Pahami 6 Penyebab Sinyal Lemah di Dalam Rumah yang Paling Sering Terjadi

By | August 16, 2021
penyebab sinyal lemah di dalam rumah

Pengguna smartphone tentu pernah kebingungan saat jaringan internet tiba-tiba melemah, pasalnya hal ini sering terjadi di rumah. Padahal ada pekerjaan penting yang memerlukan koneksi internet agar dapat diselesaikan sesuai deadline yang telah ditentukan. Sehingga, pengguna perlu mencari tahu penyebab sinyal lemah di dalam rumah agar dapat melakukan penanganan yang tepat.

Jaringan internet memiliki peran yang penting dalam membantu memudahkan berbagai aktivitas. Terlebih pada saat pandemi seperti saat ini, ada banyak pekerjaan yang perlu dikerjakan dengan cara Work From Home. Aktivitas ini akan terkendala apabila jaringan melemah atau justru hilang. Berikut beberapa penyebab yang paling sering terjadi pada koneksi internet yang melemah:

1. Terjadi Pemadaman Listrik

Salah satu dari sekian penyebab sinyal lemah di dalam rumah yang kerap kali terjadi yaitu dikarenakan pemadaman listrik. Umumnya, pihak PLN akan memberikan informasi apabila akan terjadi pemadaman di daerah setempat.

Akan tetapi, kejadian ini terkadang justru terjadi secara tiba-tiba tanpa adanya pemberitahuan. Misalnya saat kabel terputus atau kondisi cuaca yang buruk.

Pemadaman yang terjadi kerap kali diikuti dengan menurunnya sinyal pada smartphone. Bukan hanya untuk mengakses internet, akan tetapi aktivitas menelpon atau mengirim SMS juga akan terhambat. Bila yang terjadi demikian, pengguna hanya perlu menunggu sampai listrik kembali menyala dan smartphone kembali memperoleh jaringan yang stabil.

2. Salah Memilih Kartu Perdana

Tidak semua jenis kartu perdana dapat berfungsi optimal pada seluruh daerah baik kota maupun wilayah desa. Terkadang ada beberapa kartu yang tidak dapat menjangkau daerah yang cukup terpencil. Hal tersebut tentu akan menjadi kendala untuk mendapatkan sinyal kuat yang dapat digunakan dalam mengakses internet pada smartphone.

Dengan demikian, cara untuk mengatasi masalah konektivitas dapat dilakukan dengan memilih kartu perdana yang sesuai dengan daerah tempat tinggal. Cobalah untuk memeriksa jaringan atau tower yang paling dekat dengan tempat tinggal. Pengguna juga dapat bertanya pada teman-teman atau tetangga mengenai kartu perdana apakah yang memiliki sinyal kuat di daerah tersebut.

3. Terjadi Kesalahan Pengaturan Jaringan

Hampir sebagian besar perangkat smartphone yang ada pada saat ini berada pada jaringan 4G. Akan tetapi, pengguna juga perlu memperhatikan mode pengaturan yang terdapat pada HP. Sebab, berkurangnya sinyal pada perangkat juga mungkin terjadi apabila pengguna salah dalam mengatur jaringan ke mode 2G atau 3G.

4. Baterai HP Lowbat

Kesibukan membuat para pengguna tidak menghiraukan daya baterai yang tersisa pada perangkat. Sehingga tidak menyadari apabila baterai HP tinggal sedikit bahkan sampai lowbat. Keadaan ini membuat sinyal turut melemah dan tidak lancar untuk digunakan mengakses internet. Dengan demikian, pekerjaan yang sudah dikejar deadline justru tertunda.

Pasalnya ketika sebuah HP dalam keadaan lowbat, maka perangkat akan mengurangi kinerja sistem. Termasuk membatasi kemampuan dalam menangkap sinyal yang lebih kuat. Bila terjadi hal demikian, pengguna dapat mengaktifkan mode pesawat beberapa saat. Kemudian menonaktifkannya agar kinerja ponsel membaik. Selanjutnya, isi ulang daya baterai agar ponsel tidak lowbat.

5. Ruangan Terlalu Tertutup

Salah satu faktor yang menyebabkan sinyal melemah yaitu kondisi ruangan yang ditempati. Seringkali sinyal justru menghilang saat smartphone dikoneksikan dalam kamar yang tertutup rapat. Berbeda dengan ruang tamu yang sifatnya lebih terbuka sehingga mampu menangkap jaringan yang lebih kuat untuk mengakses internet.

Upaya yang dapat dilakukan adalah berpindah lokasi sementara waktu selama menggunakan smartphone. Misalnya, bila biasanya mengerjakan tugas di dalam kamar cobalah untuk menyelesaikannya di ruang tamu. Cara lainnya dapat dilakukan dengan membuka sebagian jendela atau pun pintu agar ponsel memperoleh jaringan yang lebih kuat.

6. Terjadi Kerusakan Pada Tower

Apabila masalah jaringan tetap terganggu selama berhari-hari, maka pengguna perlu memastikan keadaan tower. Bisa jadi kurangnya sinyal yang diperoleh disebabkan oleh adanya kerusakan yang terjadi pada saluran tower. Dengan demikian, sangat wajar apabila smartphone tidak mampu memperoleh sinyal seperti biasanya.

Demikianlah penjelasan 6 macam penyebab sinyal lemah di dalam rumah yang kerap kali dialami oleh pengguna smartphone. Agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan lancar, sebaiknya pengguna mulai memasang WiFi. Pilihan ini menjadi rekomendasi untuk memperoleh koneksi internet yang baik. Terlebih saat ini ada berbagai tipe WiFi portable yang dapat dibawa kemana-mana.

 

BACA JUGA :  Ketahui Cara Mengatasi Sinyal Full Tapi Internet Lemot Paling Mudah