Intip Cara Membuat Barcode Maps Wajib Diketahui

By | August 12, 2021
cara membuat barcode maps

Dengan teknologi yang semakin maju, kini membuat petunjuk lokasi pun tidak harus mencantumkan detail peta. Sehingga pemilik acara pun bisa memanfaatkan kecanggihan barcode agar dapat menunjukkan gambaran tempat yang jelas. Beberapa contohnya yaitu seringkali terdapat di undangan acara pernikahan ataupun acara resmi lainnya. Maka dari itu, mengerti bagaimana cara membuat barcode maps sangatlah penting bagi pemiliki smartphone.

Apalagi kini banyak orang pun lebih memilih memakai denah berbentuk barcode sehingga memudahkan semua pekerjaan. Kode batang hanya perlu di scan menggunakan aplikasi, kemudian barulah denah akan secara otomatis terbuka dan bisa dijadikan patokan penunjuk lokasi. Tentunya sangat simpel bukan?

Apabila berniatan mengetahui informasi lanjut mengenai apa itu barcode maps, keunggulan dan bagaimana cara membuatnya, maka simak ulasan berikut ini:

Apa Itu Barcode Maps Dan Keunggulannya

Kode batang adalah kumpulan dari data optik yang dapat dibaca oleh scanner Hal ini umumnya dipakai untuk mengetahui kode pada produk maupun barang yang ada di supermarket supaya mempermudah proses transaksi. Namun semakin berkembangnya zaman, kode bar ini dimanfaatkan untuk menunjukkan arah maupun denah peta kepada seseorang.

Keunggulannya yaitu memiliki tingkat akurasi data yang cukup tinggi, proses input dalam waktu singkat, bisa dijangkau dengan biaya murah, hingga mempercepat dan meningkatkan pelayanan secara lebih gampang. Apalagi dengan barcode maps ini bisa sekaligus memunculkan fitur street view, sehingga pengguna dapat melihat preview lokasi agar tidak tersesat nantinya.

Cara Membuat Barcode Maps

Barcode maps dapat dibilang cukup bagus serta mempermudah penggunanya membagikan lokasi. Untuk membuatnya, maka diperlukan beberapa langkah tepat yaitu antara lain:

1. Memanfaatkan Googleapis

Cara membuat barcode maps yang pertama adalah dengan menggunakan Googleapis. Dalam hal ini, pengguna tidak membutuhkan aplikasi dari pihak ketiga dan hanya menggunakan bawaan Google saja. Caranya yaitu bukalah aplikasi safari di pc dan ketik https://www.google.com/maps/. Lalu carilah tempat yang akan diubah menjadi barcode maps dengan mengetikkan nama lokasinya.

Setelah itu pilihan menu akan keluar serta klik menu “Share” dan copy tautan untuk berbagi. Barulah gabung dengan tautan yang disediakan agar nantinya berubah menjadi Kode QR. Selanjutnya, simpan gambar QR Code maps dengan mengklik kanan dan save image as. Hasilnya pun tersimpan dalam bentuk gambar dan siap untuk dibagikan.

2. Membuat Kode Bar Lokasi Di Android

Apabila tidak memiliki laptop, maka dapat diganti dengan hanya menggunakan ponsel Android yang dipunya. Aplikasi yang diperlukan yaitu Google Maps serta QR Code generator dapat diunduh di PlayStore. Pastikan pula terlebih dahulu menginstallnya sebelum melangkah ke step berikutnya.

Setelah itu, buka apk Google Maps serta cari tempat yang diubah menjadi kode QR. Gunakan search bar untuk mempermudahnya dan letakkan pin di titik lokasi tertentu. Barulah share link dan masukkan pada QR Code Generator & Scanner telah terinstall. Tempel link dan klik tombol generate untuk menampilkannya.

Barulah simpan kode bar maps dengan menekan tombol Share dan Upload Ke Foto. Kini barcode pun bisa di scan dan digunakan untuk QR Code reader. Maka bisa dimanfaatkan pula untuk menunjukkan peta lokasi sesuai keinginan, serta digunakan dalam berbagai kepentingan.

3. Mengunjungi Website Goqr.Me

Tidak jauh berbeda dengan web pembuat QR Code lainnya, maka fungsi yang dimiliki oleh Goqr.Me khusus untuk membuat kode batang maps secara gratis dan tentunya mudah. Beberapa langkahnya pun dapat diikuti oleh pemula sekalipun.

Caranya yaitu pertama cukup sediakan tautan Maps tentang lokasi yang akan diubah menjadi kode bar. Kemudian akses web Goqr.Me dan ketikkan tautan lokasi di bagian konten. Barulah klik enter pada keyboard dan kemudian lakukan penyimpanan dengan mengklik Unduh. Format foto yang bisa dipilih yaitu seperti JPEG.

Nah itulah ulasan mengenai bagaimana cara membuat barcode maps secara mudah dan dapat dilakukan seorang pemula sekalipun. Namun pastikan telah menempatkan titik tempat pada maps yang tepat agar hasilnya sesuai keinginan. Dengan begitu, orang tidak akan mengalami salah alamat apabila menggunakan peta dari barcode sebagai penunjuk jalan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

BACA JUGA :  5 Cara Memperbaiki Video yang Tidak Bisa Diputar di Android Dengan Mudah