Intip Cara Memindahkan Kontak ke Akun Google Paling Simpel

By | August 25, 2021
Cara Memindahkan Kontak ke Akun Google

Apabila kehilangan smartphone, maka hal yang paling dipermasalahkan adalah mengenai kontak telepon. Hilangnya kontak yang selama ini disimpan membuat komunikasi jadi terhambat, maka dari itulah sering melakukan back up sangatlah disarankan. Salah satunya adalah dengan mengekspornya ke tempat lain. Lantas bagaimana cara memindahkan kontak ke akun Google yang mudah?

Google telah menyediakan fitur backup atau melakukan pencadangan pada kontak yang disimpan. Sehingga kontak dapat tersimpan dan di back up secara otomatis dan berkala. Jadi, setiap pengguna pun bisa lebih tenang apabila smartphone hilang ataupun rusak. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, maka simak ulasan di bawah ini:

Apakah Menyimpan Kontak di Akun Google Aman?

Dengan zaman yang semakin maju, kini menyimpan kontak tidak hanya dilakukan melalui kartu SIM saja. Pasalnya, akun Google dinilai lebih aman karena bisa terupdate dan melakukan back up secara otomatis. Maka apabila terjadi kehilangan ponsel maupun terdapat kerusakan, kontak bisa diakses melalui akun Google.

Bahkan sistemnya cukup menarik karena dapat menyimpan 3 nomor untuk setiap kontaknya. Hal ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan penyimpanan di kartu SIM bukan? Sehingga poin ini sangat menguntungkan bagi pengguna yang harus menyimpan beberapa nomor telepon dalam satu nama.

Selain itu, penyimpanan di akun Google juga menawarkan fitur menarik berupa memudahkan pengguna agar terhubung langsung dengan kontak dari beragam aplikasi Google seperti Gmail. Komunikasi pun jadi lebih mudah dan dilakukan dimana saja.

Cara Memindahkan Kontak ke Akun Google

Setelah mengetahui apakah penyimpanan kontak di akun Google terbilang aman, maka hal berikutnya yang perlu dimengerti adalah mengenai cara memindahkannya. Berikut ini adalah langkah tepat yang perlu diperhatikan, yaitu antara lain:

1. Memindahkan Kontak dari Kartu SIM ke Akun Google

Cara pertama yaitu memindahkan kontak dari kartu SIM ke akun Google yang dimiliki dengan cara mengimpornya. Langkah yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi kontak terlebih dahulu, serta pastikan bahwa penyimpanan nomor telepon memang sudah berada di kartu SIM.

Kemudian barulah buka pada menu setelan dan klik ikon garis tiga atau titik tiga pada sebelah kiri layar. Tekan ikon dan akan terbuka menu setelan sesuai keinginan. Setelah itu, pilihlah opsi impor kontak untuk memindahkannya dari kartu SIM ke akun Google.

Pilih akun Google dan kartu SIM yang tepat sesuai penyimpanan kontak, barulah proses pemindahan terlaksana dengan baik. Tunggu beberapa saat hingga kontak berhasil dipindahkan ke akun Google yang dimiliki pengguna. Sangat mudah bukan?

2. Lakukan Penyimpanan Internal ke Akun Google

Selain memindahkannya dari kartu SIM, seringkali pengguna menyimpannya di penyimpanan internal. Tentunya hal ini cukup riskan dan berisiko hilang apabila ponsel mengalami kerusakan. Cara mengatasinya adalah dengan memindahkannya ke akun Google yang telah didaftarkan. Dijamin kontak berisikan nomor telepon sangat aman dan dapat di back up secara otomatis.

Langkah yang harus dilakukan adalah dengan mengimpor kontak dari penyimpanan internal ke akun Google. Caranya sangat mudah dan mirip seperti langkah pemindahan kontak dari kartu SIM. Namun hanya saja pada langkah terakhir yang harus dipilih bukanlah kartu SIM, melainkan penyimpanan internal atau storage.

3. Pindah Kontak dari File VCF ke Akun Google

Sama halnya seperti beberapa langkah di atas, cara memindahkan kontak ke akun Google dari file VCF ini cukup sama dan hanya berbeda pada langkah terakhir saja. Pastikan memilih opsi impor dari file VCF, bukan kartu SIM ataupun penyimpanan internal.

Namun apabila tidak berhasil, maka pastikan telah memilih kontak dan pilih opsi bagikan. Biasanya hal ini akan berbeda di tiap ponsel dan harus dicermati dengan baik. Setelah mengklik opsi bagikan sebagai VCF, maka langkah berikutnya yaitu pilihlah simpan di akun Google. Cukup mudah dan cepat, bukan?

Nah itulah sedikit ulasan mengenai bagaimana cara memindahkan kontak ke akun Google yang mudah dan dapat diikuti oleh semua orang. Namun pastikan telah mendaftarkan akun dan pilih mana yang akan digunakan untuk memindahkan kontak tersebut. 

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

 

BACA JUGA :  Cara Mengunci Aplikasi HP Oppo Agar Tidak Mudah Dibuka Orang Lain