Ketahui Cara Membuat Link Wa di Ig Menuju Chat Langsung Paling Simpel

By | August 30, 2021
cara membuat link wa di ig menuju chat langsung

Perkembangan teknologi yang semakin maju sangatlah memungkinkan seseorang untuk melakukan chat langsung dari link WhatsApp yang diberikan tanpa perlu menyimpan kontak. Hal ini biasa dilakukan oleh para pelaku bisnis online di Instagram untuk mempermudah proses transaksi. Tentunya perlu diketahui cara membuat link wa di IG menuju chat langsung agar tidak terjadi permasalahan.

Dengan adanya link untuk berkomunikasi satu ini, maka memberikan keuntungan pula dari sisi penjual. Jalinan komunikasi jadi lebih mudah dan pembuatannya pun sangat simpel. Untuk mengerti informasinya lebih lengkap, maka simak ulasan menariknya di bawah ini:

Alasan Mengapa Membuat Link Wa di IG Menuju Chat

Seorang penjual wajib mencantumkan link wa di ig menuju chat secara langsung. Beberapa alasannya adalah sebagai berikut, yaitu antara lain:

  • Memudahkan para calon pembeli: Tentunya alasan pertama adalah karena dapat memudahkan para calon pembeli yang akan membeli produk. Pembeli tidak perlu menyimpan nomor sebelum melakukan pemesanan atau transaksi pembelian.
  • Menjangkau target konsumen lebih luas: Tidak hanya memudahkan para calon pembeli, namun hal ini juga dapat meningkatkan brand awareness. Kemudahan inilah yang sekaligus menjangkau calon pembeli lebih luas.
  • Meningkatkan penjualan: Dengan berbagai kemudahan dan terjangkaunya konsumen lebih banyak, maka berefek positif pula pada penjualan. Dijamin peningkatan pada penjualan ini bisa menghasilkan keuntungan yang menjanjikan.

Bagaimana Cara Membuatnya?

Setelah mengetahui apa saja alasan membuat link wa di ig secara langsung menuju chat, maka hal berikutnya yang perlu dimengerti adalah bagaimana cara membuatnya. Berikut inilah caranya, yaitu:

1. Membuat WhatsApp Link Secara Manual

Untuk pembuatan link di WhatsApp secara manual, maka hanya perlu mengubahnya pada URL yang secara langsung menuju chat. Hal ini sangat memudahkan para calon pembeli yang ingin berkonsultasi mengenai produk atau bahkan membelinya.

Caranya sangat mudah yaitu ketikkan https://api.whatsapp.com/send?phone= dan tambahkan nomor telepon di belakangnya saja. Contoh hasil jadinya yaitu https://api.whatsapp.com/send?phone=6285678976501. Ketika mengkliknya, maka link tersebut secara langsung akan menuju jendela chat penjual atau nomor yang tertera pada link.

Namun pastikan selalu mengingat bahwa kode negara pada awal nomor telepon harus selalu diberikan. Misalnya saja untuk Indonesia, angka ‘0’ harus diganti dengan kode ‘62’ agar link bisa diakses dan tidak terjadi permasalahan nantinya. Kemudian, jangan lupa pula selalu menggabungkan nomor telepon WhatsApp tanpa tanda strip. Sangat mudah bukan?

2. Memanfaatkan WhatsApp Link Maker

Cara membuat link wa di IG menuju chat langsung bisa dilakukan dengan mengakses WhatsApp link maker seperti wa.wizard.id. Langkah-langkahnya cukup mudah, yaitu perlu membuka situsnya terlebih dahulu. Kemudian isikan nomor telepon di kolom yang tersedia dan isi pesan otomatis WhatsApp sesuai keinginan.

Apabila sudah diisi, maka cek pada bagian preview dan pastikan jika semuanya telah benar. Barulah klik Generate Link untuk mendapatkan link yang diinginkan. Pastikan menyalin link tersebut dan siap untuk diposting pada sosial media seperti Instagram. Melalui cara ini, calon pembeli jadi lebih mudah untuk melakukan pemesanan ataupun transaksi bisnis lainnya.

3. Menggunakan Link WhatsApp Menjadi Bitly

Langkah berikutnya sebagai cara membuat link wa di ig menuju chat langsung adalah mengubahnya menjadi Bitly. Dalam hal ini, link nomor telepon jadi lebih pendek dan menarik. Uniknya, pengguna bisa menggunakannya secara gratis tanpa membayar sepeserpun loh.

Apabila mengaksesnya melalui hp Android, maka pastikan menginstall aplikasi Bitly terlebih dahulu dari Google Play Store. Kemudian buka aplikasinya dan daftarkan akun. Klik tombol tambah untuk membuat link menuju WhatsApp dan tekan ‘Create’. Kini hasil URL pun bisa segera digunakan sesuai keperluan online shop, misalnya saja untuk diletakkan pada kolom di Instagram. Link tersebut pun akan secara otomatis beralih ke chat WhatsApp.

Nah, itulah ulasan tentang cara membuat link wa di ig menuju chat langsung. Hal ini sangat cocok digunakan oleh para seller online shop yang ingin menghubungkannya dengan calon pembeli. Sehingga interaksi bisnis jadi lebih lancar dan sekaligus meningkatkan penjualan. Selamat mencoba cara satu ini dan semoga bermanfaat!

 

BACA JUGA :  Intip 6 Cara Menyimpan Video Ig ke Galeri dengan Mudah Tanpa Aplikasi Dibawah ini!