum itu, pengguna setidaknya telah menyiapkan subtitle dari tiap kalimat yang menggunakan bahasa asing.

3. Pilih Jenis Bahasa yang Akan Dimasukkan Sebagai Subtitle

Pada bagian sebelah kanan, terdapat kolom pencarian untuk memilih bahasa yang akan digunakan. Umumnya, orang-orang akan menerjemahkan bahasa asing ke bahasa Indonesia. Tetapi pembaca juga dapat menambahkan bahasa lain, sehingga penonton dapat memilih salah satu bahasa yang paling dipahami saat menyaksikan unggahan video.

Bila ingin menambahkan dua terjemahan bahasa sekaligus dalam satu video, sebaiknya pengguna memilih satu jenis bahasa terlebih dahulu. Selesaikan editing untuk menambahkan subtitle dalam video. Setelah selesai, silahkan menambahkan subtitle baru dengan memilih bahasa lain untuk dijadikan terjemahan.

4. Ketik dan Sesuaikan Kalimat Terjemah dengan Durasi Video

Apabila pengguna sebelumnya telah membuat terjemahan sendiri, cara membuat subtitle di Youtube dapat dilakukan dengan cara mengunggah file saja. Tetapi, sebetulnya subtitle juga dapat dibuat langsung dengan cara klik fitur ‘Buat Subtitle atau CC baru’ pada bagian samping video. Kemudian, Youtube akan menampilkan halaman editing untuk subtitle.

Klik ikon (+) untuk menambahkan terjemahan baru, perhatikan pula ejaan yang dimasukkan agar mudah dipahami. Tahapan ini memerlukan kesabaran dan ketelitian, sebab perlu detail tiap menit agar subtitle berjalan dengan tepat. Perhatikan pula penempatan dari subtitle, geser ke kanan atau ke kiri untuk menyesuaikan dengan video.

Sebaiknya jangan terburu-buru dalam menuliskan subtitle, sebab penempatan yang kurang tepat justru dapat membuat penonton kurang nyaman membacanya. Hindari terjadinya subtitle yang muncul terlalu lambat atau pun terlalu cepat, pastikan terjemahan ini berjalan sesuai isi video. Untuk memastikannya, cobalah memutar video sembari membaca subtitle yang telah dimasukkan.

5. Cek Ulang Subtitle yang Telah Diunggah Pada Video

Setelah selesai menerjemahkan satu bahasa, pengguna dapat mengulangi cara di atas dengan memilih bahasa lainnya. Dengan demikian, penonton memiliki banyak pilihan subtitle yang dapat diaktifkan agar dapat menonton video dengan nyaman. Penerapan cara membuat subtitle di Youtube ini cukup sederhana dan mudah untuk diterapkan.

Setelah memastikan bahwa subtitle sudah sesuai, klik bagian ‘Publikasikan’ untuk mengunggah video terbaru. Sebelum menutup halaman Youtube Creator, pastikan bahwa subtitle yang telah diedit sudah terunggah pada video. Untuk mengeceknya, lihat pada bagian thumbnail video. Apabila muncul keterangan ‘Subtitle’ berarti bahasa terjemahan sudah tersedia dalam video tersebut.

Itulah penjelasan tentang cara membuat subtitle di Youtube agar penonton dapat menyaksikan video dengan nyaman. Selain lewat Youtube, sebetulnya terjemahan bahasa dapat ditambahkan langsung saat mengedit video. Opsi ini dapat dilakukan secara manual dengan mengetikkan terjemahan bahasa satu per satu. Sehingga, penonton dapat memahami arti dari bahasa asing dalam video.

BACA JUGA :  Inilah 5 Cara Hapus Objek di Picsart Agar Foto Terlihat Instagramable