Mengenal Cara Kerja Serta Alasan Kenapa Wifi Lemot Padahal Sinyal Full yang Perlu Disimak

By | August 23, 2021
Wifi Lemot Padahal Sinyal Full

Pada zaman modern seperti sekarang ini memang kebutuhan akan internet bisa dibilang cukup meningkat, terutama untuk kerja dan sekolah dari rumah. Masalah kenapa wifi lemot padahal sinyal full ini sering kali muncul dan mengganggu kegiatan yang sedang dilakukan. Oleh karena itu, pengguna perlu mengetahui apa saja penyebabnya agar koneksinya kembali normal.

Internet tidak dapat terkoneksi dengan device ini kemungkinan disebabkan oleh sejumlah hal. Mulai dari kapasitas jumlah pengguna, router bermasalah hingga provider mengalami gangguan. Sebelum memperbaiki sendiri, sebaiknya perlu mengetahui penyebabnya dan cara mengatasinya terlebih dahulu. Pengguna juga dapat memanggil pihak provider jika ada kesulitan.

Sering mengalami koneksi error? Berikut ini pembahasan mengenai kenapa wifi lemot padahal sinyal full serta informasi lainnya yang wajib diketahui.

Mengenal Wifi dan Cara Kerja

Wifi atau Wireless Fidelity memiliki fungsi sebagai media untuk berbagi data secara nirkabel lewat jaringan komputer berkecepatan tinggi. Teknologi ini bekerja dengan menghubungkan banyak perangkat ke dalam satu jaringan. Dengan begitu, koneksi internet bisa terhubung meski tidak ada kabel.

Sistem kerja wifi juga menggunakan gelombang radio sebagai perantara yang tidak jauh berbeda dengan LAN memakai kabel. Untuk menghubungkan internet ke perangkat akan membutuhkan router. Koneksi internet pada device tidak akan berfungsi secara optimal apabila router wifi tidak diaplikasikan dengan baik.

Alasan Kenapa Wifi Lemot Padahal Sinyal Full

Koneksi internet lambat memang sangat mengganggu aktivitas seperti melakukan streaming, bermain game maupun bekerja. Ada beberapa hal yang menyebabkan internet tidak berjalan normal meskipun sinyalnya penuh. Inilah alasan kenapa wifi lemot padahal sinyal full yang perlu disimak:

1. Cek Koneksinya Terlebih Dahulu

Masalah koneksi lemot bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik dari device maupun router wifi. Kondisi ini mungkin dapat disebabkan oleh jaringan pada PC dan ponsel tidak aktif. Cara mengaktifkannya tergantung jenis perangkat yang digunakan atau bisa pula lewat pengaturan.

BACA JUGA :  Berbagai Cara Mengatasi Jaringan Lemot Indosat secara Cepat

2. Router Terlalu Jauh

Letak router terlalu jauh bisa menjadi alasan kenapa wifi lemot padahal sinyal full. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh jangkauan jaringan yang terbatas, sehingga susah mendapat koneksi bagus. Usahakan untuk meletakkannya di lokasi yang strategis. Penempatan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan pastikan posisi perangkat berada di tempat tinggi.

3. Letak Router di Tempat Rendah

Meletakkan router di tempat rendah ternyata dapat menyebabkan sinyal jelek. Tidak jauh berbeda dengan antena pada televisi, router wifi tidak bisa mendapatkan sinyal secara maksimal apabila diletakkan di posisi rendah. Sebaiknya hindari menaruhnya di lantai supaya jaringannya lebih lancar, taruhlah di atas lemari atau meja.

4. Kabel LAN Putus

Apabila koneksi internet mulai lemot cobalah untuk mengecek LAN yang terdapat pada router. Kabel LAN bisa saja belum tersambung atau salah ketika menyambungkannya. Cobalah meminta bantuan petugas provider untuk memperbaikinya jika tidak mengerti cara menyambungkannya. Hal tersebut untuk mencegah kabel rusak maupun tidak berfungsi dengan sempurna.

5. Lokasi Router Dekat dengan Benda Elektronik

Menaruh router terlalu dekat dengan benda elektronik juga bisa membuat koneksi menjadi lemot. Alasannya karena terdapat gelombang elektromagnetik pada benda elektronik sehingga mengganggu kualitas sinyal. Oleh karena itu, lebih baik letakkan router jauh dari microwave, TV, komputer, dan lain-lain supaya jaringan wifi bisa bekerja dengan optimal.

6. Pengguna Terlalu Banyak

Selain masalah pada router, jaringan lemot juga diakibatkan oleh pengguna yang melebihi batas, terutama wifi di tempat umum. Koneksi internet akan semakin terhambat jika digunakan secara bersamaan, sehingga perlu membatasi pengguna hanya untuk beberapa device saja. Selain itu, jangan lupa atur password agar tidak bisa sembarangan di akses oleh orang lain.

Demikian ulasan selengkapnya mengenai alasan kenapa wifi lemot padahal sinyal full. Seperti yang telah diketahui di atas, penyebab wifi lelet ini bisa terjadi karena letak router, gangguan provider, serta kabel LAN tidak tersambung. Pengguna dapat memperbaikinya sendiri maupun meminta bantuan ahli untuk menghindari kerusakan. Dengan begitu, koneksi internet dapat kembali lancar serta normal tanpa gangguan saat wifi penuh.