5 Aplikasi Untuk Menjawab Soal Pelajaran Dengan Cara Difoto, Pelajar Wajib Punya!

By | August 23, 2021
Aplikasi Untuk Menjawab Soal Pelajaran Dengan Cara Difoto

Membangun pemahaman mata pelajaran di sekolah dapat dilakukan dengan berlatih soal-soal. Akan tetapi, kerap kali pertanyaan yang tersedia di buku justru sangat sulit untuk dipecahkan. Untuk itulah, pelajar memerlukan bantuan media belajar online yang mampu menambah pengetahuan, contohnya aplikasi untuk menjawab soal pelajaran dengan cara difoto yang sangat praktis.

Menjawab soal matematika tentu membutuhkan proses, termasuk penerapan rumus yang akan mempermudah penyelesaian. Tanpa memahami proses pengerjaannya, pelajar kemungkinan besar akan kesulitan menemukan hasil akhir hitungan. Bilangan yang sulit diketik pada smartphone, pada dasarnya dapat difoto dengan mudah untuk mengetahui cara penyelesaiannya. Berikut beberapa aplikasi untuk pelajar yang direkomendasikan:

1. QANDA

Hampir sebagian besar pelajar merasa kesulitan saat mengerjakan soal matematika, sehingga memerlukan pendamping belajar. Sebagai aplikasi untuk menjawab soal pelajaran dengan cara difoto, QANDA juga menyediakan layanan menarik lainnya. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai media untuk mengasah kemampuan matematika, khususnya yang diajarkan di sekolah.

Selain fitur menjawab soal otomatis, pelajar dapat melakukan penelusuran web terkait materi yang belum dikuasai. Pada aplikasi ini juga sering mengadakan Kelas Live yang dapat diikuti siapa pun secara virtual. Apabila menemukan sebuah topik yang cukup sulit, pelajar dapat mendiskusikan masalah tersebut dengan guru secara online.

Kehadiran QANDA cukup populer di Play Store, bahkan saat ini total unduhan sudah lebih dari 10 juta kali. Bukan hanya Indonesia saja, aplikasi ini juga terbuka untuk pelajar dari negara lain. QANDA sangat cepat dalam menyediakan jawaban soal-soal yang sulit sekali pun. Setidaknya hanya memerlukan waktu 5 detik agar aplikasi menampilkan jawaban.

2. Answered

Masalah matematika juga dapat diselesaikan dengan cepat memanfaatkan bantuan aplikasi Answered. Diantara aplikasi untuk menjawab soal pelajaran dengan cara difoto, keberadaan fitur pada Answered dinilai cukup lengkap. Pelajar hanya perlu memotret soal yang ingin diketahui jawabannya, tunggu beberapa detik agar aplikasi menampilkan penjelasan soal tersebut.

Answered menyajikan jawaban lengkap beserta langkah-langkahnya, sehingga dapat dipelajari. Aplikasi ini tergolong ringan dengan ukuran berkas hanya 3,8 MB dan tidak berbayar. Hingga saat ini, Answered telah didownload sekitar lebih dari 100 ribu pengguna dan menuai banyak sekali ulasan positif. Sehingga, pelajar dapat mengerjakan tugas sekolah yang berkaitan dengan matematika.

3. Math Scanner by Photo

Aplikasi untuk menjawab soal pelajaran dengan cara difoto berikutnya menampilkan penyelesaian soal menggunakan pengantar bahasa Inggris. Pelajar dapat memanfaatkan fitur chat untuk berkonsultasi apabila mendapati materi matematika yang sulit. Math Scanner by Photo dilengkapi dengan kalkulator ilmiah yang dapat menampilkan grafik dan tabel untuk menyelesaikan sebuah permasalahan matematika.

4. CoLearn

Pelajar yang masuk pada kejuruan IPA tentunya akan menempuh pelajaran fisika, kimia, dan matematika. Ketiganya memiliki tingkat kesulitan tersendiri yang perlu dipelajari dengan sungguh-sungguh agar pelajar mengerti. Bahkan tidak jarang, ada beberapa soal yang sulit dipecahkan dan memerlukan tambahan referensi untuk mengerjakannya.

Salah satu alternatif yang dapat dilakukan apabila menemukan soal yang sulit yaitu dengan memanfaatkan aplikasi CoLearn. Aplikasi ini didesain khusus untuk bertanya soal secara gratis serta mengikuti kelas Live dari pelajaran IPA. Selain menjawab soal, pelajar juga berkesempatan untuk mengikuti try out gratis yang akan membantu meningkatkan pengetahuan.

5. Photomath

Tidak hanya soal dari buku, Photomath mampu memindai soal dari tulisan tangan. Photomath sebagai aplikasi untuk menjawab soal dengan cara difoto mampu menampilkan penjelasan dalam waktu singkat. Ada pula kalkulator ilmiah yang sangat dibutuhkan pelajar, terutama kelas menengah. Photomath juga mendukung tampilan dengan lebih dari 30 bahasa yang mudah dimengerti.

Aplikasi ini dibekali kemampuan untuk menjawab berbagai pokok bahasan matematika, seperti kalkulus, aljabar, statistik, dan lainnya. Sebagai salah satu aplikasi yang populer, total unduhan Photomath sudah lebih dari 100 juta kali sejak rilis hingga sekarang. Setiap jawaban yang ditampilkan disertai langkah-langkah terperinci yang memudahkan pelajar.

Demikianlah penjelasan mengenai aplikasi untuk menjawab soal pelajaran dengan cara difoto yang sangat praktis sebagai pendamping belajar. Meski demikian, pelajar harus bijak dalam memanfaatkan aplikasi tersebut untuk menambah wawasan. Sehingga nantinya pelajar mampu menguasai mata pelajaran di sekolah dan tidak ketergantungan pada sebuah aplikasi penjawab soal otomatis.

 

BACA JUGA :  Rekomendasi Aplikasi Edit Video Transisi Cocok untuk Pengguna Tiktok