Penyebab Vpn Tidak Bisa Connect yang Harus Diketahui

By | August 15, 2021
Penyebab Vpn Tidak Bisa Connect

VPN memiliki peran penting untuk bisa mengakses situs web yang tidak bisa terjangkau secara langsung. Dengan adanya bantuan satu ini, maka mengkoneksikannya ke aplikasi yang dibutuhkan jadi lebih mudah. Namun bagaimana apabila mengalami permasalahan yang menghambatnya seperti tidak terkoneksi ke perangkat? Maka ada baiknya mengetahui penyebab VPN tidak bisa connect dan mengatasinya.

Terdapat beberapa alasan mengapa VPN tidak bisa terkoneksi, biasanya dipengaruhi oleh hal-hal seperti kesalahan pada jaringan maupun perangkat. Berikut inilah adalah beberapa diantaranya penyebab VPN tidak bisa connect, yaitu antara lain:

1. Tidak Kompatibel Dengan Perangkat

Hal pertama yang menjadi penyebab mengapa vpn tidak dapat terkoneksikan pada ponsel adalah karena mungkin perangkat tidak kompatibel dengan aplikasinya. Maka dari itu pastikan telah melakukan pengecekan pada aplikasi terlebih dahulu sebelum menginstalnya.

Perhatikan secara teliti apakah Android masih menggunakan sistem operasi yang sudah usang atau sudah mengupdatenya. Pasalnya hal ini akan sering terjadi pada model hp Android lama dengan OS yang sudah ketinggalan zaman pula. Apabila menggunakan sistem operasi model terbaru, maka tentunya tidak boleh khawatir mengalami permasalahan satu ini.

2. Menggunakan Aplikasi Gratisan

Penyebab lainnya yaitu karena pengguna menggunakan aplikasi VPN gratisan. Hal ini membuatnya jadi lebih terbatasi dalam penggunaan fitur ataupun batasan lainnya. Sehingga VPN tidak bisa connect dan wajib melakukan pengupdatean menjadi versi premium. Dengan begitu, aplikasi bisa digunakan dan tidak akan mengalami error lagi di kemudian hari.

3. Versi Aplikasi Kadaluarsa

Tidak hanya itu, penyebab VPN tidak bisa connect juga disebabkan oleh versi aplikasi yang telah kadaluarsa. Hal ini dikarenakan tidak menggunakan aplikasi dalam waktu lama ataupun versinya yang sudah usang. Sehingga tidak bisa digunakan lagi untuk mengakses web tertentu.

Solusinya adalah dengan cara mengupdate aplikasi VPN ke versi terbaru melalui Google Play Store. Namun pastikan selalu melakukan update tepat waktu agar dapat digunakan kapanpun. Kini menggunakan aplikasi dengan dukungan VPN jadi lebih lancar dari biasanya, bukan?

4. Server Penuh dan Lokasi

Pada umumnya, VPN tidak bisa connect dikarenakan ada kesalahan pada server yang sering penuh. Apalagi pagi pengguna aplikasi gratisan, maka kapasitas servernya pun kecil dan tidak dapat diakses oleh banyak orang dalam satu waktu. Apabila terpaksa dilakukan pengaksesan, maka banyak perangkat akan mengalami permasalahan.

Tidak hanya itu, letak lokasi server berada juga menjadi salah satu penyebabnya. Misalnya saja VPN berlokasi di Amerika tidak bisa terkoneksi secara maksimal jika digunakan di Indonesia. Sedangkan apabila mengganti lokasi servernya menjadi daerah terdekat, maka VPN dapat mengakses aplikasi secara lancar.

5. Antivirus Dan Firewall

Penyebab lain VPN tidak dapat dikoneksikan adalah karena adanya antivirus dan juga firewall yang membatasi pergerakan perangkat. Sehingga kedua hal tersebut memblokir akses dari VPN terhadap perangkat. Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu menonaktifkannya agar bisa mengkoneksikannya.

6. Pengaturan DNS

Kesalahan pengaturan pada DNS internet juga kerap kali menjadi salah satu penyebabnya. Hal tersebut membuat perangkat jadi tidak bisa terkoneksi dengan VPN dan tidak dapat berjalan secara benar. Untuk mengatasinya, maka perlu dilakukan pengecekan DNS sebelum mengkoneksikannya.

7. Kesalahan Jaringan

Selain kesalahan pengaturan pada DNS internet, namun kesalahan jaringan juga menjadi penyebab penyebab VPN tidak bisa connect ke ponsel ataupun perangkat lainnya. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan pengaturan otomatis agar koneksi berjalan lancar di ponsel Android.

8. Salah Memilih Aplikasi VPN

Hal terakhir yang menjadi penyebabnya adalah karena kesalahan pengguna dalam memilih aplikasi VPN yang akan digunakan. Biasanya aplikasi memungkinkannya kompatibel dengan perangkat yang sudah melakukan root saja. Sehingga ponsel yang tidak di root tidak dapat digunakan. Namun pertimbangkan hal ini mengingat risiko rooting yang terbilang cukup tinggi.

Itulah informasi tentang berbagai penyebab VPN tidak bisa connect ke ponsel atau perangkat yang dimiliki. Pastikan menggunakan beberapa cara di atas hingga terkoneksi dengan baik. Apabila masih mengalami permasalahan dan tidak bisa mengatasinya, maka bisa pula membawanya ke ahli atau profesional di bidangnya. Semoga bermanfaat.

 

BACA JUGA :  Berbagai Cara Mengatasi Jaringan Lemot Indosat secara Cepat

 

One thought on “Penyebab Vpn Tidak Bisa Connect yang Harus Diketahui

  1. Pingback: Cara Mengatasi Sinyal Full Tapi Internet Lemot 5 Paling Mudah

Comments are closed.