Pahami 5 Cara Memperbaiki Sinyal AXIS yang Jelek Agar Kembali Lancar

By | August 9, 2021
cara memperbaiki sinyal axis

Jaringan yang lemot terkadang justru membuat segala pekerjaan menjadi tertunda, terutama yang memerlukan koneksi internet. Masalah ini terkadang juga dialami oleh pengguna kartu perdana AXIS, sehingga akan sangat merepotkan. Oleh karenanya, pembaca perlu menggali informasi tentang cara memperbaiki sinyal AXIS yang jelek agar kembali lancar digunakan mengakses internet.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa jaringan justru tidak lancar ketika digunakan. Misalnya masalah cuaca, kesalahan pengaturan, perangkat, lokasi, dan sebagainya. Mengetahui penyebabnya dengan pasti akan memudahkan pengguna dalam menyiasati alternatif terbaik untuk memecahkan masalah. Upaya memperbaiki jaringan AXIS dapat dilakukan dengan menerapkan beberapa cara berikut ini:

1. Tutup Aplikasi yang Berlebihan

Terlalu sering menggunakan smartphone terkadang justru membuat pengguna lupa bila telah membuka aplikasi yang cukup banyak. Terutama aplikasi yang membutuhkan data seluler agar tetap dapat dioperasikan, seperti Chrome, Youtube, Tik Tok, dan sebagainya. Sedangkan, hal ini justru tidak sesuai dengan kemampuan kecepatan internet yang tersedia pada kartu perdana AXIS.

Bila terjadi demikian, pengguna perlu menutup beberapa aplikasi agar penggunaan data seluler fokus pada satu aplikasi saja. Pengguna dapat langsung menutup aplikasi tersebut atau menggunakan menu Settings. Buka pengaturan HP dan temukan menu Aplikasi agar semua aplikasi yang digunakan muncul. Pilih Force Stop untuk menghentikan aplikasi yang tidak sedang dipakai.

2. Lakukan Refresh Jaringan

Cara memperbaiki sinyal AXIS yang jelek sebenarnya dapat dilakukan dengan merefresh jaringan pada smartphone. Sebab, kerap kali jaringan mengalami gangguan sehingga membuat koneksi internet tiba-tiba tidak dapat digunakan. Alternatif paling mudah yang bisa dilakukan yaitu dengan mematikan data seluler sebentar, kemudian mencoba menghidupkannya lagi.

Pengguna juga dapat masuk pada mode pesawat untuk mengakhiri jaringan yang sedang digunakan. Setelah beberapa saat, non aktifkan mode pesawat agar ponsel memulai jaringan dari awal lagi. Beberapa orang terkadang juga melakukan restart ponsel apabila koneksi internet masih tidak normal. Smartphone akan memulai ulang dari awal untuk mendapatkan jaringan yang stabil.

3. Tunggu Hingga Cuaca Membaik

Ada kemungkinan gangguan jaringan terjadi dikarenakan cuaca yang kurang baik, seperti hujan yang tidak kunjung reda. Fenomena seperti ini juga sangat berpengaruh pada kelancaran koneksi internet pada kartu perdana AXIS. Pengguna perlu memperhatikan keadaan cuaca yang terjadi, tunggulah beberapa saat hingga jaringan kembali membaik.

Apabila tidak terjadi gangguan cuaca pada saat itu, akan tetapi jaringan yang digunakan tetap jelek sebaiknya hubungan pihak AXIS. Layanan customer care AXIS dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi masalah jaringan. Pengguna dapat meminta bantuan dengan menghubungi akun Twitter @ask_AXIS atau sampaikan keluhan dengan menelpon nomor 838.

4. Mencari Lokasi yang Tepat

Ruangan tertutup mampu menurunkan koneksi internet, sehingga aktivitas pada smartphone dapat terganggu. Salah satunya menurunkan kecepatan mengakses situs hingga video. Misalnya yang terjadi bila mengakses internet pada kamar, studio, ruko, dan lainnya. Guna memperoleh sinyal yang lebih kuat, sebaiknya pengguna beranjak sebentar ke ruangan yang lebih terbuka bisa menjadi salah satu cara memperbaiki sinyal AXIS.

Bukan hanya itu, lokasi perangkat yang cukup terpencil juga dapat berpengaruh pada besarnya sinyal yang akan diterima. Kecepatan jaringan di desa akan sangat berbeda bila dibandingkan ketika smartphone digunakan di wilayah perkotaan. Cobalah berganti lokasi untuk mendapatkan jaringan yang lebih kuat bila dalam keadaan mendesak.

5. Periksa Setting Pada Perangkat

Hampir sebagian besar perangkat yang ada saat ini memanfaatkan jaringan 4G. Meski telah ada jaringan 5G, akan tetapi tidak semua orang menggunakannya. Pada jam-jam yang sibuk, seperti pada siang hari kemungkinan jaringan justru akan terganggu. Hal ini dapat dikarenakan terlalu banyak pengguna pada jaringan 4G, sehingga berpotensi menurunkan kecepatan internet.

Bila jaringan seluler sedang tidak lancar, cobalah mengubah pengaturan pada perangkat menjadi lebih rendah. Misalnya dengan mengganti pada jaringan 3G selama beberapa saat hingga situasi telah membaik. Cara ini memang jarang diterapkan, akan tetapi tidak ada salahnya bila dicoba untuk mengatasi masalah koneksi internet yang menurun.

Itulah pembahasan tentang 5 cara memperbaiki sinyal AXIS yang jelek supaya koneksi internet pada smartphone kembali lancar. Apabila semua cara di atas telah diterapkan tetapi jaringan tidak kunjung membaik, kemungkinan besar sedang terjadi gangguan. Sehingga, pengguna perlu bersabar sejenak dan menunggu sampai data seluler normal lagi.

 

BACA JUGA :  Pilihan Cara Memperbaiki Wifi Laptop yang Tidak Bisa Connect untuk Pemula