5 Aplikasi Kolase Foto Untuk PC yang Mudah Dioperasikan Bagi Pemula

By | September 3, 2021
Aktivitas editing seperti ini mudah dikerjakan dengan memanfaatkan aplikasi kolase foto untuk PC yang bisa dioperasikan secara gratis.

Sebelum mencetak foto, pengguna tentu perlu mengeditnya terlebih dahulu agar hasilnya jauh lebih menarik. Salah satunya dengan membuat kolase untuk menggabungkan banyak foto menjadi satu frame, sehingga dapat merangkum berbagai kenangan sekaligus. Aktivitas editing seperti ini mudah dikerjakan dengan memanfaatkan aplikasi kolase foto untuk PC yang bisa dioperasikan secara gratis.

Ada berbagai macam frame pada sebuah kolase, pengguna PC dapat memilih frame yang tersedia atau membuatnya manual. Banyak pilihan aplikasi yang tersedia kerap kali membuat seseorang bingung untuk memilihnya. Pengguna dapat memahami berbagai fitur yang tersedia sebagai bahan pertimbangan, seperti macam-macam aplikasi kolase yang dijelaskan berikut ini:

1. Paint

Hampir sebagian besar PC memiliki aplikasi bawaan Paint yang dapat digunakan dengan mudah. Selain sebagai aplikasi kolase foto untuk PC, Paint juga dibekali berbagai fitur editing lain yang mudah dioperasikan. Pilihan menu ditampilkan menggunakan bahasa Inggris, namun pengguna dapat dengan mudah memahaminya lewat ikon yang tersedia.

Paint juga seringkali digunakan untuk menempel hasil screenshot PC, yang kemudian hasilnya disimpan dalam format JPG atau PNG. Aplikasi ini sebetulnya lebih dikhususkan untuk memberikan pewarnaan pada sebuah gambar. Berbagai tools pada aplikasi Paint tersedia secara gratis untuk menghasilkan foto sesuai dengan kreativitas editor.

2. BeFunky

Masalah utama ketika mengedit foto untuk pertama kali biasanya karena ketidaktahuan cara untuk menggunakan fitur. Terutama bila menu yang ditampilkan dalam aplikasi cukup banyak. Akan tetapi, pada aplikasi BeFunky telah disertakan tutorial singkat yang akan sangat memudahkan. Terlebih bagi pengguna yang ingin lancar dalam membuat kolase foto yang unik.

Pilihan template yang tersedia sangat beragam, mulai dari gabungan dua buah foto hingga banyak foto dalam satu frame. Pengguna hanya perlu memilih foto yang ingin diedit, kemudian menentukan frame manakah yang paling cocok. Bila perlu ubahlah susunan foto agar sesuai dengan hasil akhir yang diharapkan. Terakhir simpan hasilnya agar dapat dicetak.

3. Canva

Pembaca tentu tidak akan merasa asing dengan aplikasi ini, sebab Canva juga memiliki versi editing untuk perangkat smartphone. Namun, penggunaan aplikasi kolase foto untuk PC tentunya dilengkapi dengan fitur lain yang lebih kompleks. Akan tetapi, pengguna akan tetap mudah dalam menggunakannya meski baru pertama kali mengedit foto.

Canva menawarkan versi gratis untuk melakukan editing ringan seperti kolase, penambahan tulisan, pembuatan poster, dan sebagainya. Pilihan template untuk kolase juga terbilang banyak dan menarik. Akan tetapi, pengguna dapat berlangganan pada versi berbayar apabila ingin memperoleh fitur yang lebih lengkap. Salah satunya agar memperoleh template yang lebih beragam.

4. Shape Collage

Pengguna Windows maupun Mac dapat menginstal Shape Collage untuk menggabungkan banyak foto sesuai frame yang tersedia. Bahkan kolase foto dengan frame yang acak justru akan membuat tampilan foto lebih terlihat estetik. Pengguna hanya perlu mengimpor seluruh foto yang ingin digabungkan, kemudian memilih salah satu frame.

Tunggu proses editing yang berlangsung secara otomatis, kemudian aplikasi akan menampilkan hasilnya. Bila belum merasa puas dengan hasil editing, pengguna dapat mencoba frame lain. Selain untuk membuat kolase, Shape Collage juga menjadi pilihan yang tepat untuk mengedit poster, walpaper, iklan, dan gambar sejenisnya.

5. Photoscape

Software ini dapat menjadi pilihan bagi PC yang memiliki ruang penyimpanan tidak terlalu besar, sebab ukuran berkasnya lebih ringan. Photoscape menjadi salah satu aplikasi kolase foto untuk PC yang sangat direkomendasikan. Selain dapat membuat kolase, aplikasi juga menyediakan berbagai fitur editing foto yang sifatnya ringan dan mudah.

Pengguna dapat memanfaatkan aplikasi Photoscape untuk melakukan editing berupa rotasi, pemberian bingkai, hingga menambahkan objek pada foto. Selain itu, aplikasi ini juga memudahkan bagi pengguna untuk melakukan convert file foto RAW menjadi JPG. Photoscape menyajikan menu berbahasa Indonesia, sehingga pengguna akan lebih cepat memahaminya ketika sedang mengedit.

Itulah rekomendasi 5 aplikasi kolase foto untuk PC yang dapat dipasang agar dapat menggabungkan foto sesuai frame yang diinginkan. Salah satu keunggulan menggunakan aplikasi di atas yaitu pengguna dapat menggunakan layanan yang terbilang lengkap tanpa perlu berlangganan. Hasil editing dapat langsung disimpan pada perangkat tanpa meninggalkan watermark yang menghalangi.

 

BACA JUGA :  Cara Membuat Gambar Bergerak dan Bersuara secara Praktis Terbaru 2021