Inilah Rekomendasi Aplikasi Android Deteksi Air Tanah

By | August 17, 2021
Aplikasi Android Deteksi Air Tanah

Apabila ingin mencari sumber mata air terdekat, maka tidak perlu capek menemukannya secara manual. Pasalnya kini terdapat aplikasi Android deteksi air tanah yang sudah cukup canggih dalam menanganinya. Sehingga masyarakat bisa mendeteksi dan memastikan sebuah tempat yang memiliki sumber mata air cukup.

Cara kerja dari aplikasi satu ini memang buka dengan memanfaatkan sensor ataupun pendeteksian secara langsung, yaitu melainkan menggunakan data riset oleh tim lapangan. Beberapa aplikasinya yaitu sebagai berikut:

1. mWater Surveyor

Aplikasi pertama yaitu mWater Surveyor yang berfungsi melacak sumber mata air di sekitar. Kelengkapan data yang dimilikinya pun bisa dibilang cukup akurat dan didukung oleh 14 bahasa, sehingga siapapun bisa menggunakannya kapanpun dan dimanapun.

Pengguna bisa merekam data untuk survey, memonitor secara langsung, hingga melacak data mengenai sistem air, titik air dan lainnya secara real time. Bahkan aplikasi Android deteksi air tanah ini sudah terdownload oleh pengguna lebih dari 100.000 orang. Tertarik untuk mencobanya dan mendapatkan lokasi mata air terdekat?

2. Find Water

Tidak hanya mWater Surveyor, ada pula Find Water dengan segala kelebihannya. Aplikasi Android deteksi air tanah satu ini berkonsep beda dari yang lain dan cocok untuk segala kegiatan agar dapat menemukan lokasi mata air terdekat. Bahkan fitur lainnya yaitu dapat mengurangi sampah plastik loh. Hal ini dikarenakan pengguna diberi tahu tempat isi ulang air minum dan tak perlu membeli botol baru.

Namun meskipun terbilang cukup canggih untuk menemukan sumber air, nampaknya lokasi yang ditunjukkan biasanya yaitu di daerah perkotaan saja. Sehingga akan lebih sedikit ditemukan di daerah pelosok kecuali telah terjangkau tim riset lapangan.

3. H2O Finder

Aplikasi Android deteksi air tanah berikutnya adalah H2O Finder, dimana dapat mendeteksi secara canggih dan lebih baik daripada lainnya. Tampilan dan user interface yang dimiliki juga terbilang cukup simpel dan rapi, sehingga lebih mudah diakses oleh orang tua sekalipun.

Fitur yang ditawarkan sangat beragam dan berguna untuk menemukan sumber mata air yang dapat digunakan secara gratis. Serta bisa mencakup seluruh area di dunia asalkan sudah tercantum dalam aplikasi satu ini.

Selain itu, terdapat pula fitur filter yang akan memudahkan penggunanya dalam mengonsumsi air tersebut. Mata air pun bisa dikategorikan menjadi beberapa beberapa hal berbeda, yaitu seperti sumber air dapat diminum, tidak dapat diminum, hingga sumber yang membutuhkan treatment sebelum dikonsumsi. Sehingga kualitas air yang didapatkan cukup baik.

4. Water Live

Terdapat pula aplikasi Android deteksi air tanah yang berisikan data lengkap, baik berupa ketersediaan air hingga volume air yang ada. Hal ini dikarenakan aplikasi sudah terhubung langsung dengan data dari pusat pemantauan air. Informasi ini pun bisa diakses secara realtime dan digunakan lebih dari 50 ribu pengguna.

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat melihat secara langsung gambaran ketersediaan air yang ada di peta. Biasanya akan disimbolkan dengan gambar segitiga kecil berwarna merah untuk wilayah kekurangan air, orange memiliki cukup air, hijau untuk area kaya sumber air, serta hitam apabila terjadi kelangkaan air di area tersebut.

5. mWater Explorer

Aplikasi berikutnya adalah mWater Explorer yang bisa diakses oleh semua orang dengan hanya mengunduhnya di Google Play Store. Dengan bantuan aplikasi satu ini, maka pengguna dapat mengeksplorasi sumber mata air jadi lebih mudah dimanapun dan kapanpun. Hal ini juga bisa digunakan untuk mengecek sumber air yang ada di area sekitar lingkungan rumah.

Fitur yang ditawarkannya juga sangat menarik karena dapat melakukan 2 tugas terbaiknya, yaitu merekam kualitas air sekaligus memantau kebersihannya. Sehingga akan lebih mudah mengetahui mana sumber air yang bagus untuk dikonsumsi. Dengan menjalankan kegiatan satu ini, maka berarti turut andil dalam menjaga kebersihan mata air global.

Nah demikian ulasan mengenai beberapa aplikasi Android deteksi air tanah yang bisa dijadikan pilihan untuk menemukan sumber mata air terdekat. Hal ini cukup berguna apabila pergi ke lokasi yang tidak pernah diketahui sebelumnya, sehingga kebutuhan air akan selalu terpenuhi dengan baik.

 

BACA JUGA :  6 Aplikasi Edit Foto Instagram Story Yang Menambah Tampilan Terlihat Estetik

One thought on “Inilah Rekomendasi Aplikasi Android Deteksi Air Tanah

  1. Pingback: Aplikasi Musik Iphone Offline Ini 5 yang Wajib Diketahui

Comments are closed.