Inilah 5 Cara Hapus Objek di Picsart Agar Foto Terlihat Instagramable

By | August 16, 2021
Cara hapus objek di Picsart

Foto menjadi sebuah media yang dapat menyimpan kenangan seseorang, terutama untuk mengabadikan momen tertentu. Akan tetapi, terkadang terdapat objek foto yang kurang pas sehingga perlu dihilangkan. Untuk itu, pembaca dapat mempelajari tutorial cara hapus objek di Picsart dengan mudah dan tidak berbekas. Sehingga foto masih terlihat natural seperti aslinya.

Sebagian orang tentu berharap memperoleh foto dengan angle yang pas sehingga cocok untuk diposting ke Instagram. Tetapi, objek yang tidak diharapkan terkadang muncul pada foto. Misalnya orang-orang yang tidak sengaja lewat, atau pun background lain yang kurang sempurna. Berikut tutorial cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan objek dengan mudah:

1. Pasang Aplikasi Picsart Pada Smartphone

Cara hapus objek di Picsart paling awal yang dapat dilakukan yaitu memastikan bahwa aplikasi Picsart telah terpasang pada smartphone. Apabila belum, pengguna dapat menginstalnya dengan cara mendownload pada Play Store. Aplikasi ini dapat didownload gratis dan tidak membutuhkan jaringan internet untuk dioperasikan guna mengedit sebuah foto.

Picsart mulai dirilis pada bulan November 2011 dan terus mengalami pembaruan tools yang akan memudahkan editor. Layanan editing ini telah didownload oleh lebih dari 500 juta kali dan banyak menuai komentar positif. Itulah sebabnya, Picsart masuk dalam daftar pilihan editor di Play Store dan sangat direkomendasikan sebagai layanan editing foto terbaik.

Ketika baru pertama kali menjalankan aplikasi, pengguna akan diminta untuk melakukan registrasi. Pendaftaran akun dapat dilakukan dengan cara memasukkan e-mail atau melalui akun Facebook yang dimiliki. Akan tetapi, bila tidak ingin repot mendaftarkan akun silahkan akses aplikasi tersebut tanpa menghidupkan paket data. Sehingga pengguna dapat menjalankannya tanpa perlu berlangganan.

2. Unggah Foto yang Akan Diedit

Tampilan awal pada aplikasi yang baru dibuka terdapat tiga opsi editing yang dapat dipilih oleh pengguna. Untuk mengunggah sebuah foto, klik pada menu Edit Foto. Pengguna juga dapat mengupload foto dengan klik ikon bertanda Plus yang terletak pada bagian tengah. Kemudian telusuri penyimpanan perangkat untuk menemukan foto yang akan diedit.

Agar proses mengunggah foto berhasil dan tanpa terjadi kendala, pastikan format file tersebut berupa JPG atau PNG. Pengguna juga perlu memilih foto dengan resolusi baik agar hasilnya lebih fokus ketika selesai diedit. Sebab, gambar yang jelas akan memudahkan pada proses menghilangkan objek yang terdapat dalam background foto.

3. Pahami Berbagai Menu Pada Bagian Tools

Setelah foto diunggah pada aplikasi editing Picsart, pengguna akan menemukan berbagai menu di bagian paling bawah. Salah satunya menu Tools yang dapat berisi berbagai opsi untuk mengatur foto sesuai dengan apa yang diinginkan. Misalnya opsi Crop untuk memotong ukuran foto, Dispersion untuk membuat potongan-potongan kecil yang estetik, serta opsi lainnya.

Cara hapus objek di Picsart dapat dilakukan dengan memilih opsi Clone, yang mana mudah dioperasikan meski seseorang baru belajar editing. Fitur ini bekerja dengan cara mengambil bagian tertentu yang kemudian akan ditempatkan pada objek yang akan dihilangkan. Dengan demikian, hasil editan akan terlihat lebih natural selayaknya foto asli.

4. Lakukan Penghapusan Pada Objek yang Tidak Diinginkan

Pengguna perlu berhati-hati ketika memilih bagian yang akan diletakkan untuk menggantikan objek yang akan dihilangkan. Pastikan bila bagian tersebut masih berhubungan dengan latar belakang yang terdapat pada foto. Misalnya, untuk menghapus objek berupa orang gunakan bagian latar belakang berupa pohon atau awan yang warnanya sesuai dengan background.

Menghapus objek yang dilakukan memerlukan ketelitian, sebab pengguna harus mengganti objek sedikit demi sedikit. Adapun cara hapus objek di Picsart dilakukan dengan menyapukan ikon + secara perlahan agar bagian yang diganti menyatu dengan background, sehingga lebih rapi. Selesaikan proses editing agar objek benar-benar tidak terlihat lagi.

5. Simpan Foto ke Perangkat

Periksa kembali hasil editing, apabila dirasa telah sesuai dengan apa yang diharapkan akhiri dengan klik ikon centang pada kanan atas. Pilih ikon berupa panah untuk menyimpan hasil akhir ke perangkat smartphone. Setelah itu, silahkan tutup aplikasi dan bagikan hasil akhir foto tersebut ke media sosial yang dimiliki.

Itulah penjelasan tentang cara hapus objek di Picsart yang dapat diterapkan agar memperoleh foto yang Instagramable. Supaya hasilnya terlihat natural, cobalah mengedit foto dengan ketelitian dan kesabaran. Pastikan hasil editan lebih halus sehingga terlihat seperti foto yang asli. Bagikan foto terbaik yang telah diedit ke akun Instagram yang dimiliki.

 

BACA JUGA :  Memahami Cara Mengganti Icon Aplikasi Android Dengan Bantuan Launcher dan Icon Pack