Cara Membersihkan Keyboard Laptop Paling Simpel dan Aman

By | September 4, 2021
cara membersihkan keyboard laptop

Membersihkan barang-barang elektronik di rumah memang sebuah keharusan, terutama yang dipakai sehari-hari seperti keyboard laptop. Apalagi selama bekerja dari rumah, penggunaan benda satu ini sangat penting bukan? Maka dari itu, pastikan menjaga kebersihan dengan mengetahui cara membersihkan keyboard laptop yang aman agar kualitasnya tetap terjaga.

Laptop menjadi alat penunjang segala pekerjaan, bahkan karena sering terpakai membuatnya disinyalir menjadi benda paling kotor jika dibandingkan dengan dudukan toilet loh. Mulai dari sisa makanan yang menempel dan jatuh ke keyboard, terkena tumpahan minuman dan hal lainnya.

Apabila berniatan melakukan pembersihan secara mandiri di rumah, maka ada beberapa langkah yang perlu disimak. Berikut inilah diantaranya, yaitu antara lain:

1. Matikan Laptop

Cara pertama perlu dilakukan adalah pastikan bahwa telah mematikan perangkat atau laptop yang akan dibersihkan. Hal ini penting dilakukan demi menghindari kerusakan yang tidak diinginkan pada saat proses pembersihan keyboard nantinya. Misalnya saja seperti korsleting ataupun permasalahan lainnya.

2. Posisikan Menghadap ke Bawah

Setelah menonaktifkan perangkat, cara membersihkan keyboard laptop yang aman berikutnya adalah dengan memposisikannya menghadap ke arah bawah. Hal ini dilakukan agar motherboard yang berada dibalik keyboard tidak terkena efeknya. Sehingga ada baiknya membersihkannya dengan kondisi keyboard yang menghadap ke bawah.

Posisi ini pun bisa dibilang sangat efektif untuk mengeluarkan kotoran pada area keyboard, terutama di sela-sela terdalam secara mudah. Barengi pula dengan cara menekan-nekan keyboard secara perlahan selama proses pembersihan berlangsung. Usahakan untuk tidak menekannya secara keras agar keyboard tidak mengalami kerusakan.

3. Gunakan Brush Pembersih

Apabila ingin membersihkannya secara mendetail, bisa pula menggunakan brush pembersih keyboard atau brush make up sekalipun. Brush memiliki bulu-bulu halus yang sangat efektif untuk menyapu semua debu yang menempel pada bagian dalam laptop. Sehingga kotoran dapat menghilang secara sempurna.

Lakukan berkali-kali hingga debu menghilang dari sela-sela keyboard laptop. Usahakan membersihkannya secara pelan agar debu pun tidak menyebar kemana-mana. Dijamin keyboard laptop jadi lebih bersih dan nampak seperti baru lagi.

4. Bersihkan Menggunakan Hair Dryer

Siapa sangka jika peralatan rumah tangga untuk mempercantik penampilan ini bisa bermanfaat dalam membersihkan debu-debu yang menempel pada area keyboard. Hal tersebut dikarenakan hembusan angin dapat meluruhkan segala kotoran yang tertinggal pada permukaannya. Namun pastikan melakukannya secara hati-hati agar debu tidak semakin masuk.

Cara membersihkan keyboard laptop dengan alat satu ini terbilang sangat efektif karena cukup praktis dan bahkan bisa menghindarkan laptop dari risiko kerusakan maupun korsleting. Pastikan bahwa kondisi laptop tidak dalam keadaan panas dan diistirahatkan selama seharian penuh agar suhu hair dryer tidak membuatnya rusak.

5. Gunakan Penyedot Debu Kecil

Apabila debu masih menempel pada keyboard laptop, pemilik bisa memanfaatkan penyedot debu kecil untuk mengangkat segala kotoran yang ada. Pasalnya, penyedot debu model ini tidak membutuhkan tekanan yang terlalu besar, sehingga tidak akan merusak kondisi laptop karena tertekan.

Untuk mendapatkan penyedot debu kecil, maka carilah di toko peralatan elektronik dan komputer. Pastikan memilih produk yang memang dikhususkan untuk keyboard. Biasanya, bentuk yang dimiliki cenderung kecil dan menyerupai vacuum cleaner. Sambungkan ke laptop menggunakan USB dan bersihkan keyboard secara telentang sesuai kenyamanan.

6. Bongkar Keyboard Laptop

Tidak hanya memanfaatkan penyedot debu kecil, pemilik laptop juga dapat membongkar keyboard secara langsung agar bisa dibersihkan secara mudah. Pastikan melepas kepingan huruf dan simbolnya agar proses pembersihan bisa sampai mendalam. Sehingga nantinya tidak akan merasa khawatir debu merusak kondisi mesin.

Namun dalam hal ini haruslah lebih berhati-hati dan teliti. Pastikan telah hafal peletakan kepingan keyboard sebelum memasangnya kembali di tempat semula. Apabila salah langkah, maka bisa menimbulkan permasalahan atau bahkan kerusakan pada keyboard loh.

Demikian ulasan mengenai bagaimana cara membersihkan keyboard laptop yang mudah dan juga aman. Apabila langkah tersebut terbilang belum berhasil, maka lakukan pembersihan dengan membongkar tombol keyboard laptop secara rutin dan berkala. Namun jika tidak merasa yakin, lebih baik membawanya ke tukang servis untuk menghindari kerusakan pada keyboard. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

BACA JUGA :  Cara Setting Mesin Absensi Fingerprint Solution Agar Terkoneksi Dengan Komputer