Inilah 5 Cara Menggunakan Earphone Bluetooth yang Patut Dipahami

By | August 15, 2021
cara menggunakan earphone bluetooth

Mendengarkan musik dapat menjadi salah satu cara untuk membuat hari-hari menjadi penuh semangat. Terlebih pengguna dapat memanfaatkan earphone agar lebih praktis dalam mendengarkan lagu tanpa khawatir soal kabel yang berbelit-belit. Namun, sebelumnya perlu dipahami cara menggunakan earphone bluetooth pada smartphone agar dapat terkoneksi tanpa menemukan kendala.

Sebagian orang mungkin berpikir bila penggunaan earphone ini justru kurang lancar mengingat perangkat tidak dibekali kabel. Padahal, earphone bluetooth justru dapat menangkap sinyal hingga jangkauan yang cukup jauh mencapai maksimal 10 meter. Sehingga alunan lagu yang diputar tetap terdengar jernih. Adapun cara penggunaan perangkat tersebut dijelaskan dalam rincian berikut ini:

1. Temukan Tombol Power dan Aktifkan Earphone yang Dimiliki

Perhatikan pada earphone yang dimiliki, pengguna akan menemukan tombol power yang berfungsi untuk mengaktifkan perangkat. Lakukan klik satu kali untuk mengaktifkan perangkat tersebut. Sebagai tanda apabila earphone telah aktif, kebanyakan perangkat ini akan menampilkan lampu khusus. Sehingga pengguna dapat langsung mengkoneksikannya dengan smartphone yang dimiliki.

Tombol yang sama juga dapat digunakan untuk menonaktifkan perangkat saat tidak digunakan lagi. Cara menggunakan earphone bluetoothnya cukup tekan lama pada tombol power tersebut, tunggu hingga lampu berubah warna merah dan mulai padam. Ini menandakan bahwa perangkat sudah tidak aktif lagi. Dengan perlakuan yang berbeda, tombol Power juga berfungsi untuk mengelola lagu yang sedang diputar.

2. Nyalakan Mode Pairing Untuk Berbagi Bluetooth

Pengguna perlu memahami bahwa earphone dapat terhubung ke perangkat smartphone saat berada pada mode pairing. Untuk mengaktifkannya, tekan lama pada tombol power dan tunggu hingga lampu LED berubah warna. Beberapa jenis earphone mungkin memiliki tata cara pemasangan yang berbeda, sehingga pengguna dapat mempelajari buku panduan terlebih dahulu.

Mode pairing ini akan aktif pada kedua perangkat earphone yaitu bagian kanan dan kiri. Pengguna hanya perlu mengaktifkan pada satu bagian saja, sehingga sisi lainnya juga turut berfungsi. Pada earphone yang baru pertama kali diaktifkan, umumnya perangkat telah otomatis masuk pada mode pairing. Sehingga pengguna tidak perlu mengutak-atik perangkat lagi.

3. Aktifkan Bluetooth Pada Smartphone

Pengguna dapat menyalakan bluetooth pada smartphone agar dapat memindai perangkat paling dekat. Untuk mengaktifkan bluetooth, silahkan masuk ke menu Pengaturan dan memilih bagian Koneksi. Agar lebih praktis, pengguna juga dapat mengaktifkannya langsung melalui ikon bluetooth yang terdapat pada bagian paling atas pada layar ponsel.

Karena dapat dikoneksikan tanpa perantara kabel, earphone ini juga dapat disambungkan pada perangkat lain seperti komputer, laptop, tablet, dan sebagainya. Akan tetapi, pengguna perlu menyadari bahwa tidak semua perangkat dibekali dengan fitur bluetooth. Sehingga, hal ini membatasi pemasangan earphone untuk digunakan memutar musik.

4. Koneksikan Earphone dan Perangkat Smartphone

Cara menggunakan earphone bluetooth dapat dilakukan dengan mengkoneksikan perangkat dengan smartphone. Pasangkan kedua perangkat layaknya sedang berbagi bluetooth ke sesama pengguna smartphone. Carilah nama bluetooth yang sesuai dengan nama yang tertera pada earphone agar dapat terhubung dengan mudah.

Terkadang proses ini justru gagal ketika pengguna tidak menemukan nama bluetooth yang diharapkan. Apabila terjadi masalah demikian, cobalah untuk mematikan perangkat earphone beberapa saat. Kemudian nyalakan kembali dan pasangkan dengan smartphone agar kedua perangkat saling terhubung dengan baik.

5. Mulailah Memutar Musik yang Disukai

Langkah terakhir cara menggunakan earphone bluetooth, pengguna dapat memutar sebuah lagu untuk mencoba perangkat earphone. Setiap perangkat umumnya memiliki pengaturan tombol yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan klik dua kali untuk mengecilkan dan memperbesar suara musik. Adapun untuk menghentikan lagu yang sedang diputar, pengguna hanya perlu mengetuk tombol satu kali.

Di samping untuk mendengarkan lagu, earphone bluetooth juga dibekali kemampuan untuk menghubungkan ke Google Voice. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan browsing, panggilan, bahkan mengirim pesan pada orang lain meski sedang sibuk beraktivitas. Dengan demikian, keberadaan earphone bluetooth akan sangat membantu berbagai aktivitas harian.

Demikianlah tata cara menggunakan earphone bluetooth yang perlu dipahami oleh pengguna smartphone. Saat ini ada banyak merk earphone yang dapat dibeli agar dapat mendengarkan lagu-lagu ketika di luar rumah. Bahkan diantaranya dibekali dengan kemampuan active noise cancelling yang akan membuat musik tetap terdengar jernih meski memutarnya di lingkungan yang ramai.

 

BACA JUGA :  Review Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y20 Terbaru Lengkap