5 Aplikasi Untuk Menghitung Kalori Makanan Guna Merealisasikan Program Diet

By | September 8, 2021
aplikasi untuk menghitung kalori makanan

Menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan cara mengikuti program diet, termasuk mengatur asupan makanan sehari-hari. Meski sedang diet, seseorang juga perlu mendapatkan asupan kalori yang cukup agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Agar lebih mudah dalam merealisasikan program diet, pembaca perlu memasang aplikasi untuk menghitung kalori makanan yang diinstal pada smartphone.

Pada program penurunan berat badan, laki-laki membutuhkan kalori sekitar 2.000 per hari. Sedangkan kebutuhan pada perempuan lebih rendah, sekitar 1.500 kalori dalam satu hari. Jumlah keduanya lebih sedikit dibandingkan kebutuhan harian normal. Pengukuran tersebut dapat dilakukan dengan mudah memanfaatkan aplikasi penghitung kalori yang dijelaskan pada berikut ini:

1. FatSecret

Layanan ini menjadi pendamping yang baik selama mengikuti program diet, FatSecret merupakan aplikasi untuk menghitung kalori makanan yang paling direkomendasikan. Mengingat pencatatan asupan gizi dapat dilakukan melalui foto makanan. Pengguna hanya perlu memfoto menu makanan melalui kamera HP, kemudian aplikasi akan mulai mencatat jumlah kalori yang terkumpul dari makanan tersebut.

Di samping itu, FatSecret menyajikan data laporan yang cukup lengkap selama pengguna melaksanakan program diet. Data yang ditampilkan berupa daftar asupan gizi beserta diagram yang mudah dipahami. Pengguna dapat membandingkan asupan kalori yang masuk dengan target yang telah ditentukan, sehingga dapat menganalisa pencapaian program diet yang dilakukan.

2. Hitung Kalori

Pemilihan menu makanan sehari-hari saat diet memang kerap kali membuat bimbang, terutama saat mempertimbangkan jumlah kalori. Perkiraan jumlah kalori yang salah tentu akan berakibat fatal pada program penurunan berat badan. Untuk mengatasinya, pengguna smartphone dapat memasang aplikasi untuk menghitung kalori makanan berupa Hitung Kalori pada Play Store.

Sebelum mulai menentukan menu makanan, pengguna dapat mencari tahu jumlah kalorinya terlebih dahulu. Aplikasi Hitung Kalori dilengkapi dengan fitur penelusuran yang cukup lengkap. Pengguna hanya perlu mengetikkan nama bahan makanan, selanjutnya aplikasi akan menampilkan jumlah kalori dari makanan tersebut. Dengan demikian, pengguna dapat mengkalkulasikan jumlah asupan kalori dalam satu hari.

3. MyFitnessPal

Layanan ini dapat menjadi pilihan bagi pengguna smartphone untuk mendata kebutuhan asupan gizi selama diet. MyFitnessPal menyediakan database lebih dari 6 juta menu makanan, sehingga dapat mendata jumlah kalori dengan akurat. Pengguna perlu menetapkan sasaran diet sehingga dapat mengelola asupan gizi dengan mudah.

MyFitnessPal sebagai salah satu aplikasi untuk menghitung kalori makanan memiliki keunggulan berupa kalkulator resep. Fitur ini bekerja dengan cara mengkombinasikan berbagai bahan makanan, sehingga dapat menghasilkan menu baru. Tentunya pengguna juga dapat memantau jumlah keseluruhan kalori agar program diet tetap berjalan lancar.

4. YAZIO Calorie

Pencarian resep makanan untuk program penurunan berat badan dapat dilakukan dengan melihat daftar menu pada YAZIO Calorie. Aplikasi ini menyediakan pilihan menu yang beragam, termasuk untuk vegetarian, bebas gula, tinggi protein, dan lainnya. Sehingga, pengguna tetap dapat menemukan berbagai ide menu yang lezat meski sedang dalam program diet.

YAZIO Calorie secara rutin akan mengirimkan notifikasi agar pengguna dapat mengontrol asupan air putih dan makanan. Aplikasi ini membantu dalam mencapai target penurunan berat badan yang sedang dijalankan. Setidaknya, aplikasi menyediakan database lebih dari 4 juta bahan makanan yang akan membantu memudahkan dalam mencapai kalori yang ditetapkan.

5. Fitatu Calorie Counter

Layanan ini menyediakan informasi nutrisi yang sangat spesifik, mulai dari protein, lemak, karbohidrat, dan kalori. Selain itu, Fitatu Calorie Counter juga direkomendasikan bagi pengguna yang ingin memantau vitamin pada bahan makanan tertentu. Pindai barcode dari makanan kemasan agar dapat melihat jumlah kandungan gizi dengan praktis.

Selain perhitungan gizi untuk bahan makanan, berbagai menu dari restoran populer juga masuk dalam daftar Fitatu Calorie Counter. Misalnya seperti menu KFC, McDonald’s, Subway, Pizza Hut, dan lainnya. Sehingga, pengguna dapat mempertimbangkan jumlah kalori sebelum memutuskan untuk membeli makanan pada restoran yang diinginkan.

Itulah rekomendasi 5 aplikasi untuk menghitung kalori makanan yang dapat dipasang pada smartphone sebagai panduan dalam menurunkan berat badan. Agar pelaksanaan diet yang dilakukan berjalan secara optimal, sebaiknya imbangi dengan olahraga teratur. Dengan demikian, pembaca dapat menyeimbangkan jumlah antara kalori yang masuk dan kalori terbakar saat melakukan olahraga.

 

BACA JUGA :  Ragam Aplikasi Pendeteksi Judul Lagu Terakurat dan Terlengkap