Intip Cara Menggunakan Speaker Bluetooth Paling Mudah

By | August 21, 2021
Cara Menggunakan Speaker Bluetooth

Bagi pecinta musik memang kurang lengkap rasanya apabila tidak mendengarkan lagu melalui speaker. Apalagi di zaman sekarang yang makin maju, maka penggunaan speaker dengan fitur Bluetooth dipilih untuk memudahkan penggunanya dalam menikmati musik. Lantas bagaimana cara menggunakan speaker Bluetooth satu ini? Simak ulasan lengkapnya.

Pemilihan jenis speaker satu ini bisa dibilang untuk memudahkan penyambungan perangkat tanpa perlu menggunakan kabel yang rumit. Pengguna bisa mendengarkan musik hanya dengan menyambungkannya pada Bluetooth yang ada di hp. Berikut inilah beberapa alasan memilih dan bagaimana cara menggunakannya yang perlu diketahui, yaitu antara lain:

Mengapa Memilih Speaker Bluetooth?

Banyak orang lebih memilih speaker dengan tipe Bluetooth saat mendengarkan musik favorit. Terdapat beberapa alasan yang menjadi pertimbangannya, yaitu sebagai berikut:

  • Bisa menyesuaikan suara dalam speaker: Pengguna bisa menentukan maupun menyesuaikan suara pada speaker Bluetooth sesuai keinginan. Mulai dari mengatur bagaimana suara bass, treble dan lain sebagainya agar bisa selaras dengan musik yang didengarkan.
  • Memiliki warna beragam: Tidak hanya bisa menyesuaikan suaranya, speaker Bluetooth juga ditawarkan dalam berbagai pilihan warna yang beragam. Terutama pada ambience light yang cukup menarik, mulai dari warna kuning, merah, biru, putih, dan lain sebagainya.
  • Fitur sangat canggih: Speaker dengan model Bluetooth memiliki beragam fitur yang sangat canggih, mulai dari LED display, MIC Input yang bisa disesuaikan, hingga berbagai fitur multimedia lainnya. Kualitas audionya pun tak perlu diragukan lagi.
  • Terdapat fm radio: Apabila ingin mendengarkan radio kesayangan, maka pengguna hanya perlu mengaktifkan fiturnya pada speaker Bluetooth yang dipunya. Pastikan untuk menyimpan channel yang ingin didengarkan terlebih dahulu dan radio bisa terputar sesuai keinginan.

Cara Menggunakan Speaker Bluetooth

Setelah mengetahui beberapa alasan mengapa banyak orang memilihnya, maka perlu pula mengetahui penggunaannya. Simak ulasan mengenai bagaimana cara menggunakan speaker Bluetooth yang mudah dan simpel, yaitu:

1. Menyalakan Speaker Bluetooth

Hal pertama perlu dilakukan adalah pastikan untuk mengaktifkan speaker Bluetooth terlebih dahulu. Biasanya tombol terletak pada bagian body perangkat, yaitu bersebelahan dengan tombol pengatur volume suara. Bentuk tombol pun akan berbeda sesuai merek speaker, yaitu mulai dari power switch ataupun tombol power biasa.

Pastikan untuk menekan tombol power tersebut untuk mengaktifkannya. Bila berbentuk switch, maka tinggal mengubahnya saja ke posisi ON hingga speaker aktif dan mengeluarkan suara. Barulah selanjutnya mengaktifkan Bluetooth masing-masing perangkat yang akan disambungkan.

2. Mengaktifkan Bluetooth Hp

Jangan lupa pula mengaktifkan fitur Bluetooth pada hp yang dimiliki. Hal ini dilakukan untuk menyambungkan koneksi antara speaker dengan hp agar terhubung dan bisa mendengarkan musik kesayangan.

Cara yang perlu dilakukan cukup mudah, yaitu tinggal masuk ke menu setelan pada hp. Kemudian pilih menu Bluetooth dan aktifkan dengan menekan tombol ON. Jika sudah dilakukan, maka proses penyambungan ke speaker jadi lebih mudah.

3. Menyambungkan Speaker Ke Hp

Cara menggunakan speaker Bluetooth selanjutnya yaitu dengan menyambungkan speaker ke hp agar keduanya aktif dan dapat digunakan. Hal yang perlu dilakukan adalah membuka setelan di Android dan masuk ke menu Bluetooth. Pastikan untuk menekannya dan lakukan pencarian atau scanning perangkat speaker Bluetooth yang telah diaktifkan.

Apabila sudah ditemukan, maka sambungkan hp ke speaker Bluetooth. Biasanya jika koneksi tersambung akan menimbulkan suara khas pada speaker, sehingga hal ini bisa menjadi penentu apakah proses koneksi berhasil atau tidak.

4. Tes Speaker Bluetooth

Setelah tersambung, maka langkah berikutnya adalah mengetes kualitas suara maupun speaker Bluetooth yang digunakan. Caranya sangat mudah, pengguna hanya perlu mengatur volume speaker dan memutar lagu favorit. Coba dengarkan secara teliti dan perhatikan apakah suara bisa keluar atau tidak. Apabila belum berhasil, maka ulangi langkah di atas sekali lagi hingga speaker mengeluarkan suara berkualitasnya.

Demikian informasi tentang bagaimana cara menggunakan speaker Bluetooth yang mudah hanya melalui hp saja. Tentunya pastikan bahwa penyambungan perangkat sudah sesuai dan pastikan tunggu hingga speaker bisa digunakan untuk mendengarkan musik kesayangan yang diputar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

BACA JUGA :  Ketahui Perbedaan Samsung A31 Dan A51 Dan Tips Memilihnya