Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti Paling Mudah

By | August 11, 2021
Namun tentunya beberapa orang seringkali mengalami error serta aplikasi terhenti secara mendadak bukan? Untuk menyiasatinya, maka perlu mengetahui apa saja metode maupun cara mengatasi Google Play Store terhenti.

Dengan memiliki ponsel Android, maka mengunduh berbagai aplikasi maupun game kesukaan di Google Play Store merupakan hal yang wajib dilakukan. Namun tentunya beberapa orang seringkali mengalami error serta aplikasi terhenti secara mendadak bukan? Untuk menyiasatinya, maka perlu mengetahui apa saja metode maupun cara mengatasi Google Play Store terhenti.

Namun sebelum itu, perlu diketahui pula apa penyebabnya agar dapat diatasi dengan gampang. Biasanya, aplikasi akan terhenti secara mendadak dan dibarengi pop-up message seperti “Google Play Store telah berhenti bekerja”. Berikut inilah pembahasan lengkapnya yang perlu disimak, yaitu:

Mengapa Google PlayStore Bisa Terjadi Error?

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, tentu perlu dikenali pula apa saja penyebabnya mengapa bisa terhenti. Berikut inilah beberapa alasannya, yaitu antara lain:

  • RAM penuh.
    Alasan pertama adalah karena kondisi RAM yang terlalu penuh. Biasanya hal ini dikarenakan banyaknya aplikasi yang berjalan dalam satu waktu. Sehingga memori RAM di ponsel pun menjadi penuh serta tidak dapat menjalankan aplikasi yang terdapat pada PlayStore dengan lancar.
  • Versi Play Store kadaluarsa.
    Tidak hanya disebabkan oleh RAM penuh, kondisi Google Play Store tiba-tiba terhenti dikarenakan versinya kadaluarsa. Apabila tidak diperbaharui, maka apk satu ini tidak dapat digunakan dan bahkan mengalami kegagalan dalam pemasangan maupun penginstalan aplikasi lainnya.
  • Cache menumpuk di ponsel.
    Hal terakhir yaitu karena adanya penumpukan cache yang terdapat pada ponsel pintar. Apabila tidak dibersihkan maka akan menumpuk serta menyebabkan error pada PlayStore. Serta, dapat pula menimbulkan aplikasi terhenti dan tidak berfungsi secara tiba-tiba.

Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti Tiba-tiba

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, maka akan secara mudah mengetahui beberapa langkah dalam mengatasinya. Berikut inilah cara yang dapat dilakukan, yaitu antara lain:

1. Pastikan Menghapus Data Play Store atau Cache

Langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah mengenai data maupun cache pada Google Play Store. Apabila sudah terlalu full serta mempengaruhi penggunaan RAM, maka inilah waktu untuk menghapusnya. Cache yang penuh bisa mengakibatkan problem dan bahkan membuat aplikasi jadi terhenti tiba-tiba.

Untuk menghapusnya, maka caranya masuk ke Setelan – App Manager – Tampilkan Aplikasi Sistem – Pilihlah Google PlayStore – Klik Storage – Kemudian barulah klik opsi Hapus Cache. Setelah itu lakukan restart smartphone serta melihat apakah aplikasi sudah bisa digunakan kembali atau tidak. Apabila masih mengalami permasalahan, maka cara berikutnya bisa dilakukan.

2. Mengupdate Play Store ke Versi Terbaru

Apabila menghapus data dan cache tidak ampuh untuk mengatasinya, maka hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah dengan mengupdate aplikasi ke versi terbaru. Biasanya versi lawas terbilang sudah usang dan tidak kompatibel dengan pengaturan yang baru. Sehingga melakukan pembaharuan sangat wajib dilakukan.

3. Lakukan Uninstall Aplikasi Tertentu

Google Play Store juga bisa terhenti karena adanya aplikasi tertentu yang menyebabkannya error. Maka dari itu, pastikan menguninstall aplikasi yang dirasa menjadi salah satu penyebabnya. Cobalah mengingat apakah eror muncul setelah penginstalan aplikasi baru, jika iya segera lakukan penghapusan atau uninstall aplikasi.

4. Menginstall Ulang Google Play Store

Langkah berikutnya adalah menginstall ulang aplikasi Google Play Store. File yang terlanjur rusak maupun eror tadi perlu dihapus dilakukan penginstalan ulang agar bisa digunakan sebagaimana mestinya. Pastikan telah memiliki file apk yang tepat, install dan kemudian jalankan seperti aplikasi lainnya seperti biasa.

5. Melakukan Reset Pabrik

Jika cara sebelumnya masih gagal, maka coba lakukan pembaharuan pabrik atau reset pabrik sangatlah disarankan. Hal ini cukup efektif karena pengaturan ponsel akan kembali seperti kondisi semula. Namun pastikan membuat back up data terlebih dahulu agar tidak hilang saat dilakukan reset smartphone. Dijamin cara ini bisa membuat Google Play Store dapat berjalan normal serta tidak akan terhenti secara mendadak.

Nah itulah informasi mengenai bagaimana cara mengatasi Google Play Store terhenti. Tentunya cukup gampang dimengerti dan dapat dilakukan oleh orang awam sekalipun. Pastikan pula menginstall ulang dan juga melakukan factory reset apabila mengalami kendala yang tidak dapat teratasi. Semoga bermanfaat.

 

BACA JUGA :  Review Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y20 Terbaru Lengkap

 

One thought on “Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti Paling Mudah

  1. Pingback: Penyebab Viewers Youtube Berkurang Secara Tiba-tiba - GOHITZZ.COM

Comments are closed.