Cara Memperbaiki Router Wifi yang Tidak Bisa Connect Secara Mandiri

By | August 9, 2021
Cara Memperbaiki Router Wifi yang Tidak Bisa Connect

Masalah yang kerap menghampiri pengguna wifi ialah router yang rusak dan tidak dapat terkoneksi pada perangkat. Sehingga, memaksa pengguna untuk mencari alternatif cara memperbaiki router wifi yang tidak bisa connect tersebut. Sebenarnya, ini tidak sulit dan dapat dilakukan secara mandiri, yakni dengan mengikuti sejumlah instruksi yang disajikan di bawah ini:

1. Jalankan Restart pada Router

Langkah pertama yang bisa dijalankan oleh pengguna sebagai cara memperbaiki router wifi yang tidak bisa connect ialah restart perangkat. Tindakan ini sangat sederhana, namun memiliki efektifitas untuk mengembalikan sinyal atau mengoptimasi koneksi, yang dapat dilakukan dengan cara:

  • Amati penanda lampu yang terdapat pada bagian atas alat router wifi, dan pastikan semua terlihat normal seperti biasanya, sesuai dengan standar operasional yang disertakan pada perangkat;
  • Lalu matikan perangkat router tersebut selama beberapa waktu agar mesin mengalami pendinginan, terlebih bila jarang dimatikan atau dipakai secara marathon terus menerus;
  • Jangan lupa untuk mencopot kabel power dan lainnya yang menancap pada perangkat agar restart mesin dapat berjalan secara maksimal;
  • Bila masa pendinginan sudah dirasa cukup, segera pasang kembali perangkat seperti semula dan coba hidupkan; Kemudian
  • Periksa keefektifan restart dengan cara mengoneksikan perangkat yang dimiliki baik melalui ponsel, komputer desktop, maupun laptop.

2. Periksa Kondisi Kabel yang Terpasang

Apabila sudah melakukan tindakan di atas, tetapi belum menemukan hasil yang diinginkan maka periksa pada kabel yang menancap. Bisa jadi ada komponen kabel yang belum terpasang secara sempurna atau mengalami kerusakan seperti putus di dalam. Hal ini biasanya ditunjukan lampu indikator yang tidak menyala.  

3. Pastikan Suhu Router dalam Keadaan Normal

Sebuah perangkat elektronik layaknya router wifi seringkali mengalami yang namanya overheating atau panas berlebih. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, ini bisa mengakibatkan beragam kerusakan mulai yang kecil hingga berat. Jadi, sangat penting bagi pengguna untuk melakukan pengecekan suhu secara berkala meskipun router wifi yang dimiliki tidak mengalami kendala.

Namun, bila sudah terlanjur maka cara untuk menanganinya ialah dengan mematikan perangkat selama beberapa saat sampai suhunya stabil. Selain itu, bisa juga menambahkan kipas eksternal di sekitar perangkat untuk menjaga kisaran suhu tersebut dalam keadaan stabil. Terlebih bila alat ditempatkan di ruangan yang sesak dan tidak memiliki sirkulasi udara baik.

4. Atur Peletakan untuk Mengoptimasi Sinyal

Kemudian, seperti disinggung pada poin ketiga di atas, bahwa penempatan yang salah biasanya akan mempengaruhi performa dari alat. Yakni, di samping membuat suhu mesinnya meningkat, juga mungkin menjadi penghalang sinyal yang dapat diterima. Oleh karena itu, sebaiknya pengguna mencari lokasi penempatan perangkat dengan daya tangkap sinyal paling optimal pada ruangan.

5. Lakukan Reset ke Setelan Pabrik

Terakhir, namun sangat efektif dijalankan sebagai cara memperbaiki router wifi yang tidak bisa connect ialah melakukan reset ke setelan pabrik. Artinya, perangkat router akan dikembalikan seperti semula ketika perangkat baru pertama dimiliki oleh pengguna. Tanpa adanya akun, kata sandi, maupun jenis pengaturan lain yang sebelumnya dilakukan oleh pemilik router wifi.

Karenanya, pengguna harus lebih berhati-hati, mengingat tindakan ini lebih rumit dan beresiko dibanding alternatif sebelumnya. Semisal, menuntut pengguna untuk melakukan kembali pengaturan awal router. Mulai dari mengadakan konfigurasi perangkat, menyetel ulang akun dan kata sandi yang dipakai untuk verifikasi, maupun rangkaian pengaturan dasar yang diperlukan pada perangkat router wifi.

Nah, bila sudah yakin untuk menjalankan alternatif ini, maka pengguna bisa mengamati bagian belakang perangkat router wifi masing-masing. Kemudian carilah tombol reset, yang lazimnya berbentuk bulat kecil dan berwarna hitam di samping, tengah, atau bagian bawah slot kabel. Setelahnya tekan tombol tersebut agak lama sampai router kembali ke setelan pabrik.

Demikianlah tadi sejumlah informasi yang dapat diberikan terkait cara memperbaiki router wifi yang tidak bisa connect secara mandiri. Bagaimana? Cara yang dijelaskan di atas, cukup mudah untuk diikuti bukan? Jadi tunggu apa lagi? Segera saja ikuti langkah perbaikan di atas dengan runtut dan seksama, agar koneksi wifi pulih kembali! 

 

BACA JUGA :  Efisien dan Aman, Inilah Cara Mempercepat Upload File di Google Drive Paling Gampang

One thought on “Cara Memperbaiki Router Wifi yang Tidak Bisa Connect Secara Mandiri

  1. Pingback: Penyebab Sinyal Lemah di Dalam Rumah 6 yang Paling Sering

Comments are closed.