Tutorial 6 Cara Merubah Suara Google Translate di PC Menjadi Laki-laki

By | August 12, 2021
Cara Merubah Suara Google Translate di PC Menjadi Laki-laki

Siapa pun tentu tidak asing mendengar suara Google Translate, kebanyakan yang terdengar berupa suara wanita. Suara ini seringkali digunakan sebagai penjelas keterangan dalam sebuah video yang akan diunggah ke Youtube. Agar video lebih bervariasi, pembaca dapat memahami cara merubah suara Google Translate di PC menjadi laki-laki dengan mudah.

Banyak orang memulai membuat channel Youtube dengan memanfaatkan suara Google Translate. Sebab, alternatif ini mudah dilakukan terutama bagi Youtuber yang memerlukan bantuan suara khusus agar video menjadi semakin menarik. Banyak orang mungkin tidak memahami bila efek suara tersebut dapat diganti menjadi laki-laki, berikut tutorial 6 cara yang dapat dilakukan:

1. Siapkan Teks

Langkah paling awal yang perlu dilakukan sebelum mendapatkan suara Google Translate yaitu menyiapkan teks. Pengguna hanya tinggal merangkai kalimat yang akan diucapkan sebagai penjelas dalam video. Hindari terjadinya typo dan pastikan menuliskan setiap kata dengan ejaan benar, agar pengucapan suara yang keluar juga sesuai dengan apa yang diharapkan.

2. Akses Situs Google Translate

Sebelum masuk pada tahap editing, pengguna perlu mendapatkan suara Google Translate terlebih dahulu. Sebab, audio inilah yang nantinya akan diubah menjadi efek laki-laki. Pastikan PC atau komputer telah terkoneksi dengan jaringan internet, ketikkan Google Translate pada kolom telusur. Kemudian tunggu beberapa saat hingga halaman Google memuat hasil pencarian.

3. Atur Bahasa dan Tempel Teks

Pengguna dapat mengatur bahasa sesuai dengan kalimat yang telah dibuat pada bagian awal. Bila ingin membuat percakapan berbahasa Indonesia, pastikan memilih pilihan bahasa Indonesia pada kolom sebelah kiri. Adapun untuk kolom terjemah, pengguna dapat mengabaikannya saja. Sebab, hal ini tidak akan berpengaruh pada hasil akhir perekaman suara.

Setelah selesai mengatur bahasa yang akan digunakan, silahkan menyalin teks yang telah dibuat. Tempelkan seluruh kalimat tersebut pada bagian kolom sebelah kiri. Secara otomatis, Google akan bertindak menerjemahkan bahasa sesuai pilihan bahasa di awal. Akan tetapi, pengguna dapat mengabaikan hasil terjemahan tersebut.

4. Download Suara

Pada bagian paling bawah, lakukan klik kanan pada ikon speaker dan pilih Inspeksi Elemen. Halaman akan menampilkan keterangan yang berhubungan dengan perekaman audio pada bagian paling bawah. Lanjutkan dengan memilih menu Network atau Jaringan dan klik pada opsi Media, tunggu hingga muncul satu file audio.

Untuk mendownload audio, klik dua kali link yang terdapat pada bagian paling bawah. Pengguna selanjutnya akan diarahkan pada halaman lain berisi file audio sesuai dengan teks yang telah ditulis. Simpan audio dengan cara klik kanan pada media, lalu pilih Download. File audio berisi suara Google Translate dengan format mp3 akan segera terunduh pada PC.

5. Atur Kecepatan

Cara merubah suara Google Translate di PC dapat dilakukan dengan menambahkan aplikasi editing Filmora. Selain bekerja sebagai aplikasi editing video, Filmora juga dapat digunakan untuk mengubah audio dari suara perempuan menjadi laki-laki. Caranya cukup dengan mengatur kecepatan dan Pitch suara pada audio yang telah didownload sebelumnya.

Jalankan Filmora, unggah file audio ke bagian Layer 1 agar dapat diedit. Maksimalkan tampilan agar lebih mudah dalam melakukan editing. Atur kecepatan audio dengan cara klik kanan pada bagian file dan pilih Speed and Duration. Lakukan percepat suara agar hasil audio layaknya seseorang yang sedang berbicara pada umumnya.

6. Atur Pitch Menjadi Lebih Rendah

Untuk mengganti ke suara laki-laki, lakukan klik kanan pada file audio dan pilih opsi Adjust Audio. Setelah muncul bagian editing pada layar atas, atur Pitch menjadi lebih rendah. Pengguna dapat mengatur Pitch menjadi -6 agar audio tersebut menyerupai suara laki-laki. Dengarkan audio disesuaikan kembali sebagaimana hasil yang diharapkan.

Setelah selesai, lakukan convert audio agar nantinya dapat digunakan dalam sebuah video sebagai pengantar. Proses ini akan memerlukan waktu beberapa menit hingga hasil editing audio berhasil tersimpan dalam perangkat PC. Setelah berhasil, gunakan file tersebut untuk mengisi suara pada video yang telah disiapkan.

Itulah penjelasan mengenai 6 cara merubah suara Google Translate di PC agar menjadi laki-laki dengan mudah. Suara dari Google Translate ini juga dapat digunakan sebagai pengarah dalam video presentasi. Sehingga audien yang memiliki keterbatasan seperti tuna netra tetap dapat menyimak penjelasan yang diberikan oleh pembawa materi dengan baik.

 

BACA JUGA :  Cara Mengaktifkan VPN di Laptop saat Harus WFH