5 Cara Mengatasi HP Huawei Error Agar Dapat Berfungsi Kembali Secara Normal

By | August 24, 2021
cara mengatasi HP Huawei

Kerusakan kecil pada HP Huawei kerap kali menimbulkan masalah, termasuk mengurangi kinerja ponsel untuk menjalankan aplikasi. Hal tersebut menimbulkan kerugian bagi pengguna, salah satunya menunda berbagai pekerjaan diselesaikan. Sehingga diperlukan pemahaman cara mengatasi HP Huawei error agar dapat mencari solusi untuk mengoptimalkan kerja smartphone yang dimiliki.

Error yang terjadi pada perangkat Huawei umumnya berupa layar ponsel yang tiba-tiba blank dan tidak merespon. Selain itu, biasanya ditandai disfungsi aplikasi untuk menjalankan perintah. Sehingga aplikasi justru menutup sendiri secara tiba-tiba dan tidak dapat dibuka kembali. Berikut panduan cara mengatasi HP Huawei error yang dapat diterapkan agar normal kembali:

1. Update Aplikasi Terbaru Lewat Play Store

Hampir sebagian besar aplikasi yang tersedia di Play Store terus dikembangkan oleh developer agar dapat meningkatkan layanan. Aktivitas ini juga dilakukan untuk mengatasi bug yang terjadi saat aplikasi sedang dijalankan. Untuk itulah, selama kurun waktu tertentu pengguna dihimbau untuk mengupdate aplikasi terbaru melalui Play Store.

Proses memperbarui aplikasi ini tidak akan memerlukan waktu yang lama, terlebih ketika jaringan internet yang digunakan baik. Silahkan mengunjungi Play Store dan cari aplikasi yang akan diperbarui. Pilih Update dan tunggu hingga pemasangan aplikasi terbaru selesai dimuat. Selama tahap mengupdate, usahakan tidak membuka aplikasi terlebih dahulu.

2. Uninstal Aplikasi Berukuran Besar

Tidak semua aplikasi kompatibel untuk dipasang pada perangkat smartphone, terlebih untuk aplikasi berukuran besar. Alih-alih dapat menikmati layanan dari aplikasi tersebut, pengguna justru akan mengalami masalah keterlambatan kinerja ponsel. Terutama untuk perangkat yang memiliki kapasitas RAM kecil, sehingga tidak cukup untuk menampung berkas aplikasi berukuran besar.

Adapun cara mengatasi HP Huawei error yang disebabkan oleh masalah ruang penyimpanan hampir habis. Cobalah untuk meng uninstall aplikasi yang menghabiskan ruang penyimpanan. Mulailah selektif dalam memilih aplikasi yang kompatibel untuk dipasang pada perangkat Huawei yang dimiliki. Dengan demikian, kinerja smartphone akan tetap stabil saat menjalankan aplikasi tertentu.

Selain hal tersebut, pastikan tidak menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu. Sebab, hal ini justru dapat membuat ponsel semakin lemot untuk menjalankan perintah. Akses aplikasi yang paling dibutuhkan pada saat tertentu, kemudian tutup aplikasi yang tidak berkaitan dengan pekerjaan tersebut. Sehingga, kerja ponsel dapat berfokus pada aplikasi yang sedang terbuka.

3. Hapus Cache dan Data Aplikasi yang Berlebihan

Setiap perangkat dibekali dengan kapasitas penyimpanan internal masing-masing, ada yang besar dan ada pula yang cukup untuk menginstal beberapa aplikasi. Agar kinerja smartphone tidak terhambat, sebaiknya periksa cache secara berkala. Pengguna dapat melihatnya pada bagian Pengaturan atau Settings dan memilih bagian aplikasi untuk menampilkan semua daftar aplikasi terpasang.

Urutkan daftar berdasarkan ukuran agar lebih mudah untuk menganalisis data yang paling besar. Hapus Cache pada setiap aplikasi berukuran besar, seperti Youtube, WhatsApp, Facebook, dan sebagainya. Pengguna juga dapat menghapus data agar ruang penyimpanan tersisa banyak, tetapi usahakan untuk menyalin data-data penting terlebih dahulu.

4. Periksa Daya Baterai

Menjalankan ponsel terlalu lama seringkali membuat pengguna tidak memperhatikan daya baterai yang tersisa. Sehingga tanpa disadari sisa daya telah berada di bawah 5%. Kebiasaan mengoperasikan ponsel ketika lowbat ini justru akan mempengaruhi kinerjanya. Sehingga wajar apabila HP mendadak blank dan tidak mau merespon atau membuka aplikasi.

Adapun cara mengatasi HP Huawei error yang tiba-tiba blank ketika sedang dinyalakan yaitu dengan memastikan daya baterai tercukupi. Sebelum lowbat, simpan seluruh data dan tutup aplikasi yang sedang dijalankan. Kemudian segera lakukan pengisian daya untuk mengembalikan kinerja ponsel yang menurun.

5. Kembalikan Ponsel ke Setelan Pabrik

Apabila seluruh cara di atas telah diterapkan, tetapi HP Huawei tetap mengalami error. Sebaiknya pengguna menyimpan berkas penting pada perangkat lainnya, seperti foto, video, dan berkas lain. Kemudian cobalah untuk mengembalikan ponsel pada setelan pabrik dalam upaya untuk mengatasi masalah penurunan kinerja smartphone.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengatasi HP Huawei error dan tiba-tiba blank ketika sedang digunakan. Pastikan selalu memeriksa kondisi perangkat agar dapat mengidentifikasi apabila suatu saat terjadi kerusakan tertentu. Apabila tidak ada perubahan pada perangkat setelah dilakukan berbagai cara, sebaiknya bawalah perangkat ke counter untuk dilakukan Flash.

 

BACA JUGA :  Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di Handphone