Penyebab Viewers Youtube Berkurang Secara Tiba-tiba

By | August 11, 2021
Penyebab Viewers Youtube Berkurang

Belakangan, para pelaku usaha kreatif di Youtube yang biasa dikenal dengan youtuber banyak mengeluhkan penyusutan viewers. Yakni, yang tadinya sudah mencapai jutaan tiba-tiba menyusut dalam jumlah tertentu. Lalu, sebenarnya, apa penyebab viewers Youtube berkurang secara tiba-tiba dan mengakibatkan kerugian materiil maupun nonmaterial? Ikuti saja ulasan ini untuk mendapatkan jawabannya!

1. Perubahan Kebijakan yang Diterapkan Youtube

Hal pertama yang diyakini oleh para youtuber sebagai penyebab viewers Youtube berkurang secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan ialah pembaruan kebijakan oleh Youtube. Utamanya, yang berkaitan dengan mekanisme penghitungan jumlah viewers yang sah. Kabarnya, hal ini dilakukan sebagai wujud komitmen dari perusahaan kepada segenap pihak yang berkepentingan seperti pengguna jasa pasang iklan.

Seperti yang diketahui, bahwa dengan banyaknya jumlah viewers yang masuk pada sebuah video, maka bisa menjadi indikator besarnya pendapatan yang diperoleh. Sayangnya, hal ini terkadang dimanfaatkan oleh para pihak yang tidak bertanggungjawab untuk mendapatkan keuntungan instan yang dilarang. Sehingga, untuk mengantisipasi hal tersebut, pihak Youtube terus mengembangkan aturan yang diberlakukan.  

2. Intervensi Sistem Bot

Bot merupakan cara yang sering dipakai oleh orang untuk menaikan viewers di aplikasi semacam Youtube secara otomatis. Cara ini dianggap praktis karena dapat meningkatkan jumlah viewers secara fantastis dalam waktu yang cukup singkat. Tapi, karena sifatnya yang tidak alamiah, justru membuat pihak aplikasi menentang keras dan mengancam pihak yang menggunakannya.

Semisal untuk Youtube sendiri yang memiliki tim khusus untuk melakukan verifikasi kepada setiap viewers yang melakukan pemutaran video. Pastinya, ada teknik khusus berupa coding tertentu untuk memastikan apakah penonton tersebut benar alami ataukah hanya robot. Terlebih, untuk sebuah video yang memiliki peningkatan grafik penonton, yang dicurigai berlangsung secara tidak wajar.

Lazimnya, viewers ini baik yang alamiah maupun bot tetap terhitung pada sistem ketika verifikasi belum dilakukan oleh tim Youtube. Baru kemudian, setelah pemeriksaan lebih lanjut, ada jumlah real dari viewers yang dianggap sah. Sedang untuk viewers abal-abal akan dihapus atau tidak dihitung. Itulah mengapa kadang ada penurunan yang sangat besar.

3. Dampak Pengembangan Algoritma Youtube

Indikator berikutnya yang juga ditengarai sebagai penyebab viewers Youtube berkurang secara tiba-tiba ialah algoritma yang dipakai. Pasalnya, secara teknis Youtube ini menerapkan pola yang nyaris serupa dengan mesin pencarian populer seperti Google. Hingga membuat youtubers perlu mengikuti trend aturannya agar jumlah viewers yang diperoleh dapat stabil dan tidak mengalami penurunan.

Sebagai contoh, dahulu jumlah viewers secara lazim selalu beriringan dengan subscriber dari akun yang memposting. Anggapan ini tidak berlaku lagi untuk sekarang ini, mengingat algoritma Youtube yang tidak lagi memprioritaskan video berdasarkan penyubscriban. Karenanya, perlu trik lain agar bisa masuk dalam penyaranan Youtube saat pengguna mengetikan perintah di mesin pencarian.

Bila abai akan hal mendasar ini, maka bisa jadi akun Youtube yang memiliki jumlah subscriber besar pun menjadi tidak efektif. Mulai dari kehilangan peluang untuk mendapatkan iklan menguntungkan sampai berkurangnya viewers yang diharapkan. Akibatnya, konten yang dengan susah payah dibuat dan diposting tidak mampu memberikan hasil sesuai target yang direncanakan.

4. Pemutaran Video Youtube oleh Viewers Secara Bersamaan

Berikutnya, ketika sebuah konten video tengah viral, biasanya banyak orang melakukan pemutaran secara bersamaan yang jumlahnya bisa mencapai ratusan atau bahkan ribuan. Memang sepintas ini menguntungkan karena berakibat pada kenaikan viewers yang tajam. Akan tetapi, sayangnya bila Youtube mencurigai hal ini sebagai sesuatu di luar kewajaran, bisa berakibat pada intervensi.

5. Pembekuan Viewers Otomatis

Terakhir, namun merupakan hal yang mempengaruhi penurunan viewers dalam jumlah besar adalah pelanggaran yang berakibat pada pembekuan. Misalnya, ketika seorang Youtuber membuat otomatisasi pada website yang ketika diklik, akan langsung mengarah pada pemutaran video Youtube. Bila hal ini terdeteksi, maka besar kemungkinan viewers akan difreeze dan tidak lagi masuk hitungan.

Nah, itulah tadi sejumlah informasi penting yang dapat diberikan terkait penyebab viewers Youtube berkurang secara tiba-tiba. Tentunya, hal ini harus dipahami dan diwaspadai oleh para Youtuber agar tidak merasakan kekecewaan pasca mengalami kejadian buruk tersebut. Mengingat, keberadaan jumlah viewers ini, jelas sangat berpengaruh pada besar kecilnya penghasilan yang nanti  didapatkan.  

 

BACA JUGA :  Coba 5 Fitur Whatsapp Yang Jarang Diketahui Oleh Kebanyakan Orang