Inilah Cara Memblokir Aplikasi di Playstore Wajib Tahu!

By | August 31, 2021
Cara Memblokir Aplikasi di Playstore

Bagi pengguna Android, tentunya tidak akan merasa asing dengan Google Playstore bukan? Aplikasi ini merupakan bawaan Google yang berisikan berbagai aplikasi untuk diinstal di perangkat Android. Mulai dari Facebook, Instagram, atau aplikasi lainnya dapat ditemukan secara mudah disini. Namun bagaimana apabila beberapa diantaranya dirasa kurang pantas? Pastinya pengguna perlu mengetahui  cara memblokir aplikasi di Playstore tersebut.

Beberapa aplikasi seringkali tidak pantas untuk anak-anak dan perlu dibatasi agar tidak menimbulkan permasalahan nantinya. Maka dari itu, kontrol dari orang tua untuk berbagai aplikasi atau game perlu diperhatikan lebih baik lagi.

Untuk itu, simak informasi lengkapnya mengenai cara memblokirnya supaya lebih aman digunakan oleh anak di bawah umur berikut ini.

1. Buka Google Playstore

Cara memblokir aplikasi di Playstore yang pertama yaitu pastikan membuka Google Playstore terlebih dahulu melalui perangkat Android. Setelah itu pilihlah titik tiga pada sisi bagian kiri atas. Hal ini berfungsi untuk membuka menu baru dan untuk melangkah pada step berikutnya.

2. Klik Setelan

Pilihlah menu baru atau pengaturan yang memunculkan berbagai fitur untuk perangkat Android di Google Playstore. Pada halaman tersebut, pastikan memilih Parental Controls atau fitur Kontrol Orang Tua. Dalam hal ini, terlihat menu yang dapat dipilih dan dimanfaatkan untuk memblokir aplikasi nantinya.

3. Manfaatkan Fitur Kontrol Orang Tua

Dalam fitur satu ini, pilihlah opsi ON dan buat PIN secara bebas. Jangan lupa pula untuk memasukkan PIN satu kali lagi untuk mengkonfirmasikannya. Barulah kemudian pilih Apps & Games atau Aplikasi & Game.

Namun perlu diingat bahwa fitur ini tidak tersedia pada setiap negara, sehingga apabila mengaktifkannya di Indonesia dan mengunjungi negara yang belum menyediakannya, maka fitur tidak bisa digunakan. Hal ini tentunya perlu diketahui oleh semua orang tua yang melakukan kontrol pengawasan pada anak melalui Google Playstore.

4. Pilih Rating Umur

Setelah itu, cara memblokir aplikasi di Playstore berikutnya adalah pastikan untuk memilih rating umur pada Google Playstore. Secara default atau jika tidak diubah, maka bisa dibilang aplikasi tersebut tidak ada batasan usia atau bisa digunakan semua usia aktif. Untuk mengubahnya, pilihlah rating usia yang diinginkan seperti 3+, 7+ hingga 18+ sesuai keinginan.

Keterangan rating aplikasi tersebut memang terbagi menjadi beberapa dan harus dipahami dengan betul. Misalnya seperti rating 3+ yang cocok untuk semua umur dan tidak ada konten kekerasan dan 7+ untuk aplikasi yang berisikan adegan atau suara menakutkan yang ringan.

Sedangkan pada rating 12+, maka karakter fantasi seringkali terdapat bahasa kasar ringan. Serta 16+ dan 18+ yang memang berisikan kekerasan grafis dan seksual yang tidak layak untuk anak-anak. Pilihlah sesuai keinginan maupun kebutuhan masing-masing. Apabila telah selesai memilihnya, maka tekan Save atau simpan.

5. Cek Ulang Aplikasi di Playstore

Hal terakhir yang perlu dilakukan sebagai cara memblokir aplikasi di Google Playstore adalah dengan mengecek ulang aplikasi yang ada di dalamnya. Apabila sudah mengalami perubahan rating dan memilihnya sesuai keinginan, maka akan terlihat beberapa aplikasi atau game yang telah terblokir. Sehingga nantinya lebih aman apabila digunakan oleh anak-anak di bawah umur.

Bahkan walaupun nantinya pengguna mengetik nama aplikasi pada kolom pencarian, maka dijamin aplikasi tersebut tidak akan muncul. Tentunya hal tersebut sudah disesuaikan dengan pengaturan rating usia yang ada pada fitur Kontrol Orang Tua.

Setidaknya dengan adanya fitur ini, maka orang tua bisa mengontrol aplikasi atau game apa yang layak digunakan oleh anak-anak. Pasalnya, semakin hari pengguna Android semakin banyak dan juga pintar dalam menggunakannya termasuk anak-anak di bawah umur sekalipun. Sehingga pembatasan ini sangat menguntungkan serta dapat menjauhkan anak dari hal buruk.

Demikian informasi mengenai cara memblokir aplikasi di Playstore yang bisa secara mudah dilakukan. Cara pengawasan maupun pembatasan seperti ini digunakan untuk melindungi anak-anak dari konten kurang pantas. Sehingga hal ini akan menghindarkannya dari berbagai penyalahgunaan aplikasi yang bahkan bisa menyebahkan masalah di kemudian hari.

Selamat Mencoba!

 

BACA JUGA :  Cara Memperbaiki Gambar yang Pecah di Photoshop Agar Kualitasnya Lebih Baik