Cara Mengecek Touchscreen Xiaomi Paling Ampuh dan Tanpa Ribet

By | September 4, 2021
Cara mengecek touchscreen Xiaomi

Membeli smartphone Xiaomi memang perlu dilakukan secara teliti dan tidak sembarangan. Ada baiknya pembeli mengeceknya terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada cacat pada bagian tertentu, khususnya layar sentuh. Cara mengecek touchscreen Xiaomi bisa dilakukan dengan gampang secara manual maupun lewat aplikasi pihak kedua.

Menguji layar sentuh ini disarankan ketika membeli smartphone Xiaomi baru atau bekas. Pembeli pun dapat melakukan pengecekan sendiri maupun meminta bantuan staff toko. Jika sudah mengetahui kondisi touchscreen, maka pembeli tidak akan merasa rugi karena ponsel dalam keadaan bagus dan tanpa cacat. Bagi yang memiliki layar ponsel bermasalah, berikut inilah penjelasan lengkapnya yang wajib disimak.

Cara Mengecek Touchscreen Xiaomi

Bagi pengguna ponsel, mengetahui kondisi layar memang sesekali perlu dilakukan. Hal ini dilakukan untuk memeriksa sensitivitas layar sentuh maupun kerusakan lainnya. Berikut ini sejumlah cara mengecek touchscreen Xiaomi yang perlu diketahui, antara lain:

1. Menggunakan Kode Rahasia Khusus Xiaomi

Cara pertama untuk memeriksa layar sentuh di hp Xiaomi yaitu menggunakan dial number atau kode rahasia ke ##64663##. Kode tersebut dilakukan untuk mengecek hardware dan performa smartphone. Pengguna bahkan bisa memeriksa kondisi speaker, Bluetooth, SIM card, touchscreen, color dan lain sebagainya. Pilihan menu tersebut bisa digunakan berdasarkan kebutuhan.

Langkah awal yang perlu dikerjakan adalah membuka dial pad lalu ketik kode rahasia ##64663##. Setelah itu, pengguna akan diarahkan ke halaman pengecekan ponsel. Pilih menu Touchscreen kemudian ikuti panduannya dengan benar. Pada menu ini ada beberapa tahapan pengecekan yang harus dilewati. Pastikan kondisi ponsel normal serta layarnya bisa merespon dengan baik saat disentuh.

2. Menguji Sensitivitas Layar

Selanjutnya, pengguna bisa melakukan uji sensitivitas layar smartphone dengan dial number ##64663##. Untuk proses pengujian ini, pengguna bisa memilih menu Touch Sensor. Nantinya akan ada misi yang harus diselesaikan yaitu menekan atau menyentuh kotak kosong.

Apabila prosesnya berhasil, maka akan muncul warna biru atau hijau yang berartiĀ  layar smartphone masih dalam kondisi normal. Sebaliknya, touchscreen dipastikan rusak jika warnanya putih atau tidak berubah meski sudah disentuh. Cara mengecek touchscreen Xiaomi dengan tes ini jauh lebih efektif daripada menggunakan aplikasi lain.

3. Memakai Aplikasi Display Tester

Display Tester merupakan aplikasi yang cocok digunakan untuk mengetes warna serta layar ponsel yang mulai meredup. Pastikan pengguna sudah mengunduh dan install aplikasinya melalui Google PlayStore terlebih dahulu. Lalu, display menu akan menampilkan warna serta gambar tertentu untuk mengecek sensitivitasnya.

4. Mencoba Touchscreen Test App

Touchscreen Test menjadi aplikasi alternatif untuk mengecek kondisi layar Xiaomi. Aplikasi ini dikembangkan oleh Mokshyn dengan performa dan tampilan yang bagus. Pengguna bisa mengunduhnya di Google PlayStore secara gratis. Selain itu, menu untuk mengecek kondisi layar maupun warna juga sangat beragam serta mudah digunakan.

Aplikasi ini sebenarnya mempunyai fungsi yang serupa dengan kode rahasia. Namun, Touchscreen Test ini dikenal lebih lengkap serta didukung fitur yang beragam dan menarik. Oleh karena itu, pengguna bisa melakukan pengujian layar sentuh secara keseluruhan.

5. Melalui Fix Dead Pixels

Beberapa tipe smartphone Xiaomi ada yang dilengkapi dengan layar Super Amoled. Layar jenis tersebut sering kali menimbulkan masalah seperti shadow atau dead pixel. Masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan aplikasi Fix Dead Pixels asalkan kerusakannya belum terlalu parah. Aplikasi ini juga mampu mendeteksi serta mencegah munculnya shadow dengan langkah cepat.

6. Menggunakan Multi Touch Test

Cara mengecek touchscreen Xiaomi yang terakhir yaitu dengan menggunakan aplikasi Multi Touch Test. Aplikasi ini fungsinya mengecek sensitivitas maupun kondisi layar sentuh, terutama pada smartphone yang menerapkan perintah dengan 2 jari atau lebih. Selain itu, pengguna juga dapat mendeteksi fitur multi touch yang bermasalah dengan mudah serta cepat.

Demikian penjelasan mengenai cara mengecek touchscreen Xiaomi baik baru maupun bekas. Pengguna dapat mencoba metode di atas berdasarkan tipe smartphone yang digunakan. Beberapa aplikasi untuk menguji touchscreen dapat diunduh serta diinstall melalui Google PlayStore secara gratis. Pastikan untuk mengikuti instruksinya dengan benar agar smartphone tidak bertambah rusak.

 

BACA JUGA :  Kenali Penyebab dan Cara Agar HP Tidak Ngelag Saat Digunakan