Amati 6 Ciri iPhone Rekondisi Supaya Tidak Tertipu Saat Membeli

By | October 5, 2021
ciri iphone rekondisi

Gohitzz.com – Handphone pada saat ini sudah menjadi barang kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan. Mulai dari kebutuhan komunikasi, mencari informasi di internet, kamera, dan berbagai aplikasi yang bisa mendukung kegiatan sehari-hari. Namun, pada saat ini banyak handphone yang dijual di pasaran tidak dalam kondisi yang baik atau rekondisi. Salah satunya yaitu handphone keluaran Apple, yakni iPhone. Ada 6 ciri iPhone rekondisi yaitu:

1. Mengecek Tombol Fisik

Hal mudah untuk mengetahui ciri iPhone rekondisi atau tidak adalah dengan melihat tampilan secara langsung handphone iPhone tersebut. handphone iPhone yang rekondisi biasanya memiliki kecacatan pada bagian luarnya. Biasanya ada kesalahan pada saat menempatkan tombol-tombolnya.

Kesalahan yang sering terjadi yaitu penempatan tombol sleep biasanya diletakkan di bagian kiri sedangkan volume diletakkan di bagian kanan. Berbeda dengan iPhone yang asli yaitu tombol sleep di bagian kanan atas dan volume di bagian kiri. Namun, jika penempatannya sudah tepat. Coba tekan-tekan tombol tersebut. Jika terasa tidak nyaman pada saat digunakan, maka biasanya itu sudah rekondisi.

2. Lihat Tampilan Layar iPhone

Ciri iPhone rekondisi selanjutnya yaitu bisa dilihat dari tampilan layarnya. Layar iPhone yang asli tentu saja memiliki tampilan warna yang cerah pada saat menyala. Sedangkan, iPhone yang rekondisi biasanya memiliki tampilan layar yang tidak begitu cerah. Karena biasanya menggunakan layar bekas dari ponsel iPhone yang lainnya.

3. Cek Nomor IMEI

IMEI merupakan nomor khusus yang bisa dijadikan sebagai identitas pada kartu slot SIM. Dengan adanya nomor ini, handphone bisa digunakan untuk mengaktifkan kartu SIM. Setiap handphone memiliki IMEI yang berbeda-beda.

Maka dari itu, pastikan iPhone yang dibeli memiliki nomor IMEI. Sedangkan iPhone yang rekondisi biasanya tidak memiliki nomor IMEI. Namun jika ada nomor IMEI nya, pastikan cek di www.imei.info untuk mengecek keaslian nomor IMEI.

BACA JUGA :  Nyaris Serupa, Ternyata Inilah Perbedaan iPhone Xr dan Xs

Selain itu, Apple juga memiliki caranya tersendiri untuk mengecek keaslian IMEI yaitu masuk saja di websitenya Apple. Lanjutkan dengan mencari tentang pengecekan IMEI, dan masukkan nomor IMEI nya. Jika ada keterangan invalid maka handphone iPhone itu sudah rekondisi.

4. Kembalikan Ke Mode Pabrik

Ciri iPhone rekondisi juga bisa dengan mengembalikan handphone iPhone itu ke dalam mode pabriknya. handphone yang rekondisi biasanya pada saat dikembalikan ke dalam mode pabriknya, sudah tidak memiliki aplikasi-aplikasi bawaannya seperti kamera, telepon, dan lain-lain.

5. Bandingkan Harga Dan Cek Garansi Resmi

iPhone yang rekondisi tentu saja memiliki harga yang memiliki selisih yang sangat besar dengan handphone iPhone yang asli. Jadi jika ada yang menawarkan dengan harga yang murah. Maka, patut waspada bahwa itu merupakan handphone rekondisi.

Selain itu, pada saat membeli handphone iPhone yang asli, pembeli memiliki garansi yang resmi dari distributor resminya. Sedangkan, handphone iPhone yang rekondisi sudah tidak memiliki garansi resmi. Kalaupun ada, biasanya garansi yang diberikan bukan dari garansi resminya melainkan hanya garansi dari si penjual saja.

6. Ketahanan Baterai

Salah satu cara mengecek handphone iPhone yang rekondisi yaitu dengan melihat daya tahan baterainya. Baterai yang asli tentu saja memiliki daya tahan baterai yang awet. Sedangkan, pada handphone rekondisi biasanya menggunakan baterai yang tidak ori. Sehingga tingkat daya tahan baterainya pun lemah atau lebih cepat boros.

Namun, mengecek baterai ini sulit untuk dilakukan pada saat mau untuk membeli. Karena tidak mungkin juga, pembeli menunggu lama untuk mengecek baterainya tahan lama atau tidak. Biasanya ketahanan baterai ini akan terlihat pada saat seharian handphone itu digunakan.

Inilah 6 ciri iPhone rekondisi yang bisa diamati oleh pembeli. Jika pembeli merasa kesulitan untuk mengecek handphone itu asli atau sudah rekondisi maka disarankan untuk membeli di toko toko yang terpercaya dan bisa memberikan garansi yang resmi.

Leave a Reply