Ketahui 5 Cara Membuat Akun DANA Tanpa KTP Anti Gagal

By | August 14, 2021
Cara Membuat Akun DANA

Salah satu barang yang tidak boleh tertinggal ketika akan pergi ke suatu tempat yaitu dompet. Seiring perkembangan teknologi, peran dompet kini telah digantikan oleh DANA yang dapat membantu memudahkan transaksi online. Untuk menggunakannya, pengguna terlebih dahulu harus memahami cara membuat akun DANA tanpa KTP yang dapat dilakukan dengan mudah.

Berbagai tagihan dapat dibayarkan hanya dengan beberapa klik lewat aplikasi DANA, seperti tagihan listrik, BPJS, pulsa, serta belanjaan lainnya. Sehingga, pengguna tidak perlu repot datang langsung ke kantor maupun toko untuk membayar sejumlah uang tunai. Adapun untuk mendaftar pada layanan ini, pengguna perlu menerapkan beberapa cara sebagaimana penjelasan berikut:

1. Pasang Aplikasi DANA Pada Perangkat

Sebelum mulai mendaftar, terlebih dahulu pengguna harus memasang aplikasi DANA pada ponsel. Aplikasi dompet digital ini mulai dirilis pada bulan September 2018 dan terus mengalami pembaruan untuk memberikan layanan terbaik bagi pengguna. DANA akan memberikan layanan pembayaran online yang sangat praktis ketika bertransaksi tanpa perlu keluar rumah.

Aplikasi ini hanya memiliki ukuran berkas sebesar 35 MB, sehingga tidak begitu banyak menguras penyimpanan perangkat. Sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, layanan ini telah dipasang oleh lebih dari 10 juta orang. DANA memperoleh rating 4.5 di Play Store dan banyak menerima ulasan positif dari pengguna.

2. Input Nomor HP Aktif

Setelah proses instalasi selesai, cara membuat akun DANA tanpa KTP dapat dilakukan dengan menginput nomor HP pengguna. Pastikan bahwa nomor HP yang dimasukkan masih aktif, sehingga dapat menerima notifikasi dari sistem. Tidak perlu menunggu waktu yang lama, sistem akan mengirimkan pesan untuk melakukan verifikasi pendaftaran.

Perlu diperhatikan ketika memasukkan nomor HP, sebaiknya input nomor yang akan digunakan dalam jangka waktu lama. Sebab, pengguna mungkin akan kesulitan untuk mengganti nomor baru ketika nomor HP lama sudah tidak aktif lagi. Terlebih, pergantian nomor HP pada aplikasi ini hanya dapat dilakukan dalam 90 hari sekali.

3. Gunakan Kode Referral yang Berlaku

Apabila membuat akun baru dari ajakan teman, biasanya juga disertai dengan kode referral tertentu. Kode ini berfungsi untuk menelusuri dari manakah pengguna baru mendaftar. Umumnya, kode referral digunakan agar pengguna lama dan pengguna baru memperoleh bonus saldo atau voucher gratis yang sangat menguntungkan.

Masukkan kode referral yang dimiliki pada kolom isian, biasanya terdiri dari 6 karakter acak yang memuat angka dan huruf. Pastikan menuliskan kode dengan benar, apabila terjadi kesalahan tulis maka kode tidak akan berlaku. Setelah itu, pengguna akan memperoleh bonus saldo atau pun voucher gratis setelah mendaftar.

4. Membuat Kata Sandi

Password atau kata sandi diperlukan sebagai tahapan untuk menyelesaikan pendaftaran akun baru. Masukkan 6 digit angka sebagai kata sandi untuk membuka akun sewaktu-waktu bila diperlukan. Pengguna akan diminta untuk memverifikasi kembali PIN atau kata sandi yang telah dibuat. Pastikan membuat digit yang mudah diingat, agar pengguna tidak kesulitan saat login.

Problema yang sering terjadi ketika membuka akun di lain waktu yaitu pengguna lupa kata sandi yang telah dibuat. Untuk mengatasi hal tersebut, pengguna dapat memilih opsi Lupa PIN agar aplikasi mengirimkan notifikasi lewat SMS. Masukkan kode yang telah dikirimkan oleh sistem agar pengguna dapat mengganti kata sandi baru untuk login.

5. Memulai Transaksi Pertama Lewat DANA

Setelah memiliki akun, pengguna perlu melakukan pengisian saldo agar dapat menggunakan aplikasi tersebut sesuai kebutuhan. Caranya klik satu kali ikon Top Up yang terletak pada bagian paling atas, lanjutkan dengan memilih metode pembayaran terlebih dahulu. Pengguna dapat memilih opsi kartu debit atau pun melalui transfer Bank.

Apabila pengguna memilih metode transfer Bank, sistem akan menampilkan rekening virtual sesuai jenis Bank yang dipilih. Lakukan top up sesuai nominal yang diinginkan dan tunggu hingga saldo tersebut masuk ke akun DANA. Kini aplikasi dompet digital siap digunakan untuk bertransaksi secara online.

Itulah penjelasan tentang 5 cara membuat akun DANA tanpa KTP yang memerlukan waktu hanya beberapa menit saja. Perlu diperhatikan, bahwa tutorial di atas ditujukan untuk membuat akun DANA biasa. Untuk keperluan Top Up saldo yang lebih besar, pengguna dapat mendaftar pada versi Premium dengan melengkapi beberapa data diri seperti KTP.

 

BACA JUGA :  Top 7 Aplikasi Edit Foto Awan Unik yang Sedang Viral!