Rekomendasi Aplikasi Mirip Procreate untuk Android Wajib Diketahui Illustrator Pemula

By | August 20, 2021
Aplikasi Mirip Procreate untuk Android

Procreate merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk melukis maupun menggambar secara digital. Fitur yang dimilikinya terbilang sangat lengkap dan kerap kali digunakan oleh digital artist dalam menghasilkan karya terbaiknya. Namun sayangnya aplikasi satu ini hanya bisa dioperasikan di Ios saja, sehingga membutuhkan beberapa rekomendasi aplikasi mirip procreate untuk Android.

Berikut inilah beberapa aplikasi yang bisa digunakan dan memiliki fitur mirip procreate berkualitas terbaik, yaitu antara lain:

1. Autodesk Sketchbook

Aplikasi mirip Procreate untuk Android yang pertama adalah Autodesk Sketchbook, dimana cukup diminati karena user interface yang dimilikinya cukup ramah. Pengguna dapat menggunakan berbagai fiturnya seperti penggunaan warna, kuas, hingga pola gambar. Bahkan setelah itu bisa disimpan secara otomatis dengan kualitas HD pula loh.

Namun meskipun begitu mengesankan, aplikasi satu ini ternyata hanya memiliki 50 pengaturan kuas saja. Hal ini cukup berbeda dari Procreate yang memiliki lebih dari 128 kuas. Apabila pengguna seorang pemula, tentunya memanfaatkan sketchbook ini bisa dibilang sudah lebih dari cukup.

2. Tayasui Sketches

Jika membutuhkan aplikasi gratis dan mudah dijalankan oleh seorang ilustrator pemula, maka aplikasi satu ini bisa menjadi pilihan terbaik. Pengguna bisa menggambar digital realistis dengan berbagai fitur lengkapnya. Bahkan digadang-gadang menjadi aplikasi mirip Procreate untuk Android yang cukup populer itu loh. Hasil akhirnya pun dapat dibagikan dengan mudah ke sosial media yang dipunya.

Fitur terbaik lainnya yang dipunya yaitu sudah mendukung opsi stylus, kuas realistis dan editor kuas untuk melakukan pengeditan opasitas. Bila perlu, pengubahan ukuran bagian gambar juga bisa dilakukan agar hasilnya sesuai keinginan.

3. Adobe Photoshop Sketch

Procreate memang menjadi andalan para digital artist ataupun illustrator. Namun bagaimana apabila tidak menggunakan IOS sebagai perangkat yang digunakan sehari-hari? Maka aplikasi satu ini bisa dibilang cukup layak dipilih.

Berbeda dari Adobe Photoshop biasa, aplikasi satu ini dirancang dan dikhususkan untuk pembuatan seni digital seperti sketsa dan lain sebagainya. Bahkan produknya pun sudah terintegrasi dengan produk Adobe lainnya yang akan sekaligus mempermudah aksesnya saat menuangkan ide menarik pada sketch.

4. InspiARTion

Bagi seorang pemula, InspiARTion bisa dipilih sebagai alternatif aplikasi mirip procreate untuk Android. User interface yang dimiliki sederhana dan dapat digunakan oleh siapapun secara mudah. Bahkan pengguna dapat membuat desain menarik hanya melalui aplikasi satu ini di ponsel pintar.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa mengakses fitur kuas dan menyempurnakan gambar digital yang dibuatnya. Hal ini memungkinkan pula untuk menambahkan berbagai efek dan foto yang diperlukan sebagai template.

5. Drawing Desk

Jika ingin menggambar dan mencari pengganti Procreate pada Android, maka Drawing Desk menjadi pilihan yang tepat. Aplikasi satu ini sangat cocok untuk menggambar sketsa, melukis, atau bahkan mewarnainya menggunakan fitur kuas yang telah disediakan.

Aplikasinya juga sangat ramah pengguna, serta dapat dibedakan menjadi 4 mode seperti Kids Desk, Doodle Desk, Sketch Desk, hingga Photo Desk sesuai kebutuhan. Pastikan memilihnya berdasarkan keinginan.

6. Krita

Aplikasi yang menjadi alternatif Procreate di Android ini menawarkan pengalaman menarik dalam pembuatan sketsa di media digital loh. Hal ini memungkinkan penggunanya dalam menggunakan kuas sesuai kebutuhan. Terdapat pula roda warna yang bisa dipilih untuk menambahkan pewarnaan secara baik.

Selain itu, aplikasi satu ini merupakan open source app, dimana bisa menerima masukan ataupun kritik dari pengguna untuk kemudian dilakukan perbaikan fitur dalam waktu cepat. Sehingga pastikan mencobanya terlebih dahulu dan berikan saran untuk pengembangannya jadi lebih baik lagi.

7. Medibang Paint

Aplikasi yang ringan satu ini sangat mudah digunakan oleh remaja ataupun orang dewasa. Pengguna bisa mengekspresikan sekaligus melukis imajinasinya di atas layar dengan berbagai fitur pengeditan. Terdapat pula banyak kuas dan font untuk membuat sketsa jadi lebih menarik.

Nah itulah sekilas info mengenai beberapa rekomendasi aplikasi mirip procreate untuk Android yang bisa dipilih. Bahkan meskipun tidak sebagus procreate, namun aplikasi di atas sangat layak dicoba karena banyaknya fitur yang tak kalah canggih. Selain itu, pengguna bisa mengunduhnya secara gratis maupun berbayar sesuai kebutuhan masing-masing.

 

BACA JUGA :  Cara Membuat Subtitle di Youtube Untuk Menerjemahkan Bahasa Asing

One thought on “Rekomendasi Aplikasi Mirip Procreate untuk Android Wajib Diketahui Illustrator Pemula

  1. Pingback: Aplikasi Chatting Buatan Indonesia Wajib Diketahui

Comments are closed.