5 Cara Cek HDD Laptop Untuk Menghindari Terjadinya Kerusakan

By | August 26, 2021
cara cek hdd laptop

Hard Disk Drive atau yang lebih mudah disingkat menjadi HDD merupakan salah satu perangkat yang penting pada komputer atau laptop. Sebab, perangkat ini berfungsi sebagai media penyimpanan untuk seluruh data yang ada pada laptop. Sehingga penting untuk memahami cara cek HDD laptop agar dapat menghindari terjadi kerusakan pada perangkat.

Setiap HDD pada dasarnya memiliki kapasitas yang berbeda-beda, kerusakan kecil yang tidak terduga dapat berakibat fatal. Salah satunya kehilangan data-data penting yang seharusnya tersimpan pada laptop. Segala upaya dapat diterapkan dalam rangka mendeteksi adanya kerusakan sedini mungkin. Sebagai tambahan referensi, berikut penjelasan cara cek HDD laptop untuk dipahami:

1. Lakukan Defrag Pada Laptop dengan Windows 10

Pembaca tentu pernah mendapati laptop yang terasa lemot, terutama saat akan menjalankan sebuah perintah. Sehingga memerlukan waktu yang cukup lama agar laptop dapat merespon. Masalah ini kemungkinan berasal dari kondisi HDD yang mengalami kerusakan. Sehingga perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala untuk mengetahuinya.

Pada Windows 10, cara cek HDD laptop dapat dilaksanakan dengan melakukan Defrag. Silahkan klik bagian Start Windows, kemudian pilih fitur Defrag yang ditemukan. Guna memindai perangkat penyimpanan, klik bagian opsi Defragment and Optimize Drives. Lanjutkan dengan memilih HDD yang akan diperiksa, kemudian klik Analyse untuk melakukan pemeriksaan.

Tunggulah beberapa saat agar laptop menampilkan hasil pemindaian, apabila terjadi masalah kerusakan pilihlah opsi Optimal. Cara cek HDD laptop seperti ini sangat efektif untuk memeriksa semua disk yang ada di laptop, termasuk SSD yang dimiliki. Tentunya hal ini dapat dilakukan pada laptop yang memiliki Windows 10.

2. Menggunakan Bantuan Software

Selain mencari cara pemindaian kesehatan perangkat laptop, pengguna juga dapat memanfaatkan software lain. Saat ini ada banyak jenis software yang dapat digunakan untuk laptop, mulai dari yang berbayar maupun gratis. Dengan demikian, pengguna dapat memantau keadaan hard disk yang dimiliki. Mulai dari pemeriksaan suhu, jenis, status, serta fitur lain.

3. Lakukan Pembaruan Pada Driver Disk

Bukan hanya software lain saja, akan tetapi pembaruan juga diperlukan pada driver disk. Tujuannya tentu supaya kinerjanya tetap baik, sehingga terhindar dari berbagai ancaman kerusakan. Termasuk masalah bug yang cukup mengganggu. Driver disk versi terbaru diperuntukkan agar HDD dapat berjalan optimal sejalan dengan perangkat lunak yang terdapat pada laptop.

Cara mengupdate software driver disk dapat dilakukan dengan klik Start Windows, lalu pilih Device Manager. Lanjutkan dengan memilih opsi Disk Drives, lakukan klik kanan satu kali dan pilih opsi Update Driver Software. Silahkan tunggu beberapa saat dan pastikan koneksi internet tetap berjalan stabil selama proses mengupdate software terbaru.

4. Periksa Kondisi HDD Menggunakan WMIC

Adanya perintah WMIC pada laptop dapat dimanfaatkan untuk memeriksa kondisi perangkat HDD, terutama mendeteksi terjadinya kerusakan. Caranya pun sangat mudah, silahkan tekan Window + R, lalu tunggu laptop menampilkan kotak dialog. Pilih opsi CMD dan akhiri dengan klik OK. Pada bagian CMD inilah pengguna dapat menjalankan perintah WMIC.

Silahkan tulis ‘diskdrive get status’ dan tekan enter agar laptop memproses perintah tersebut. Tidak lama kemudian status kesehatan dari HDD akan muncul pada layar. Informasi yang diperoleh tentunya dapat dijadikan pertimbangan, salah satunya berguna dalam mencari solusi apabila ditemukan sebuah kerusakan pada HDD yang terdapat di laptop.

5. Periksa Kondisi HDD Menggunakan Windows CHKDSK Tool

Pada laptop terdapat fitur Windows CHKDSK Tool yang akan membantu para penggunanya dalam memeriksa kesehatan HDD. Cara cek HDD laptop dapat dilakukan dengan membuka Windows Explorer, tampilkan Properties dengan cara klik kanan pada disk. Pengguna akan diarahkan pada kotak identitas hard disk yang terdapat dalam laptop.

Pada menu Tools, pilih opsi Check Now dan tunggu sampai laptop menawarkan 2 pilihan pemindaian. Untuk mendeteksi terjadinya kerusakan serta pemindaian apabila HDD sedang tidak normal, berilah centang pada kedua opsi tersebut. Klik Start untuk memulai pemeriksaan, proses ini akan memerlukan waktu beberapa menit. Pengguna dapat menunggu hingga hasil pemindaian muncul.

Demikianlah penjelasan tentang cara cek HDD laptop yang dapat dilakukan untuk mengetahui performa penyimpanan. Pastikan untuk merawat laptop sebaik mungkin, agar seluruh perangkatnya terhindar dari kerusakan. Hindari kebiasaan buruk seperti menindih laptop dengan benda keras, menutupnya ketika layar masih menyala, serta membongkar laptop tanpa pengetahuan dasar yang mumpuni.

 

BACA JUGA :  Panduan Cara Hapus Database yang Sudah Tidak Perlukan Lagi Pada Komputer