Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Word Untuk Melengkapi Berkas

By | August 26, 2021
cara membuat tanda tangan digital

Tanda tangan menjadi sesuatu hal yang penting dalam menyetujui sebuah perjanjian, terutama yang berkaitan dengan beberapa pihak. Terlebih ada banyak berkas online yang perlu ditambahkan tanda tangan sebelum diajukan, contohnya surat lamaran kerja. Dengan demikian, pemahaman mengenai cara membuat tanda tangan digital di Word sangat diperlukan agar lebih praktis.

Umumnya tanda tangan dibubuhkan pada secarik kertas, tetapi untuk pengiriman berkas secara online tentu memerlukan cara yang lebih mudah. Sehingga, pembaca dapat membuat tanda tangan digital yang dapat dipakai untuk segala keperluan. Adapun proses pembuatannya dapat dilakukan pada layanan Microsoft Word dengan menerapkan panduan langkahnya berikut ini:

1. Buatlah Tanda Tangan Pada Secarik Kertas

Cara membuat tanda tangan digital di Word dapat dimulai dengan membuatnya secara manual terlebih dahulu. Buatlah tanda tangan menggunakan tinta hitam yang dibubuhkan pada selembar kertas polos. Sebaiknya gunakan kertas berwarna putih agar mudah untuk menghilangkan background saat mengeditnya di Word. Fotolah hasil tanda tangan tersebut, kemudian simpan pada perangkat laptop.

Apabila kesulitan untuk membuatnya secara manual, pengguna juga dapat memanfaatkan aplikasi Sign Doc. Instal aplikasi tersebut pada perangkat smartphone dan mulailah membuat tanda tangan. Gunakan fitur Draw Signature untuk membuat tanda tangan dengan background putih menggunakan ponsel. Simpan dan kirimkan hasilnya pada perangkat laptop untuk ditambahkan pada dokumen.

2. Impor Tanda Tangan Pada Ms Word

Pengguna perlu mengimpor tanda tangan dengan background putih tersebut pada lembar kerja Microsoft Word. Gunakanlah laptop maupun smartphone yang memiliki aplikasi tersebut. Akan tetapi, lebih direkomendasikan bila memanfaatkan laptop atau PC supaya lebih mudah dalam mengeditnya.

Apabila menggunakan laptop, silahkan klik menu Insert dan pilih opsi Pictures. Carilah file berisi tanda tangan yang telah difoto sebelumnya. Untuk mengimpor file, klik pada bagian Insert dan tunggu beberapa saat. Sesuaikan ukuran tanda tangan yang diinginkan terlebih dahulu, perhatikan pula bagian rotasi agar dapat terlihat dengan jelas.

3. Hilangkan Background Selain Tanda Tangan

Cara membuat tanda tangan digital di Word dapat dilakukan dengan menghilangkan background yang ada dan menggantikannya dengan latar belakang transparan. Sebenarnya, background berwarna putih ini tidak akan bermasalah ketika digunakan pada dokumen berwarna putih juga. Akan tetapi, untuk dokumen berwarna lain justru akan terlihat kurang menyatu.

Adapun cara membuat latar belakang transparan dapat dilakukan dengan cara klik satu kali file foto pada lembar kerja Word. Pilih menu Color yang terletak pada bagian paling atas, dilanjutkan dengan memilih opsi Black and White. Secara otomatis, background akan berubah menjadi transparan. Dengan demikian, tanda tangan akan lebih terlihat menonjol.

4. Simpan Hasil Tanda Tangan

Seringkali ada berbagai dokumen yang memerlukan tanda tangan sebelum dikirimkan online melalui e-mail. Untuk itu, pengguna dapat menyimpan hasil editting tanda tangan yang telah dibuat agar dapat digunakan di waktu mendatang. Caranya cukup klik satu kanan pada foto, kemudian pilih Save as. Tuliskan nama file tersebut dan simpan pada perangkat laptop.

5. Sisipkan Tanda Tangan Pada Dokumen

Setelah menerapkan cara membuat tanda tangan digital di Word, pengguna dapat mulai menyisipkan file tersebut pada dokumen. Bukalah file dokumen yang akan diberikan tanda tangan menggunakan Ms Word. Tempatkan kursor pada bagian yang akan dibubuhkan tanda tangan, lanjutkan dengan klik Insert dan pilih Pictures.

Silahkan mengimpor berkas berisi tanda tangan yang telah diedit pada waktu sebelumnya, kemudian pilih Insert. Setelah tanda tangan digital berada pada dokumen, aturlah ukuran tersebut sesuai kebutuhan. Umumnya, bila langsung mengecilkan foto tanda tangan maka hasilnya justru terlihat gepeng. Untuk menghindari hal tersebut, aturlah ukuran tanda tangan dengan menahan tombol Shift.

Perlu diperhatikan, pada beberapa kondisi file tanda tangan dapat menutupi bagian tulisan yang ada pada dokumen. Sehingga sebagian berkas justru tidak dapat terbaca dengan jelas. Untuk mengatasinya, silahkan klik kanan pada file foto kemudian pilih fitur Wrap Text. Temukan opsi Behind Text agar latar belakang tanda tangan tidak menutupi tulisan.

Demikianlah penjelasan mengenai cara membuat tanda tangan digital di Word untuk melengkapi berkas-berkas yang akan dikirimkan secara online. Pastikan melengkapi dokumen dengan tanda tangan yang sesuai KTP. Sebab, tanda tangan merupakan salah satu bagian dari pengenalan identitas seseorang dan sifatnya sangat resmi dalam sebuah dokumen.

 

BACA JUGA :  Cara Membuka Microsoft Office yang Terkunci di Windows 10 Paling Simple