Inilah Cara Memperbaiki Facebook yang Kena Spam Perlu Diketahui

By | September 2, 2021
cara memperbaiki facebook yang kena spam

Para pengguna Facebook memang menjadi populasi terbesar di media sosial saat ini. Namun dibalik itu semua, ada berbagai hal yang bisa dibilang kurang baik dilakukan oleh sesamanya. Salah satunya adalah dengan banyaknya spam yang beredar dan membuat kesal. Apalagi jika mendapatkannya secara terus menerus, maka bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Sehingga ada baiknya mengetahui bagaimana cara memperbaiki Facebook yang kena spam.

Untuk mengetahui informasi dan hal lainnya mengenai spam dan bagaimana cara memperbaikinya, maka simak ulasan berikut ini:

Mengenal Arti Spam di Facebook

Facebook menjadi media sosial yang paling fenomenal dan alternatif bagi seseorang yang ingin mencari banyak teman maupun memperbanyak relasi. Bahkan uniknya, kini pengguna pun mulai mempromosikan produknya di jejaring sosial satu ini. Namun meskipun memiliki banyak keunggulan, seringkali spam dari sesama pengguna cukup mengganggu.

Arti spam itu sendiri yaitu meliputi semua tindakan yang mengganggu, misalnya saja komentar iklan yang beruntun di lapak maupun postingan orang lain atau bahkan di grup. Kategorinya yaitu mulai dari spam postingan, tag foto, video, komentar maupun perpesanan. Tentu saja sangat menyebalkan bukan?

Bisa dibilang, Facebook memiliki kebijakan cukup baik dan tegas mengenai pengguna yang seringkali mengirimkan spam pada pengguna lainnya. Sehingga penanganan berupa memblokir, mengunci akun atau menonaktifkannya secara permanen bisa dilakukan dalam waktu cepat. Maka dari itu pastikan mengetahui informasi lain dan cara memperbaikinya agar aktivitas tidak terganggu.

Cara Memperbaiki Facebook yang Kena Spam

Tidak hanya mengetahui arti kata spam yang ada di Facebook, tentu saja perlu mengerti pula bagaimana cara memperbaikinya. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Lakukan Report

Langkah pertama sebagai cara memperbaiki Facebook yang kena spam adalah dengan melakukan report. Pastikan untuk melaporkan spam dengan mengklik pilihan tanda titik 3 di setiap kiriman maupun perpesanan pribadi yang ada di Facebook. Kemudian pilih ‘Laporkan/ Tandai sebagai Spam’ atau ‘Saya Tidak Suka Kiriman Ini’

Barulah setelah mengklik opsi tersebut, maka Facebook akan meminta informasi tambahan mengapa melaporkan spam. Misalnya saja seperti pembatalan pertemanan, berhenti mengikuti atau bahkan memblokir akun. Lalu akan berlanjut pada proses peninjauan berikutnya.

2. Pastikan Meninjau Akun

Pada langkah berikutnya, pastikan selalu meninjau akun. Misalnya saja mendeteksi dan juga menghapus spam yang ada di Facebook, memeriksa riwayat login yang mungkin terbilang mencurigakan. Apabila ada aktivitas yang mengarah ke hal tersebut, maka segera mengganti password agar akun tetap aman.

Selain itu, lakukan peninjauan pada postingan maupun like supaya terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan. Bila perlu unlike postingan, menghapus foto yang telah diupload atau memeriksa segala halaman atau grup jika merasa terganggu.

3. Memantau Tindakan Facebook

Tidak hanya meninjau akun Facebook yang dimiliki saja, pastikan pula memantau tindakan Facebook setelah dilakukan pelaporan spam. Misalnya apabila terjadi spam, apakah pihak Facebook menghapus postingan atau hanya memperingatkan pengguna mengenai spam yang diterima.

Jika benar, maka Facebook akan mengirimkan pesan mengenai penonaktifan akun dan memberitahukan apa yang telah dilakukan oleh pengguna. Apalagi jika dianggap spam, halaman Facebook pun akan segera dihapus dari tampilan semua orang dalam waktu cepat.

4. Mempelajari Aturan Selengkapnya

Hal terakhir sebagai cara memperbaiki Facebook yang kena spam adalah dengan memastikan telah mempelajari aturan selengkapnya. Misalnya saja apabila ada spam yang menyerang, maka dipastikan pengguna telah mengklik tautan berbahaya atau mengunduh file tidak aman. Selain itu, kemungkinan akun di hack untuk mengakses akun juga perlu diketahui pula.

Sehingga apabila mengerti apa alasan terkena spam, pengguna bisa mengetahui pula bagaimana cara mengamankan akun yang dimilikinya. Pusat bantuan laman Facebook pun bisa menjadi solusi terbaik dalam mengatasinya. Tentunya sangat mudah untuk memperbaikinya bukan?

Nah itulah bagaimana cara memperbaiki Facebook yang kena spam. Dijamin hampir semua orang yang mengalami terkena spam dapat mengatasinya sendiri menggunakan cara tersebut. Setidaknya hal ini dapat menjadi solusi dan agar terhindar dari para penyebar spam di media sosial. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

BACA JUGA :  Inilah Cara Merubah Format JPG ke PNG di Android Anti Gagal