Intip Cara Mengembalikan Kontak yang Hilang Karena di Reset Pabrik Paling Mudah

By | August 7, 2021
Cara Mengembalikan Kontak yang Hilang Karena di Reset Pabrik

Kumpulan kontak telepon berisikan nomor telepon teman maupun saudara merupakan hal wajib yang harus dilakukan untuk menjaga silaturahmi. Bahkan seringkali jumlahnya mencapai lebih dari puluhan hingga ratusan. Namun bagaimana apabila mengalami permasalahan berupa terkena reset pabrik? Tentunya sangat menyusahkan dan menghambat aktivitas. Lantas bagaimana cara mengembalikan kontak yang hilang karena di reset pabrik?

Apabila mengalami permasalahan di atas, maka tidaklah perlu merasa khawatir berlebihan. Pasalnya ada beberapa langkah yang dapat ditempuh untuk mengembalikannya seperti semula. Dijamin kontak-kontak yang hilang bisa kembali seperti semula. Berikut inilah solusinya, yaitu antara lain:

Mengenal Fitur Reset Pabrik

Tidak hanya pembahasan mengenai cara mengembalikan kontak yang hilang karena di reset pabrik, tentu harus mengetahui pula apa yang dimaksudkan dalam hal ini. Fitur ini merupakan proses pemulihan ponsel kembali ke kondisi semula. Hampir semua ponsel pun memiliki fitur satu ini. Alasannya yaitu karena adanya kesalahan pada system hingga kerusakan pada software.

Apabila sudah terkena reset pabrik, maka ponsel akan kehilangan data-data seperti kontak, perpesanan, foto, aplikasi, log panggilan dan lain sebagainya. Data yang dihapus pun hanya dari penyimpanan internal saja. Maka dari itu, kontak-kontak yang disimpan pun bisa hilang dan harus dikembalikan agar tetap dapat berkomunikasi.

Cara Mengembalikan Kontak yang Hilang

Dengan adanya fitur reset pabrik, maka tak mengherankan apabila nantinya kontak dapat terhapus secara keseluruhan. Namun jangan khawatir dan lakukan beberapa cara berikut, antara lain:

1. Menggunakan Google Contact

Apabila tidak sengaja melakukan reset pabrik dan kontak tiba-tiba hilang, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengecek Google Contact. Pada umumnya kontak akan secara otomatis tersimpan disini. Berikut langkah-langkahnya, yaitu:

  • Buka aplikasi Google Play: Pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Google Play dan unduh Google Contact. Namun apabila telah tersedia sebagai bawaan ponsel, maka pengguna dapat secara langsung mengaksesnya. Setelah itu barulah ketuk ikon dengan garis tiga pada sisi kanan atas ayar untuk menuju langkah berikutnya.
  • Kembalikan perubahan: Setelah membuka aplikasi Google Contact, maka pastikan mengetuk menu Pengaturan dan pilih perintah “Kembalikan Perubahan”. Pilihlah waktu pengembalian sesuai kebutuhan, mulai dari hitungan menit, 1 jam, maupun beberapa minggu yang lalu.
  • Konfirmasi perubahan: Hal terakhir yaitu mengonfirmasikan proses pengembalian kontak yang ada di ponsel. Tentukan waktu dan ketuk pada tombol “Konfirm” agar segera diproses dengan baik dan kontak bisa kembali seperti semula.

Untuk dijadikan perhatian, tentunya langkah di atas dapat dilakukan secara mudah dan berpotensi cukup besar dalam keberhasilannya. Namun seluruh kontak yang ada di ponsel perlu disesuaikan dengan waktu pilihan masing-masing pengguna. Apabila memilih pilihan 1 jam, maka pengembalian kontak yaitu seperti kondisi pada saat satu jam yang lalu.

2. Memanfaatkan Akun Gmail

Akun Gmail memang memiliki fitur penting dalam sebuah ponsel, salah satunya untuk menyimpan kontak maupun melakukan back up data yang dibutuhkan penggunanya. Namun pastikan telah menyalakan fitur sinkronisasi secara otomatis antara ponsel Android ke akun Gmail yang dimiliki. Dengan begitu, kontak tersimpan dapat diakses sewaktu-waktu kapan pun dan dimana pun.

Berikut inilah cara mengembalikan kontak yang hilang karena di reset pabrik melalui akun Gmail, yaitu:

  • Buka website Gmail: Langkah pertama yaitu pastikan membuka website Gmail dan login ke akun yang dimiliki. Barulah pilih menu Kontak pada sisi kiri atas layar dan tunggu hingga muncul menu dropdown.
  • Restore contacts: Selanjutnya yaitu lihat pada menu dropdown dan pilih tulisan More. Klik menu tersebut dan pilihlah ‘Restore Contacts’ atau ‘Pulihkan Kontak’ agar bisa terproses secara mudah.
  • Waktu Pemulihan Kontak: Memiliki cara kerja yang sama dengan Google Contact, maka pastikan memilih waktu pemulihan kontak sesuai kebutuhan. Bisa saja memilih antara hitungan jam, minggu ataupun selama 30 hari.

Nah itulah informasi lengkap mengenai bagaimana cara mengembalikan kontak yang hilang karena di reset pabrik secara mudah. Tentunya setiap orang bisa melakukannya dengan membaca instruksi di atas, sehingga kontak-kontak teman atau keluarga dapat kembali diakses. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

BACA JUGA :  Cara Mengubah Video Youtube Menjadi Mp3 di Android Tanpa Aplikasi