Cara Memperbaiki Gambar yang Pecah di Photoshop Agar Kualitasnya Lebih Baik

By | August 29, 2021
Cara Memperbaiki Gambar yang Pecah

Berbagi gambar melalui aplikasi chatting memang mudah untuk dilakukan, akan tetapi seringkali membuat kualitas gambar justru menurun. Sehingga hasilnya justru terlihat pecah ketika dibuka dan kurang bagus untuk diposting ke media sosial. Pengguna laptop dapat meningkatkan kualitas foto tersebut dengan menerapkan cara memperbaiki gambar yang pecah di Photoshop.

Secara garis besar, pengguna dapat memperbaiki kualitas gambar dengan cara meningkatkan ketajaman serta memperbaiki warnanya. Selain itu, pengaturan ukuran foto juga akan sangat berpengaruh pada tingkat fokus yang dihasilkan. Bila mengalami masalah gambar yang pecah seperti ini, berikut panduan cara editing foto melalui Photoshop yang dapat dipraktekkan:

1. Sesuaikan Ukuran Gambar

Cara paling sederhana dalam melakukan editing pada gambar yang pecah dapat dilakukan dengan mengatur ukurannya terlebih dahulu. Sebab, hal ini erat kaitannya dengan kerapatan pixel yang ada pada suatu gambar. Semakin rapat pixel yang diterapkan, maka akan semakin jelas detail pada tiap objek dan begitu pun sebaliknya.

Adapun cara memperbaiki gambar yang pecah di Photoshop melalui pengaturan ukuran dapat dilakukan dengan mudah. Impor gambar yang akan diedit, lalu klik menu Image dan pilih Image Size. Biarkan ikon rantai tetap aktif agar kualitas gambar tidak menurun. Kemudian ubahlah menjadi ukuran yang lebih rendah dari gambar aslinya.

2. Pudarkan Gambar yang Gelap Menggunakan Fitur Shadows

Terkadang perbandingan cahaya pada gambar kurang begitu seimbang, sehingga gambar tampak terlalu gelap atau sebaliknya. Hal ini pula yang membuat gambar terlihat pecah dan detailnya kurang fokus. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan cara memperbaiki gambar yang pecah di Photoshop memanfaatkan fitur Shadows.

Teknik editing dilakukan dengan cara klik menu Image, kemudian pilih Adjustments. Lanjutkan dengan memilih opsi Shadows/Highlights untuk mengatur efek gelap dan terang pada gambar. Buatlah patokan seperti apa tingkat kecerahan yang diinginkan. Tingkatkan level Highlight untuk gambar yang terlalu cerah, dan turunkan Shadows agar gambar tidak terlalu gelap.

3. Kurangi Efek Buram Menggunakan Fitur Sharpen

Tingkat ketajaman gambar juga sangat berpengaruh pada kejelasan sebuah objek, sehingga membuatnya terlihat buram. Untuk itu, perlu dilakukan editing guna mengurangi efek buram tersebut. Pada Photoshop, fitur yang dapat digunakan yaitu Sharpen. Pengguna dapat menemukannya dengan cara klik menu Filter pada bagian atas.

Silahkan atur ketajaman dengan memilih opsi Smart Sharpen agar dapat memilah objek mana saja yang perlu dipertajam. Akan tetapi, lakukan proses mengedit ini dengan hati-hati. Sebab, apabila detailnya terlalu tajam justru akan membuat gambar kurang begitu bagus. Oleh sebab itu, pengguna dapat mengurangi ketajaman dengan memilih opsi Reduce Noise.

4. Aturlah Kontras Untuk Memperbaiki Gambar

Kombinasi warna hitam dan putih yang baik mampu membuat detail sebuah gambar terlihat lebih jelas. Hal ini erat kaitannya dengan pengaturan kontras yang patut dipertimbangkan dengan baik. Gambar yang pecah secara umum tidak mampu menampilkan sisi terang dan gelap yang sempurna, sehingga kurang terlihat menarik ketika diperhatikan.

Pengaturan kontras ini dapat dilakukan dengan memilih menu Image, dilanjutkan dengan klik opsi Adjustments. Temukan fitur Brightness/Contrast yang terdapat didalamnya. Setidaknya tingkatkan kontras menjadi 10-15 poin agar hasil gambar terlihat lebih detail dan bagus. Lihat perubahan tersebut pada bagian Preview untuk membandingkan perbedaannya.

5. Tingkatkan Ketajaman Gambar Dengan Fitur Saturation

Sebagian gambar yang diambil menggunakan kamera berkualitas rendah justru menghasilkan saturasi warna yang kurang menonjol. Sehingga gambar pemandangan yang sempurna justru akan terlihat biasa saja tanpa perpaduan warna yang pas. Tetapi masalah seperti ini dapat diatasi dengan menggunakan fitur Saturation yang terdapat pada Photoshop.

Salah satu cara memperbaiki gambar yang pecah di Photoshop dapat dilakukan dengan meningkatkan saturasi. Silahkan klik menu Image, pilih Adjustments dan opsi Hue/Saturation. Sebaiknya tingkatkan saturasi sedikit demi sedikit untuk menyesuaikan gambar. Pastikan saturasinya pas dan tidak terlalu berlebihan pada gambar yang sedang diperbaiki kualitasnya.

Demikianlah penjelasan tentang cara memperbaiki gambar yang pecah di Photoshop agar memperoleh hasil akhir yang lebih menarik. Setelah tahapan editing selesai, jangan lupa untuk menyimpan hasil tersebut pada perangkat laptop atau komputer. Klik bagian File kemudian pilih Save As, lalu ketiklah nama berkas baru yang diinginkan.

 

BACA JUGA :  5 Aplikasi Seperti Gogo Live yang Patut Dicoba Untuk Mengurangi Stres