Cara Memindahkan Saldo Google Play ke Pulsa dengan Mudah

By | August 29, 2021

Beberapa aplikasi Play Store memerlukan biaya khusus saat akan dipasang pada Android. Sehingga pengguna perlu menyiapkan saldo Google Play terlebih dahulu agar dapat mendownload aplikasi yang diinginkan. Adapun sisa saldo yang tidak digunakan dapat ditransfer menjadi pulsa. Tentunya pembaca perlu memahami cara memindahkan saldo Google Play ke pulsa melalui Android.

Secara teknis, mengisi saldo Google Play melalui pulsa dapat dilakukan dengan memanfaatkan platform ‚Äčlain seperti Codashop. Namun, aplikasi Google Play tidak menyediakan layanan untuk mentransfer saldo menjadi pulsa. Sehingga pengguna dapat mencairkan saldo terlebih dahulu, kemudian membeli pulsa dengan uang tersebut. Berikut panduan cara yang dapat diikuti dengan mudah:

1. Periksa Sisa Saldo yang Dimiliki

Umumnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh saldo Google Play. Pengguna dapat melakukan pengisian menggunakan pulsa atau melalui pembelian voucher. Selain dengan cara melakukan Top Up, pengguna smartphone juga kerap kali memperoleh tambahan saldo dari platform lain.

Saldo yang dimiliki ini dapat dimanfaatkan untuk membeli aplikasi yang terdapat pada Play Store. Sebelum memutuskan untuk mencairkan seluruh saldo yang tersedia pada akun Google Play, periksa sisa saldo terlebih dahulu menggunakan smartphone. Klik ikon profil pada bagian kanan atas dan pilih Pembayaran & Langganan, lalu Saldo Google Play.

2. Lakukan Penarikan Saldo

Hampir serupa dengan pengecekan saldo, cara memindahkan saldo Google Play ke pulsa dapat dilakukan dengan menarik dana ke rekening. Tentunya pengguna smartphone memerlukan akun rekening bank yang digunakan untuk menerima dana yang ditarik. Penarikan dana tersebut juga dapat dilakukan dengan menggunakan kartu debit.

Ajukan penarikan saldo dengan cara klik ikon foto profil yang terdapat pada bagian kanan atas. Pilih opsi Pembayaran & Langganan, sehingga terlihat nominal saldo yang tersedia. Klik satu kali pada Menu ‘Uangkan’ dan tunggu hingga aplikasi memproses permintaan tersebut. Lanjutkan dengan mengisi jumlah uang yang ingin ditransfer.

3. Pilih Metode Pengiriman Saldo

Tahapan cara memindahkan saldo Google Play ke pulsa melalui pencairan dana dapat dilanjutkan dengan memilih metode pengiriman uang. Pengguna smartphone dapat menarik uang ke akun rekening bank atau melalui kartu debit yang dimiliki. Tentunya kedua metode ini memiliki kecepatan pengiriman yang berbeda, sehingga patut dipertimbangkan terlebih dahulu.

Perbedaan antara kartu ATM dan kartu debit terletak pada lamanya waktu yang dibutuhkan agar uang segera diterima. Bila menggunakan ATM, permohonan akan diproses dalam jangka waktu 24 jam hingga maksimal 4 hari kerja. Sedangkan bila menggunakan kartu debit, saldo akan masuk ke akun hanya hitungan menit saja.

Tentunya pertimbangan tersebut patut disesuaikan dengan kebutuhan yang ada saat ini. Bila dana yang diperlukan mendesak, silahkan memilih transfer ke kartu debit. Sebaliknya, pengguna dapat menarik saldo ke rekening apabila kepentingan tidak terlalu mendadak. Setelah memilih metode yang paling sesuai, akhiri dengan klik Transfer.

4. Tunggu Hingga Saldo Masuk Pada Rekening

Penerapan cara memindahkan saldo Google Play ke pulsa dengan cara mencairkan dana terlebih dahulu memang dapat diterapkan dengan mudah. Akan tetapi, pengguna perlu bersabar sejenak untuk menunggu hingga dana ditransfer ke rekening bank. Sebab, proses ini akan memerlukan waktu hingga maksimal 4 hari kerja untuk mentransfer saldo yang dimiliki.

Apabila tidak terjadi hambatan apa pun, maka dana dapat masuk ke rekening lebih cepat dari waktu yang ditentukan. Untuk itulah, sebaiknya pengguna terhubung dengan layanan mBanking agar dapat memperoleh notifikasi bila saldo telah masuk. Sehingga, pengguna tidak perlu repot-repot menuju mesin ATM untuk memeriksanya.

5. Gunakan Saldo yang Telah Ditarik Untuk Membeli Pulsa

Setelah saldo Google Play berhasil dikirim pada rekening bank, silahkan gunakan uang tersebut untuk membeli pulsa. Sebaliknya, bila pengguna memerlukan saldo Google Play untuk membeli aplikasi di kemudian hari. Lakukan Top Up dengan menggunakan pulsa, transfer bank, maupun dengan cara membeli voucher yang tersedia pada tiap online marketplace.

Itulah penjelasan tentang cara memindahkan saldo Google Play ke pulsa dengan tahapan mencairkan dana terlebih dahulu. Bukan hanya sekedar untuk membeli pulsa, uang yang ditarik dari saldo Google Play dapat digunakan untuk keperluan yang lain. Pengguna dapat memanfaatkan platform tertentu agar dapat menambah saldo Google Play yang dimiliki secara gratis.

 

BACA JUGA :  Ini 6 Cara Merekam Video Call Whatsapp dengan Suara di Android dan Ios