Wajib Tahu! Inilah Cara Menggunakan Printer Bluetooth Eppos

By | August 25, 2021
Cara Menggunakan Printer Bluetooth Eppos

Sebagai seorang seller toko online ataupun offline, tentunya penggunaan printer Bluetooth menjadi salah satu part terpenting. Hal ini dikarenakan kehandalannya yang terbukti cukup baik dan berkualitas untuk mencetak berbagai struk belanja maupun pembayaran toko. Namun tidak semua orang mengetahui bagaimana cara menggunakan printer Bluetooth Eppos satu ini.

Perangkat ini memang memberikan banyak manfaat dan mempermudah proses transaksi jual beli. Untuk mendapatkan informasi mengenai cara penggunaannya, maka simak ulasan berikut ini:

Mengenal Printer Bluetooth Eppos

Sebelum mengetahui bagaimana cara menggunakan printer Bluetooth Eppos, maka perlu mengenali pula perangkat satu ini. Printer ini merupakan jenis thermal yang biasa digunakan untuk mencetak struk order maupun struk kasir pada berbagai tempat seperti toko, restoran, hingga toko online. Kualitasnya juga terbukti bagus dan praktis, bahkan pengguna bisa mendapatkan harga terbaik apabila cermat dalam memilihnya.

Beberapa fitur andalannya yaitu bisa digunakan kapan pun namun harus dicolokkan ke sumber listrik menggunakan cable power yang melengkapinya. Kemudian, metode thermal yang ada dapat memudahkan penulisan pada bagian kertas dengan tulisan hitam pekatnya. Jenis kertas yang cocok untuk alat satu ini yaitu berukuran standar seperti 58×30, 58×42 dan lain sebagainya.

Untuk mengkoneksikannya, maka hanya perlu mengandalkan Bluetooth saja dan struk pembayaran pun akan tercetak secara otomatis. Beberapa aplikasi yang sering digunakan yaitu seperti Nuna Cashier, MokaPos, PayTren, PPOB BRI dan lain sebagainya. Tentunya hal ini sangat mudah dilakukan, praktis dan juga ekonomis, bukan?

Cara Menggunakan Printer Bluetooth Eppos

Sebelum memilih merek printer Bluetooth yang cocok sesuai kebutuhan, maka pastikan mengetahui bagaimana cara menggunakan printer Bluetooth Eppos terlebih dahulu. Berikut inilah langkah-langkahnya, yaitu:

1. Mengisi Daya Printer Bluetooth

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyambungkan printer Bluetooth ke kabel charging. Lakukan pengisian ulang daya hingga terlihat tanda kilat berwarna merah pada alat satu ini. Apabila warna tidak muncul, maka pastikan bahwa kabel telah tercolok atau terkoneksi dengan baik atau tidak.

2. Menghidupkan Printer Bluetooth

Setelah dilakukan pengisian daya ulang, langkah selanjutnya adalah hidupkan printer Bluetooth. Tekan pada tombol power dan pastikan bahwa lampu hijau terlihat. Apabila tidak muncul, maka kemungkinan besar baterai printer habis atau kosong. Sehingga perlu diisi ulang dengan cara mengecasnya.

3. Menghubungkan Printer via Bluetooth

Untuk dapat mengkoneksikan printer Bluetooth, maka ada beberapa langkah yang perlu diikuti. Pertama, pastikan membuka pengaturan Bluetooth pada telepon. Carilah printer Bluetooth yang tepat dan hubungkan. Apabila ada perintah memasukkan pin, maka ketikkan pin yang sesuai. Dengan begitu, printer pun sudah bisa terhubung ke ponsel.

4. Mencetak Laporan

Setelah itu, saatnya untuk mencetak laporan seperti halnya struk belanja, orderan ataupun pembayaran barang. Hal ini berfungsi sebagai tanda terima yang harus ada di setiap transaksi penjualan barang. Caranya yaitu klik pada opsi cetak, serta buka laporan yang ingin dicetak menggunakan printer thermal satu ini.

Jangan lupa mengklik tombol share pada printer agar bisa membagikan laporan yang akan dicerak. Pilihlah “Cetak melalui Printer Bluetooth” dan kemudian akan ditampilkan perangkat yang terkoneksi. Pastikan memilih perangkat yang tepat dan printer akan mulai mencetak struk secara otomatis.

5. Mengisi Ulang Kertas Printer

Langkah terakhir yaitu usahakan selalu mengisi ulang kertas printer secara rutin. Hal ini dilakukan agar kertas tidak kehabisan pada saat pencetakan tiap orderan. Caranya yaitu dengan membuka lipatan kecil pada bagian atas printer, dimana tutup ini akan membuka kompartemen kertas secara mudah.

Kemudian keluarkan gulungan kertas kosong sebelum dimasukkan yang baru. Pastikan bahwa kertas tersebut dimasukkan dalam keadaan menghadap ke bawah dan sisi kertas yang bertulisan menghadap sisi atas. Setelah itu, barulah tutup bagian kompartemennya dengan baik.

Untuk memastikan bahwa pengisian ulang kertas sudah benar dan berfungsi baik, maka hidupkan printer dan gunakan tombol panah yang ada untuk mencetak kertas secara perlahan. Apabila hasilnya sesuai dengan keinginan, maka printer Bluetooth Eppos dengan isian gulungan kertas baru siap untuk digunakan.

Demikian informasi bagaimana cara menggunakan printer Bluetooth Eppos paling mudah yang bisa dilakukan. Pastikan memilih alat pencetak struk yang tepat dan sesuai kebutuhan, sehingga nantinya transaksi jual beli jadi lebih mudah dan terlihat profesional. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

BACA JUGA :  Inilah Beragam Cara Menghapus Akun Google Mail di Android Terbaru