Rekomendasi 5 Aplikasi Translate Aksara Jawa Dengan Mudah, Pelajar Wajib Punya!

By | August 14, 2021
aplikasi translate aksara Jawa

Aksara Jawa merupakan salah satu pokok bahasan materi di sekolah yang kerap kali membuat pelajar kebingungan. Pasalnya, ada tata cara tertentu yang harus diterapkan agar dapat menerjemahkan Hanacaraka dengan benar. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan pelajar yaitu dengan memanfaatkan bantuan aplikasi translate aksara Jawa pada smartphone.

Dahulu pelajar membutuhkan buku Pepak Bahasa Jawa agar dapat mempelajari Hanacaraka beserta contohnya. Seiring perkembangan zaman, saat ini terdapat berbagai pilihan aplikasi bantuan yang akan memudahkan proses belajar. Termasuk menerjemahkan aksara Jawa yang cukup sulit. Sebagai bahan referensi, berikut rekomendasi 5 aplikasi penerjemah yang dapat diinstal melalui Play Store:

1. Aksara Jawa

Aplikasi translate aksara Jawa pada dasarnya bekerja dengan cara mengkonversikan tulisan latin menjadi Hanacaraka maupun sebaliknya. Pada aplikasi ini, pengguna dapat menerjemahkan satu kata hingga kalimat utuh sesuai dengan kebutuhan. Sehingga, sangat cocok digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang cukup banyak.

Aksara Jawa dapat diunduh secara gratis, berkas aplikasi ini hanya sekitar 2,5 MB saja. Di samping itu, pengguna tidak perlu repot melakukan registrasi terlebih dahulu saat akan menerjemahkan kalimat. Cukup tuliskan kalimat yang ingin dikonversikan ke dalam aksara Jawa, tunggu hingga aplikasi memproses data dan menampilkan hasilnya.

Pengguna tidak perlu khawatir bila hasilnya justru berbeda jauh dari apa yang diharapkan. Sebab, aplikasi ini juga dibekali dengan kemampuan dalam mendeteksi aksara Jawa, pasangan, aksara murda, aksara wilangan, dan sandhangan. Sejak pertama kali dipublikasikan, hingga saat ini aplikasi tersebut telah digunakan lebih dari 1 juta pengguna.

2. Aksara Jawa Ketik & Konversi

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini terletak pada tampilan desain yang menarik dan mudah dipahami. Pengguna dapat mengetik bahasa latin yang ingin diterjemahkan, selanjutnya aplikasi akan menampilkan aksara Jawa tersebut. Hasil dari terjemahan dapat disalin atau pun diunduh agar tersimpan pada perangkat. Sehingga, pengguna dapat membukanya kembali di lain waktu.

Aksara Jawa Ketik & Konversi mulai dirilis sejak bulan Desember 2014 dan cukup familiar di Play Store. Di samping itu, berkas aplikasi terbilang sangat ringan hanya sekitar 3,7 MB saja. Aplikasi ini juga dibekali dengan keyboard Hanacaraka yang akan memudahkan pengguna dalam mengetik tanpa perlu menginstal keyboard khusus.

3. Aksara

Aplikasi ini menyediakan berbagai pilihan bahasa yang akan memudahkan proses terjemah, termasuk aksara Jawa. Selain menggunakannya untuk tugas sekolah, pelajar dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk menggali pemahaman tentang aksara Sunda, aksara Bali, aksara Rejang, dan pilihan lainnya. Terlebih konversi bahasa dinilai sangat akurat untuk menerjemahkan setiap kata atau kalimat.

Aplikasi Aksara dirilis sejak bulan September 2019, saat ini terdapat lebih dari 50 ribu pengguna yang memasangnya. Meski ada banyak pilihan bahasa, akan tetapi ukuran berkas hanya sekitar 8 MB saja. Pengguna juga dapat memasang aplikasi dengan gratis dan tidak perlu melakukan registrasi saat akan mengakses layanan penerjemah ini.

4. Nulis Jawa

Pilihan aplikasi lain yang dapat dimanfaatkan untuk konversi aksara Jawa dan latin yaitu Nulis Jawa. Aplikasi ini baru dirilis pada bulan April 2021 dan telah digunakan lebih dari 500 pengguna Play Store. Aplikasi tidak menyediakan keyboard aksara khusus untuk mengetik. Sehingga pengguna perlu melakukan setting pada keyboard agar berganti menjadi aksara Jawa.

5. Bagaskara

Bila dibandingkan dengan aplikasi penerjemah lain, Bagaskara memiliki keunggulan mampu menerjemahkan lewat foto. Pengguna hanya perlu menginput foto berisi aksara Jawa untuk dikonversikan ke bahasa latin. Akan tetapi, sistem ini akan bekerja dengan akurat apabila foto yang diambil jernih dan tulisan terbaca dengan jelas.

Bagaskara dirilis sejak bulan November 2020, hingga saat ini telah diunduh lebih dari 10 ribu download. Berkas aplikasi ini juga sangat ringan dan tidak menghabiskan banyak ruang, tepatnya sebesar 5,7 MB saja. Pengguna dapat menyalin hasil terjemahan dan menempelnya pada file tugas yang sedang dikerjakan.

Itulah daftar rekomendasi 5 aplikasi translate aksara Jawa yang dapat digunakan bagi pelajar guna menyelesaikan tugas sekolah. Pemahaman tentang bahasa Jawa pada dasarnya perlu dilatih dengan rutin. Semakin sering seseorang mempelajari Hanacaraka, maka akan semakin lancar saat menulis aksara tersebut. Sehingga, pelajar tidak akan kebingungan saat memperoleh tugas terjemahan berikutnya.

 

BACA JUGA :  Inilah Rekomendasi Aplikasi Android Deteksi Air Tanah

 

One thought on “Rekomendasi 5 Aplikasi Translate Aksara Jawa Dengan Mudah, Pelajar Wajib Punya!

  1. Pingback: Aplikasi Android Deteksi Air Tanah Ini Rekomendasinya

Comments are closed.