Rekomendasi 5 Aplikasi Novel Indonesia Offline Untuk Mengisi Waktu Luang

By | August 13, 2021
aplikasi novel Indonesia offline

Mencari hiburan dapat dilakukan dengan membaca cerita yang menarik. Terlebih saat ini ada banyak novel yang dapat ditemukan dalam smartphone, sehingga pembaca tidak perlu repot membawa buku kemana-mana. Selain dapat memanfaatkan waktu senggang, aktivitas ini tidak banyak memerlukan koneksi internet bila pembaca menggunakan aplikasi novel Indonesia offline yang ada.

Sebagaimana yang telah diketahui, novel memiliki jalan cerita yang beragam mulai dari pendidikan, kisah cinta, hingga karir. Inilah yang kerap kali membuat banyak orang menjadi tertarik untuk membaca novel untuk mengisi waktu luang. Pembaca dapat memanfaatkan beberapa aplikasi berikut ini yang dapat dibuka pada smartphone tanpa memerlukan jaringan internet:

1. NovelToon

Aplikasi ini merupakan referensi bagi para pembaca yang menyukai genre romantis, petualangan, komedi, dan horor. Terdapat lebih dari 400 ribu judul yang akan membuat hari-hari penuh warna. NovelToon juga kerap mencari author berbakat dalam penulisan novel. Selain dapat membaca berbagai cerita yang seru, pembaca juga dapat mencoba mempublikasikan karya sendiri.

NovelToon resmi rilis pada bulan Agustus 2019 lalu, hingga kini aplikasi ini telah mengalami beberapa kali pembaruan. Pengguna dapat mengaksesnya secara online, atau sekedar membaca daftar novel secara offline. Sejak pertama kali dipublikasikan hingga sekarang, NovelToon telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna di Play Store.

2. Innovel

Apabila pembaca mencari kumpulan novel dengan genre romansa, Innovel menjadi salah satu aplikasi bacaan terlaris yang direkomendasikan. Innovel memiliki ukuran berkas sebesar 17 MB, sehingga tidak akan banyak menguras penyimpanan ponsel. Terdapat lebih dari 200 ribu judul cerita menarik dari genre romansa yang akan menghibur para pembaca.

Sejak rilis pada bulan April 2020 lalu, Innovel telah didownload lebih dari 5 juta unduhan. Aplikasi memperoleh rating hingga 4.3 di Play Store dan banyak mendapat ulasan positif. Tampilan aplikasi yang menarik dan mudah dipahami menjadi salah satu daya tarik pembaca. Di samping itu, pembaca dapat mengunduh novel yang paling disukai untuk dibaca di lain waktu.

3. NovelPlus

Aplikasi ini menjadi pilihan bagi pembaca yang ingin memperoleh bacaan berbagai genre, seperti horor, fantasi, romantis, dan lainnya. Bila menemukan judul yang menarik, pembaca dapat membagikannya ke teman-teman dengan memberikan link. Di samping itu, aplikasi ini juga memfasilitasi author yang ingin mempublikasikan karyanya agar dibaca banyak orang.

NovelPlus rilis pada bulan Agustus 2015, dan telah didownload lebih dari satu juta pembaca. Berkas aplikasi ini hanya sekitar 8 MB saja, sehingga tidak memerlukan ruang penyimpanan smartphone yang besar. Agar memperoleh rekomendasi novel yang lebih beragam, pembaca dapat bergabung pada versi premium terlebih dahulu.

4. NovelMe

Aplikasi novel Indonesia offline terpopuler dengan genre yang lengkap salah satunya yaitu NovelMe. Pembaca juga dapat menemukan novel dengan genre horor yang akan menguji nyali saat mengikuti alur ceritanya. NovelMe juga membuka jalan bagi author yang ingin memperoleh penghasilan tambahan dengan mempublikasikan novel.

Aplikasi ini dirilis pada bulan April 2019, berbagai cerita menarik dapat dibaca secara online maupun offline. Gunakan waktu senggang untuk menambah referensi tentang karya sastra. NovelMe juga seringkali mengadakan kompetisi menulis yang akan menambah motivasi untuk membaca dan membuat karya tulis yang unik.

5. Wattpad

Sebagaimana yang telah diketahui, Wattpad menjadi salah satu aplikasi novel Indonesia offline yang sangat populer di kalangan pembaca. Sejak pertama kali rilis hingga saat ini, aplikasi telah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna Play Store. Apabila menemukan judul yang menarik, pembaca dapat mengunduh dan membacanya di waktu senggang tanpa terhubung ke internet.

Pembaca bukan hanya sekedar dapat menemukan novel dengan bahasa Indonesia. Layanan ini memfasilitasi lebih dari 50 bahasa dari penulis di berbagai belahan dunia, sehingga kehadirannya begitu populer. Di samping itu, Wattpad memiliki ukuran berkas hanya sebesar 16 MB saja dan telah memiliki rating 4.2 di Play Store.

Itulah penjelasan dari 5 rekomendasi aplikasi novel Indonesia offline yang dapat diakses dengan mudah pada smartphone. Kebiasan membaca di waktu senggang dapat membantu meningkatkan pemahaman seseorang tentang karya sastra. Terlebih dalam sebuah cerita tentu selalu ada pesan atau nilai moral yang dapat diambil dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

 

BACA JUGA :  5 Aplikasi Untuk Menjawab Soal Pelajaran Dengan Cara Difoto, Pelajar Wajib Punya!

2 thoughts on “Rekomendasi 5 Aplikasi Novel Indonesia Offline Untuk Mengisi Waktu Luang

  1. Pingback: Aplikasi Karaoke Gratis Tanpa Kuota Sebagai Hiburan di Rumah

  2. Pingback: Aplikasi Translate Aksara Jawa Dengan Mudah Ada 5

Comments are closed.