Ketahui Cara Setting Router Lewat Hp Simpel

By | August 30, 2021
cara setting router lewat hp

Penggunaan WiFi ini memang sangat dibutuhkan mengingat sekolah maupun bekerja dilakukan via daring dari rumah. Tidak sedikit masyarakat yang memilih memakai WiFi karena jauh lebih hemat. Selain itu, cara setting router lewat hp juga simple apabila mengikuti petunjuk dengan tepat. Pengguna bahkan tidak perlu meminta bantuan ahli dan bisa melakukannya sendiri di rumah.

Pada umumnya mengatur router WiFi bisa diakses melalui komputer atau PC dengan bantuan profesional. Bagi yang tidak terlalu paham cara mengaturnya mungkin hal tersebut cukup sulit dilakukan. Oleh karena itu, setting router manual melalui ponsel bisa menjadi cara cepat dan mudah tanpa perlu bantuan dari para ahli.

Penasaran bagaimana langkah untuk mengaturnya? Berikut ini pembahasan lengkap cara setting router lewat hp yang wajib disimak oleh pemula.

Mengenal Apa Itu Router

Pada dasarnya router berfungsi sebagai penghubung antara dua jaringan atau lebih, sehingga beberapa device dapat tergabung menjadi satu network. Dengan begitu, router menjadi penyedia koneksi internet untuk berbagai jenis device yang berhasil terhubung. Tidak heran jika WiFi menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan layanan internet yang bisa terkoneksi dengan banyak perangkat.

Selain harganya yang terjangkau, router juga berfungsi sebagai booster serta memperkuat kondisi sinyal WiFi untuk berbagai kebutuhan seperti di kantor, rumah hingga kafe. Pengguna pun bisa memakainya sesuai kapasitas yang ditentukan secara maksimal. Apabila kelebihan kapasitas pengguna biasanya koneksi internet menjadi lambat.

Cara Setting Router Lewat Hp

Tidak hanya memakai PC atau laptop, pengguna dapat mengatur router di hp dengan menggunakan aplikasi khusus. Aplikasi tersebut telah dikembangkan serta disesuaikan agar pengguna bisa melakukan setting lebih mudah dan praktis. Berikut ini cara setting router lewat hp yang wajib diketahui, antara lain:

1. Pastikan Router Menyala

Memasang router WiFi untuk pribadi diketahui dapat memberikan akses internet yang lebih cepat, terjamin serta hemat. Pilih router sesuai dengan kebutuhan kemudian mintalah bantuan kepada petugas provider untuk memasangkannya. Pastikan untuk memasang router di tempat yang strategis serta tidak mengganggu agar koneksi internet lebih optimal.

Sebaiknya router diletakkan pada posisi tinggi mengingat jika ditaruh di lantai akan membuat WiFi lemot atau bahkan alat rusak. Letak router ini usahakan berdekatan dengan aliran listrik di rumah. Setelah proses pemasangan selesai, pengguna bisa langsung mengaktifkan router.

2. Menyambung Ponsel dengan WiFi

Apabila WiFi sudah terpasang, pengguna dapat menyambungkannya ke smartphone. Cara setting router lewat hp ini sebaiknya diterapkan pada kondisi baterai dan device yang masih bagus serta aman. Settings pada ponsel kemungkinan ada yang berbeda, sehingga pengguna perlu mengetahui tipe dan metodenya.

Bagi pengguna Android, buka menu Pengaturan lalu pilih opsi Internet atau Konektivitas. Selanjutnya, klik Hotspot dan Tethering serta pilih menu Portable Hotspot. Sedangkan pada iPhone, pengguna bisa langsung membuka Pengaturan dan tekan opsi Personal Hotspot. Pastikan jaringan yang dipilih berdasarkan router yang akan di setting.

3. Tentukan Nama Jaringan

Langkah selanjutnya yaitu mengatur nama jaringan untuk iOS dan Android. Pengguna Android dapat mengganti nama dengan mengklik menu Konfigurasi Hotspot. Setelah itu, tentukan nama jaringan yang akan digunakan.

Sebelum mengganti nama pada iOS, pastikan bahwa Bluetooth sedang tidak terkoneksi atau dimatikan. Lalu, atur nama jaringan pada WiFi sesuai dengan keinginan.

4. Login Melalui Browser

Cara mengatur router berikutnya yaitu dengan masuk melalui browser yang tersedia di ponsel. Pengguna bisa memakai browser seperti Google Chrome, Opera Mini maupun bawaan dari hp. Tuliskan Internet Protokol pada search bar untuk mengetahui nomor yang akan ditulis. Penggunaan bisa mengcopy paste nomor yang benar dan tepat agar bisa login.

5. Mengganti Username dan Kata Sandi

Jika sudah berhasil log in, pengguna bisa mengganti nama pengguna serta kata sandi lama. Langkah ini bertujuan supaya jaringan WiFi milik pribadi menjadi lebih aman. Usahakan memakai password serta username yang sudah ditentukan bersama-sama.

6. Mengubah Settings

Tidak hanya mengganti username serta password saja, pengguna juga dapat mengubah pengaturan lain melalui browser. Pengguna WiFi pun bisa dibatasi kapasitasnya supaya jaringan internet tidak lemot ketika dipakai. Caranya tekan menu Network lalu pilih Maximum Clients yang ditentukan.

Demikian ulasan tentang cara setting router lewat hp yang praktis serta cepat. Metode tersebut dapat dilakukan apabila ponsel telah tersambung pada jaringan WiFi yang sama. Pastikan untuk mengikuti caranya dengan benar agar tidak keliru.

 

BACA JUGA :  Cara Mengetahui Pengguna WiFi IndiHome Paling Mudah