Cara Membuat Polaroid Untuk Dijual Cuma Modal Android

By | August 24, 2021
cara membuat polaroid untuk dijual

Trend foto selalu mengalami perubahan dari tahun ke tahun, salah satunya polaroid yang estetik sebagai hiasan kamar. Keistimewaan foto ukuran mini inilah yang membuat banyak orang mulai berbisnis dalam menjual foto polaroid melalui online marketplace. Bila tertarik, pembaca perlu mempelajari cara membuat polaroid untuk dijual dengan memanfaatkan Android supaya praktis.

Bagi pembaca yang belum mengetahui, polaroid merupakan foto berukuran mini dengan garis tepi. Model foto ini menyerupai kamera instan atau kamera dengan hasil langsung jadi. Tetapi, siapa pun dapat berkreasi dalam membuat polaroid dengan memanfaatkan Android yang dimiliki. Apabila tertarik untuk memulai bisnis tersebut, berikut cara pembuatannya:

1. Ambil Foto yang Menarik

Ada banyak cara untuk mengambil foto yang menarik, mulai dari foto kebersamaan bersama teman hingga momen seru lainnya. Pengguna tidak perlu khawatir maupun ragu-ragu dalam mengambil foto, memanfaatkan smartphone untuk mengabadikan momen terbaik. Simpan hasil foto tersebut pada perangkat penyimpanan sebelum akhirnya diedit.

Adapun cara membuat polaroid untuk dijual, pengguna dapat langsung menghubungi pihak pemesan. Mintalah file-file foto yang ingin dibuat polaroid. Pastikan bahwa foto memiliki resolusi yang baik, agar nantinya tidak pecah ketika dicetak. Pengiriman berkas dapat dilakukan melalui e-mail atau WhatsApp Document agar kualitas foto tetap baik.

2. Tambahkan Filter

Masing-masing orang memiliki selera yang beragam pada setiap foto yang ingin dicetak, entah itu bertema hitam putih atau penuh warna. Sehingga hal yang patut dipertimbangkan sebelum mulai mengedit frame yaitu memastikan bahwa hasil foto sesuai dengan tema. Kebanyakan smartphone saat ini telah dilengkapi filter yang berguna untuk menghadirkan tema tertentu.

Apabila filter yang diinginkan tidak tersedia pada Android, pengguna dapat memanfaatkan bantuan aplikasi. Misalnya saja aplikasi Coffee Camera yang menyediakan filter untuk foto-foto lama estetik. Pengguna juga dapat menambahkan filter kecantikan apabila diinginkan, pastikan hasilnya sesuai dengan yang diminta oleh pemesan polaroid.

3. Sesuaikan Efek Pencahayaan

Setelah menerima semua foto dari pemesan, cobalah untuk memperhatikan pencahayaan di dalamnya. Sebab, apabila foto memiliki pencahayaan yang minim maka akan membuat hasil cetakan polaroid yang terlalu gelap. Sebaiknya sesuaikan efek pencahayaan pada tingkatan tertentu supaya menghasilkan polaroid yang estetik seperti apa yang diharapkan.

4. Buatlah Frame Polaroid Menggunakan PicsArt

Tahapan paling penting pada penerapan cara membuat polaroid untuk dijual terletak pada pembentukan frame. Sebelumnya pengguna memerlukan bantuan aplikasi PicsArt yang perlu di instal pada perangkat Android. Untuk memasangnya, pengguna dapat mendownload aplikasi editing tersebut pada Play Store dengan gratis.

Jalankan aplikasi PicsArt tersebut dan mulailah dengan mengimpor foto satu per satu yang akan dijadikan sebagai polaroid. Pada menu Feed, pilihlah background berwarna putih. Atur background tersebut dengan perbandingan ukuran 3×4. Sesuaikan foto tersebut agar margin paling bawah memiliki ukuran yang lebih lebar dari margin lainnya.

5. Cetak Polaroid yang Telah Jadi

Selesai melakukan pengeditan foto, pastikan pengguna menyimpan hasil tersebut pada perangkat penyimpanan Android. Lakukan pengeditan untuk foto lainnya sebagaimana yang telah dilakukan pada foto pertama. Cara membuat polaroid untuk dijual dapat dilakukan dengan mencetak semua hasil editing foto tersebut dan dirangkai untuk dikirim ke pemesan.

Sebagai perbandingan, ukuran 3R dapat digunakan untuk mencetak 2 foto polaroid sekaligus. Untuk mengaturnya, silahkan buka PicsArt dan pilih menu Kolase. Gunakan fitur Grid untuk menggabungkan dua foto tersebut. Pastikan memilih perbandingan ukuran foto 4:3, lalu sesuaikan bagian margin tersebut. Silahkan lanjutnya mencetak foto polaroid tersebut.

Agar dapat meningkatkan nilai estetika dari foto polaroid yang telah jadi, pengguna dapat merangkainya dengan indah. Sebagai rekomendasi, gunakan lampu tumblr untuk mengaitkan rangkaian foto tersebut. Sehingga pemesan dapat memasangnya pada ruang kamar dan menjadi hiasan estetik. Selain unik, foto polaroid ini akan tampak menonjol ketika lampu tumblr dinyalakan.

Itulah panduan cara membuat polaroid untuk dijual yang mudah hanya bermodalkan Android saja. Agar memperoleh hasil yang memuaskan, pengguna perlu memahami ukuran dari polaroid yang diinginkan. Pada dasarnya ada beberapa tipe ukuran yang dapat dipilih untuk mencetaknya, misalnya 9×6 cm. Sehingga, pengguna dapat menyesuaikan pengambilan foto serta pada waktu pengeditan.

 

BACA JUGA :  Nyaris Serupa, Ternyata Inilah Perbedaan iPhone Xr dan Xs